Mengenal Partikel Kara 【から】| Bahasa Jepang

Konnichiwa! Bahasan kita kali ini adalah partikel kara 【から】!

Saat belajar bahasa Jepang pasti kamu akan sering menemukan berbagai partikel yang memiliki fungsi dan artinya masing-masing. Ditambah lagi, setiap partikel biasanya tidak hanya memiliki satu fungsi dan satu arti melainkan memiliki banyak fungsi dan artinya.Pada artikel-artikel sebelumnya telah membahas berbagai partikel bahasa Jepang, seperti: partikel WA, partikel GA, partikel NI, partikel DE, partikel O, partikel MO, partikel partikel E dan partikel lainnya. Kali ini, ayo berkenalan dengan partikel lainnya yang juga sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, yaitu “Partikel KARA”.

1. Arti Partikel から kara

Partikel KARA umumnya memiliki arti “dari” dan sering berpasangan dengan partikel MADE untuk menunjukkan titik awal yang berupa tempat atau waktu. Akan tetapi, partikel KARA juga memiliki beberapa fungsi yang berbeda dan juga memiliki arti lain. Beberapa arti dari partikel KARA di antaranya yaitu: dari, sejak, karena dan setelah.

2. Fungsi から kara dan Contoh Penggunaan

1) Menunjukkan titik/tempat awal  gerakan perpindahan

Partikel KARA digunakan untuk menunjukkan titik awal suatu gerakan perpindahan berupa tempat. Pada fungsi ini, partikel KARA diartikan “dari”.

Contoh:

家から学校まで歩きました。
うちからがっこうまであるきました。
(Saya) telah berjalan kaki dari rumah sampai sekolah.

私は、ベトナムから来ました。
わたしは、ベトナムからきました。
(Saya) datang dari Vietnam.

2) Menunjukkan waktu awal kegiatan dilakukan

Partikel KARA digunakan untuk menunjukkan waktu suatu kegiatan mulai dilakukan. Pada fungsi ini, partikel KARA diartikan “dari/sejak”.

Contoh:

9時から会議が始まります。
9じからかいぎがはじまります。
Rapat akan dimulai dari jam 9.

娘は、小さい頃からアニメが好きです。
むすめは、ちいさいころからアニメがすきです。
Anak perempuan saya sejak kecil suka anime.

3) Menunjukkan bahan

Partikel KARA digunakan untuk menunjukkan bahan yang digunakan untuk membuat sesuatu. Pada fungsi ini, partikel KARA diartikan “dari”.

Contoh:

納豆は、大豆から作られています。
なっとうは、だいずからつくられています。
Nattou dibuat dari kedelai.

パンは、小麦から作られています。
パンは、こむぎからつくられています。
Roti dibuat dari gandum.

4) Menunjukkan alasan

Partikel KARA digunakan untuk menunjukkan alasan sesuatu terjadi/dilakukan. Pada fungsi ini, partikel KARA diartikan “karena”. Pada penggunaan kata kerja bentuk biasa atau atau kata sifat-I, partikel KARA dapat langsung ditambahkan tanpa perubahan apapun. Sedangkan, saat menggunakan kata sifat-na atau kata benda, wajib menambahkan DA sebelum partikel KARA. Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan baca artikel “Pola Kalimat: ~kara, ~”

Contoh:

今日は、用事があるから、パーティーに行けません。
きょうは、ようじがあるから、パーティーにいきません。
Hari ini (saya) tidak bisa pergi ke pesta karena ada urusan.

明日は、母の誕生日だから、ケーキを作ります。
あしたは、ははのたんじょうびだから、ケーキをつくります。
(Saya) akan membuat kue karena besok adalah ulang tahun ibu saya.

5) Menunjukkan kegiatan yang lebih dahulu dilakukan di antara dua kegiatan

Partikel KARA digunakan untuk menunjukkan suatu kegiatan yang telah lebih dulu dilakukan sebelum kegiatan yang lain. Kata kerja yang dapat digunakan sebelum menambahkan partikel KARA adalah kata kerja bentuk-TE. Pada fungsi ini, partikel KARA diartikan “setelah”.

Contoh:

仕事が終わってから、友達と一緒にうどんを食べに行きます。
しごとがおわってから、ともだちといっしょにうどんをたべにいきます。
Setelah pekerjaan selesai, (saya) akan pergi makan udon bersama teman.

料理を作ってから、ドラマを見ます。
りょうりをつくってから、ドラマをみます。
Setelah memasak, (saya) akan menonton drama.

6) Menunjukkan orang yang menjadi pemberi dari kegiatan “Memberi dan Menerima”.

Partikel KARA dapat digunakan untuk menggantikan partikel NI  dalam menunjukkan orang yang menjadi pemberi pada pola kalimat “~moraimasu”. Pada fungsi ini, partikel KARA diartikan “dari”.

Contoh:

親友からネックレスをもらいました。
しんゆうからネックレスをもらいました。
(Saya) menerima kalung dari sahabat.

お父さんからぬいぐるみをもらいました。
おとうさんからぬいぐるみをもらいました。
(Saya) menerima boneka dari ayah.

3. Daftar Kosakata

Itulah beberapa penjelasan dan contoh penggunaan dari partikel KARA. Semoga dengan informasi di atas dapat membuat kamu lebih memahami fungsi dari partikel KARA sehingga bisa kamu aplikasikan saat berbicara dengan bahasa Jepang.

Selain partikel yang telah dibahas, masih ada banyak partikel lain juga sering digunakan dalam bahasa Jepang.  Jadi, jangan lupa untuk mampir dan belajar bersama WKWK JAPANESE lagi.

Sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat bagi semua yang membaca.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!