Strategi Menguasai Bunpo dalam JLPT

Bunpo (文法, tata bahasa) adalah poin terpenting kedua dalam mengerjakan JLPT setelah goi. Goi dapat diibaratkan sebagai bahan dan bunpo sebagai pengelola, yang tanpa pengelolaan yang benar, bahan-bahan yang digunakan tidak akan maksimal. Hal ini juga berlaku pada bahasa Jepang.

Kali ini kita akan membahas bunpo dalam JLPT. Buat mina-san yang ingin tahu lebih banyak dan lebih rinci perihal bunpo dalam JLPT, jangan sungkan-sungkan untuk baca artikel ini sampai habis, ya!

Target Penguasaan Bunpo

Untuk lulus JLPT tentu saja ada batas minimal tata bahasa yang dipelajari dan dipahami tergantung dari level ujian. Semakin sulit tingkatnya, jelas semakin banyak dan sulit pula tata bahasa yang harus dipelajari, dihafal, dan dipahami. Berikut adalah tabel yang berisi tolok ukur pemahaman tata bahasa yang diperlukan untuk masing-masing level ujian.

TingkatJLPT N1JLPT N2JLPT N3JLPT N4JLPT N5
Tata Bahasa (文法) total44936524915981
Tata Bahasa (文法) baru84116907881

Yang dimaksud dengan tata bahasa baru adalah tata bahasa yang diperlukan untuk dipelajari pada level tersebut. Sedangkan tata bahasa total adalah tata bahasa baru ditambah dengan tata bahasa yang telah dipelajari pada level sebelumnya.

Data di atas bukanlah data resmi dari pihak penyelenggara JLPT, namun tetap bisa menjadi acuan kira-kira ada berapa tata bahasa yang perlu dipelajari. Tak perlu risau bila tidak terlalu memahami tata bahasa, asalkan pemahaman goi sudah mantap, maka kemampuan memahami tata bahasa juga akan meningkat sejalan dengan pemahaman goi.

Jenis Soal Bunpo

Ragam soal dalam bagian bunpo ini relatif lebih sedikit dibandingkan dengan bagian goi, namun kesulitannya juga tidak kalah darinya. Dalam bagian bunpo ini jenis yang diujikan hanya ada tiga, yakni bentuk tata bahasa, menyusun kalimat, dan melengkapi bacaan.

Bentuk Tata Bahasa

Bagian ini mengharuskan peserta ujian untuk memilih tata bahasa yang tepat untuk mengisi bagian yang kosong. Bagian yang kosong biasanya ada di pertengahan sebagai penyambung klausa, atau bisa juga di akhir kalimat tergantung dari bunpo yang menjadi poin yang diujikan.

Contoh: (kunci jawaban ada di bawah)

1. N5 わたしは はを みがいて (  )ねます。

  1. から
  2. あと
  3. まえ
  4. うえ

2. N4 会社に ついてから せいふくに きがえる(  )してください。

  1. ように
  2. みたいに
  3. ような
  4. とおりに

3. N3 親しい友達の依頼を断る(  )いかない。

  1. わけには
  2. ことが
  3. わけが
  4. ことも
Kunci Jawaban:
  1. ①から
  2. ①ように
  3. ①わけには

Menyusun Kalimat

Bagian ini mungkin relatif lebih susah dibanding bagian sebelumnya. Bagian ini berisi kalimat dengan empat bagian kosong dengan tanda bintang di salah satunya. Mina-san perlu menyusun kalimat tersebut secara utuh, kemudian memilih kata yang menempati bagian kosong yang bertanda bintang.

Contoh:

N5 わたしは ___ ___ __ ___ はたらきます。

  1. ごぜん 9じ
  2. ごご 5じ
  3. から
  4. まで

Jawaban:

わたしは ごぜん 9じ から ごご 5じ まで はたらきます。

Karena yang menempati posisi ketiga adalah ごご5じ maka jawabannya adalah ②.

Contoh: (kunci jawaban ada di bawah)

1. N5 この ___ ___ ___、__ くれました。

  1. 父が
  2. 卒業の
  3. 時計は
  4. とき

2. N4 今日は、風が     __ ___ ___ 出かけたくない。

  1. だから
  2. 寒そう
  3. 強い

3. N3 ピアノ __ ___ ___ ___ ひけるなんて、すごいですね。

  1. でなく
  2. ばかり
  3. バイオリン
Kunci Jawaban
  1. 3-2-4-1  ①
  2. 4-1-3-2  ①
  3. 3-2-4-1  ③

Melengkapi Bacaan

Jenis terakhir dari bagian bunpo adalah melengkapi kolom yang hilang dari suatu bacaan.

N5 わたしの 家には 「ボチ」と いう 名前の 犬が います。一か月前に 父が もらって きました。わたしは ボチを 家の なかで 。ボチが 好きな ところは テレビの 前の ソファーです。ボチは とても かわいいのですが、何でも かむので すこし こまって います。先週は 本当に こまりました。ボチが 父の けいたいでんわを からです。

 わたしは 兄弟が いないので、ずっと さびしかったです。しかし、ボチを かってからは、。わたしたちは いつも いっしょです。ボチは わたしが 家を でる とき、いつも げんかんで 出て きます。、元気が ない ときは、そばに 来て くれます。ボチ、わたしたちの 大切な 家族の 一員です。

1. 

  1. かうでしょう
  2. かって います
  3. かって いますか
  4. かって いました

2.

  1. こわした ところだ
  2. こわされて いる
  3. こわして しまった
  4. こわされた

3.

  1. さびしく なります
  2. さびしく なくなりました
  3. さびしく なるかもしれません
  4. さびしく なくなったそうです

4.

  1. それに
  2. たとえば
  3. だから
  4. それなら

5.

Kunci Jawaban
  1. ②かって います
  2. ③こわして しまった
  3. ②さびしく なくなりました
  4. ①それに
  5. ④は

Kesimpulan

Setelah melihat beberapa jenis soal tata bahasa di atas, maka hendaknya mina-san mengingat dengan betul-betul bagaimana bentuknya supaya terbiasa dan tidak kaget nantinya. Kuasai bunpo semaksimal mungkin dan perbanyak mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan tata bahasa.

Oh iya bila mina-san bingung tidak tahu harus belajar apa dan mulai dari mana, mina-san bisa banget ikut kelas WKWK JAPANESE, untuk N5 dan N4 dijamin 3 bulan bisa lulus loh!

Kelas Intensif

WKWK JAPANESE membuka kelas Bahasa Jepang Online loh! Mina-san bisa dapat banyak benefit belajar bersama WKWK JAPANESE, di antaranya:

  • Senseinya mumpuni (N2/N1)
  • Rekaman tiap kelas, agar bisa mengulang pembelajaran dan tidak takut ketinggalan kelas
  • Harganya terjangkau, bisa mencicil atau sekali bayar
  • Bisa berdiskusi langsung dengan sensei dan teman teman yang lain juga loh!

Yuk, jangan sampai kehabisan slotnya, langsung klik ke link ini untuk detail kelasnya ya!

Detail kelas intensif untuk pemula (N5)
Detail kelas intensif untuk N4
Detail kelas intensif untuk N3
Berkonsultasi (gratis)

Sampai bertemu di kelas!

Sekian untuk artikel kali ini. Semoga bisa membantu mina-san untuk belajar bahasa Jepang, khususnya yang terkait dengan tata bahasa. Terima kasih sudah mampir di situs web WKWK JAPANESE! Jangan sungkan-sungkan untuk mampir lagi ya~

さいまでんでくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah mau membaca sampai habis!