Pengelompokkan Kata Kerja Bahasa Jepang (Golongan 1, 2 dan 3)

Mina-san, konnichiwa!

Pada artikel sebelumnya telah membahas tentang bahasa Jepang secara umum dan juga 3 jenis huruf yang dipakai oleh orang Jepang. Selain mengenal huruf, dalam membuat kalimat menggunakan bahasa Jepang baik secara tulisan maupun lisan kata kerja juga merupakan salah satu bagian yang penting. Mengapa demikian? Karena kata kerja berfungsi untuk menunjukkan kegiatan yang dilakukan oleh subjek atau menjelaskan suatu keadaan.

Dalam bahasa Jepang, kata kerja sering mengalami perubahan bentuk yaitu di belakang kata kerja. Perubahan yang terjadi di belakang kata kerja sangat mempengaruhi arti dari kata atau kalimat. Kata kerja dalam bahasa Jepang dibagi menjadi tiga kelompok yang sering disebut kata kerja golongan 1, kata kerja golongan 2 dan kata kerja golongan 3. Pengelompokkan kata kerja ini memudahkan dalam memahami berbagai aturan perubahan bentuk kata kerja.

Untuk lebih mengenal tiga kelompok kata kerja dalam bahasa Jepang, mari simak pembahasan mengenai kata kerja golongan 1, golongan 2 dan golongan 3 di bawah ini!

1. Kata Kerja Golongan 1 (Godan Doushi)

Kata kerja golongan 1 dalam bahasa Jepang disebut 五段動詞 (Godan Doushi). Godan doushi adalah kata kerja yang akhiran huruf vokalnya bisa berubah ke 5 bunyi vokal yaitu a, i, u, e, dan o.

Contoh:

  1. Aruku: berjalan
  2. Aruki (masu): berjalan (bentuk sopan)
  3. Aruka (nai): (tidak) berjalan
  4. Aruke (ba): (kalau) berjalan
  5. Aruko (u): (ayo) berjalan!

Kata kerja di atas adalah kata kerja yang berakhiran -ku. Akhiran -ku dapat diubah menjadi -ki, -ka, -ke, dan -ko. Kata kerja yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah kata kerja yang memiliki bunyi dengan akhiran -u, -tsu, -ru, -bu, -nu, -mu, -ku, -gu, -su.

Berikut ini daftar beberapa kata kerja golongan 1 (Godan Doushi) beserta artinya:

2. Kata Kerja Golongan 2 (Ichidan Doushi)

Kata kerja golongan 2 dalam bahasa Jepang disebut 一段動詞 (Ichidan Doushi). Kata kerja yang termasuk ke dalam kelompok ini yaitu kata kerja yang memiliki akhiran -iru dan -eru.

Berikut ini daftar beberapa kata kerja golongan 2 (Ichidan Doushi)  beserta artinya:

3. Kata Kerja Golongan 3 (Fukisoku Doushi)

Kata kerja golongan 3 dalam bahasa Jepang disebut 不規則動詞 (Fukisoku Doushi) yang artinya kata kerja tidak beraturan. Kalau dalam bahasa Inggris Irregular Verbs. Meskipun kata kerja pada kelompok ini perubahannya tidak beraturan, tapi kamu tidak perlu khawatir karena kata kerja yang masuk ke dalam kelompok ini hanya ada dua kosakata saja.

Berikut daftar kata kerja golongan 3 (Fukisoku Doushi) beserta artinya:

Oleh karena itu, jika kata kerja golongan 3 mengalami perubahan bentuk, misalnya bentuk negatif atau lampau, kamu hanya perlu menghafal dua kosakata tersebut seperti menghafal kosakata baru tanpa aturan apapun.

Dalam mempelajari bahasa, tidak hanya berbicara tentang huruf dan kosakata saja. Untuk dapat memahami dan menggunakan bahasa yang sedang dipelajari, pembelajar juga perlu untuk mempelajari tata bahasa/pola kalimat agar dapat menyusun kalimat dengan benar. Dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang, kamu akan sering menjumpai perubahan-perubahan bentuk kata kerja yang beraneka ragam. Oleh sebab itu, pengelompokkan kata kerja bahasa Jepang sangat penting untuk kamu pahami terlebih dahulu sebelum melanjutkan belajar pola kalimat.

Sekian pembahasan mengenai “Pengelompokkan Kata Kerja Bahasa Jepang yang bisa WKWK Japanese bagikan kepada kamu. Semoga informasi pada artikel kali ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam belajar bahasa Jepang.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!