Mengenal Partikel E 【へ】 | Bahasa Jepang

Konnichiwa! Bahasan kita kali ini adalah partikel E 【へ】 nih!

Jika kamu adalah pembelajar bahasa Jepang, pasti sudah tidak asing dengan “partikel”. Bahasa Jepang memiliki banyak jenis dan jumlah  partikel yang digunakan untuk membuat kalimat. Setiap partikel memiliki fungsi dan arti yang beragam sehingga tidak sedikit pembelajar bahasa Jepang yang mengeluhkan mengenai penggunaannya.

Kali ini, ayo berkenalan dengan “Partikel E”. Partikel ini merupakan salah satu partikel dalam bahasa Jepang yang memiliki berbagai fungsi sehingga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Oh iya jangan lupa cek juga partikel yang serupa: Partikel NI ya!

1. Tentang Partikel へ E

Partikel へ merupakan salah satu partikel bahasa Jepang yang memiliki cara tulis yang berbeda dengan cara baca seperti partikel dan. Partikel ini ditulis dengan huruf hiragana  “he” tetapi tetap dibaca “e”. Perbedaan ini disebabkan oleh perkembangan dan perubahan sistem penulisan bahasa Jepang yang terjadi pada masa silam. Partikel ini memiliki beberapa arti di antaranya yaitu “ke” dan “kepada”.

2. Fungsi Partikel へ E dan Contoh Penggunaan

1) Menunjukkan Arah Pergerakan

Partikel E berfungsi untuk menunjukkan arah dari gerakan yang dilakukan. Pada umumnya, partikel ini dipasangkan dengan kata kerja perpindahan, seperti: 行きます/ikimasu (pergi) dan 帰ります/kaerimasu (pulang). Selain itu, partikel NI dapat digunakan untuk mengganti partikel E. Pada fungsi ini, partikel E diartikan “ke”.

Contoh:

学校行きます。
がっこういきます。
Pergi ke sekolah.

去年、船でシンガポール行きました。
きょねん、ふねでシンガポールいきました。
Tahun lalu saya pergi ke Singapura dengan naik kapal.

彼女は、家族と東京ディズニーランド行きたいと言いました。
かのじょは、かぞくととうきょうディズニーランドいきたいといいました。
Dia(perempuan) berkata bahwa dia ingin pergi ke Tokyo Disneyland bersama keluarga.

午後5時に家帰ります。
ごご5じにうちかえります。
(Saya) akan pulang ke rumah pada pukul 05:00 PM.

2) Menunjukkan Target dari Tindakan/Kegiatan

Partikel E berfungsi untuk menunjukkan target yang menerima suatu tindakan atau kegiatan. Pada fungsi ini, partikel E diartikan “kepada/untuk”. Ketika kata benda yang menjadi target ingin dihubungkan dengan kata benda yang lain, partikel NO tetap dapat ditambahkan dengan meletakkannya di samping partikel E menjadi “e no”.

Contoh:

これは、家族のお土産です。
これは、かぞくのおみやげです。
Ini adalah oleh-oleh untuk keluarga.

今日、お祖母さんの誕生日のプレゼントを買います。
きょう、おばあさんのたんじょうびのプレゼントをかいます。
Hari ini (saya) akan membeli hadiah ulang tahun untuk nenek.

美田さんへ。
みたさんへ。
Kepada Mita.

*Kalimat seperti ini biasanya dijumpai pada bagian pembuka surat.

警察知らせてください。
けいさつしらせてください。
Silahkan beritahukan kepada polisi.

3. Daftar Kosakata

Itulah beberapa informasi mengenai fungsi dan contoh penggunaan dari partikel E.

Selain partikel E, masih ada banyak partikel lain juga sering digunakan dalam bahasa Jepang.  Jadi, jangan lupa untuk mampir dan belajar bersama WKWK JAPANESE lagi.

Sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat bagi semua yang membaca.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!