Kata Kerja Bentuk Kamus dan Bentuk -MASU | Bahasa Jepang

Mina-san, konnichiwa!

Setelah mengetahui pengelompokkan kata kerja bahasa Jepang pada artikel sebelumnya, kali ini ayo belajar tentang konjugasi / perubahan kata kerja bersama-sama!

Bagi yang belum sempat membaca silahkan cek artikel “Pengelompokkan Kata Kerja Bahasa Jepang” .

Perubahan kata kerja bahasa Jepang sangat beragam, yaitu:  ada bentuk kamus, bentuk -MASU, bentuk-te dan masih banyak lagi. Pada artikel kali ini, WKWK Japanese akan membahas kata kerja bentuk kamus dan perubahan kata kerja ke bentuk  -MASU.

Sebelum belajar tentang aturan perubahannya, alangkah baiknya kenalan terlebih dahulu dengan kata kerja bentuk kamus dan kata kerja bentuk -MASU yuk!

1. Tentang Kata Kerja Bentuk Kamus

Kata kerja bentuk kamus atau dalam bahasa Jepang disebut 辞書形 (jisho-kei) adalah bentuk kata kerja yang tertera di kamus. Contohnya: taberu, nomu, iku, neru dan lain-lain. Biasanya kata kerja bentuk kamus digunakan ketika berbicara dalam situasi yang tidak formal dan kepada orang yang sudah memiliki hubungan akrab dengan pembicara, yaitu: keluarga, teman, atau orang yang lebih muda.

2. Tentang Kata Kerja Bentuk -MASU

Kata kerja bentuk  -MASU atau dalam bahasa Jepang disebut ます形 (MASU-kei) adalah bentuk kata kerja yang sopan, sehingga dapat digunakan secara luas yaitu ketika berbicara dengan orang yang lebih tua atau dengan orang yang belum akrab. Kata kerja bentuk -MASU merupakan bentuk kata kerja yang paling awal dikenalkan kepada pembelajar bahasa Jepang.

Selanjutnya, ayo belajar cara mengubah kata kerja bentuk kamus ke bentuk  -MASU!

3. Perubahan Kata Kerja Bentuk -MASU

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa kata kerja bahasa Jepang terbagi menjadi tiga kelompok, oleh karena itu aturan cara mengubah kata kerjapun berbeda-beda sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

a. Kata Kerja Golongan 1

Pada kata kerja kelompok ini, cara mengubah kata kerja bentuk kamus ke bentuk  -MASU yaitu:

Akhiran -u pada kata kerja yang termasuk dalam kata kerja golongan 1 diubah ke kolom huruf -i.  Contoh: au → ai, hanasu → hanashi

Lalu tambahkan akhiran  -MASU. Contoh: hanashi → hanashimasu

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat beberapa contoh perubahan kata kerja bentuk -MASU pada tabel di bawah ini!

b. Kata Kerja Golongan 2

Pada kata kerja golongan 2, cara mengubah kata kerja bentuk kamus ke bentuk  -MASU hanya dengan menghilangkan akhiran-ru, kemudian ganti dengan akhiran -MASU.

Contoh:
Taberu → TabeMASU
Okiru → OkiMASU

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat beberapa contoh perubahan kata kerja bentuk -MASU pada tabel di bawah ini!

c. Kata Kerja Golongan 3

Pada kata kerja golongan 3, tidak ada aturan perubahan. Kata kerja bentuk  -MASU pada kelompok ini hanya perlu dihafalkan saja.

Bagaimana materi kali ini?

Apakah sekarang kamu sudah paham penggunaan dan perubahan kata kerja ke bentuk -MASU?

Kata kerja bentuk -MASU merupakan bentuk kata kerja yang paling sering digunakan dalam rumus pola kalimat bahasa Jepang. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan dan harus diingat yaitu:

“Jika pada rumus pola kalimat ditulis menggunakan Kata kerja bentuk -MASU, maka kata yang dipakai adalah kata kerja bentuk -MASU tanpa akhiran -MASU nya.”

Contoh:

  1. KakiMASU → Kaki
  2. AiMASU → Ai
  3. KaeriMASU → Kaeri

Untuk dapat mengetahui dan memahami berbagai macam perubahan bentuk kata kerja bahasa Jepang, tentu saja membutuhkan proses. Maka dari itu mulailah belajar tahapan demi tahapan, bukan dengan terburu-buru agar pengetahuan mengenai setiap materi dapat kamu pahami dengan baik dan melekat dalam ingatanmu.

Sekian pembahasan mengenai “Kata Kerja Bentuk Kamus dan Kata Kerja Bentuk  -MASU”. Semoga informasi pada artikel kali ini mudah dipahami dan dapat membantu kamu dalam belajar bahasa Jepang.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!

SHARE