Mengenai ujian JLPT (日本語能力検定試験)

Konnichiwa, mina-san! Terima kasih telah mengunjungi situs web WKWK Japanese.

Kali ini kita akan membahas salah satu ujian untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang mina-san loh! Di antaranya ada JLPT, JFT, NAT-TEST, dan J-TEST. Mina-san ada yang sudah pernah dengar tentang ujian yang disebutkan tadi belum ya?

Pada artikel kali ini, kita akan khusus membahas tentang JLPT ya! Buat mina-san yang belum tahu apa itu JLPT, yuk simak pembahasannya setelah berikut!

Mengenal JLPT

JLPT adalah ujian kemampuan bahasa Jepang yang paling populer dibandingkan dengan ujian-ujian lain. JLPT adalah singkatan dari Japanese Language Proficiency Test dan dalam bahasa Jepang disebut 日本語能力試験 (nihongo nouryoku shiken).

Penyelenggara JLPT adalah Japan Foundation dan 日本国際教育支援協会 (Nihon kokusai kyouryoku shien kyoukai). Ujian ini ditujukan untuk pembelajar bahasa Jepang asing. JLPT sendiri sudah dilaksanakan sejak tahun 1984 dan digunakan sebagai syarat untuk mendaftar masuk universitas hingga tahun 2003, sebelum persyaratan diubah, menggantikan JLPT dengan EJU (Examination for Japanese University Admission for International Student).

JLPT adalah ujian penting yang tak bisa dipisahkan dari pembelajar bahasa Jepang di Indonesia. Jurusan kuliah yang berkaitan dengan bahasa Jepang, baik jurusan pendidikan maupun sastra menjadikan kelulusan JLPT N3 sebagai syarat untuk bisa melakukan sidang skripsi. 

Tapi buat orang-orang yang tidak sedang berkuliah dan tak ada niat untuk bekerja di Jepang, apakah harus mencoba JLPT juga? Tentu saja, terutama bila dia sedang belajar bahasa Jepang, entah karena suka atau ingin menonton anime, mendengar musik, membaca komik dan novel yang semuanya berbahasa Jepang, maka JLPT ini bisa menjadi penyemangat untuk mengukur diri, menambah kekurangan dan mengembangkan kemampuan berbahasa Jepang.

Kenapa Harus JLPT?

Walaupun banyak ujian-ujian lain selain JLPT, JLPT adalah ujian yang universal, yang diakui oleh seluruh dunia karena sejarahnya yang panjang dan jumlah peserta ujian yang banyak, yang berarti JLPT adalah ujian yang terpercaya. Universitas dan perusahaan di Jepang belum tentu mau menerima ujian selain JLPT (khususnya swasta), namun JLPT sudah pasti diterima.

Tingkat Kesulitan JLPT

JLPT sendiri mempunyai 5 tingkat kesulitan. Dimulai dari N5 yang paling mudah, hingga N1 yang paling sulit.

Pada dasarnya, N5 dan N4 adalah ujian untuk pemahaman sesuatu yang dipelajari di dalam kelas. N2 dan N1 adalah ujian untuk mengukur kemampuan memahami sesuatu yang lebih umum dalam kehidupan sehari-hari, dan N3 adalah jembatan antara N5, N4 dengan N2, N1.

Supaya bisa memilih level JLPT yang tepat dan lulus darinya, mina-san sebaiknya melihat tabel di bawah untuk mendapatkan gambaran, kira-kira seberapa banyak materi yang harus mina-san pelajari sebelum mengambil ujian JLPT.

JumlahJLPT N1JLPT N2JLPT N3JLPT N4JLPT N5
漢字 (kanji) Total2.1361.00062025080
漢字 (kanji) Baru113638037017080
文法 (tata bahasa) Total44936524915981
文法 (tata bahasa) Baru84116907881
語彙 (kosakata) Total8.1814.8193.0021.258676
語彙 (kosakata) Baru3.3621.8171.744582676

Angka hanya perkiraan ya mina-san. Tepatnya kanji apa, kata apa, atau bahkan tata bahasa apa yang akan keluar tidak ada yang tahu. Yang jelas peserta ujian hanya perlu terus belajar. Semakin banyak belajar dan menambah jam belajar, maka kemungkinan lulus ujian akan semakin besar.

* PENTING
Bila mina-san ingin bekerja di Jepang lewat jalur 特定技能 (tokutei ginou) atau SSW (Specified Skilled Workers), maka salah satu syarat untuk mendapatkan visanya adalah dengan sertifikat kelulusan JLPT N4 atau JFT-Basic. (klik tautan untuk mengetahui apa itu JFT-Basic secara detail)

Pelaksanaan dan Pendaftaran

Biasanya JLPT dilaksanakan dua kali dalam setahun, kecuali ada hal-hal yang membuatnya tak memungkinkan diadakan seperti saat pandemi kemarin. Pelaksanaannya adalah hari minggu pertama di bulan Juli dan bulan Desember. Mina-san bebas mau mengikuti ujian yang mana. Kalau belum siap ujian di bulan Juli, bisa ambil JLPT di bulan Desember. Begitu pula sebaliknya.

Untuk pendaftarannya sendiri dibuka beberapa bulan sebelum ujian dimulai. Biasanya untuk ujian bulan Juli pendaftarannya pada bulan April, dan untuk ujian bulan Desember pendaftarannya pada bulan Agustus. Jadi buat mina-san yang mau ikut ujian JLPT, siapkan dari jauh-jauh hari ya! Karena tidak bisa mendaftar mendadak.

Biaya JLPT

Biaya masing-masing tingkat kesulitan JLPT tidak sama. Semakin meningkat tingkat kesulitan, semakin meningkat pula biayanya.

Tingkat KesulitanBiaya
N5Rp. 120.000
N4Rp. 130.000
N3Rp. 170.000
N2Rp. 190.000
N1Rp. 220.000

Syarat Kelulusan

Terdapat minimal nilai yang harus didapat supaya bisa lulus dari ujian JLPT. Dilansir dari situs resmi JLPT, tingkat N5 dan N4 dibagi menjadi dua bagian, sedangkan N3 hingga N1 dibagi menjadi tiga bagian.

* Dilansir dari situs resmi JLPT. https://www.jlpt.jp/e/guideline/results.html

Total nilai yang dapat diperoleh adalah 180 poin. Untuk minimal nilai yang harus mina-san dapatkan agar lulus dari ujian, coba lihat tabel berikut.

* Dilansir dari situs resmi JLPT. https://www.jlpt.jp/e/guideline/results.html

Untuk tingkat N4 yang mina-san harus mendapatkan minimal 90 poin,. Sedangkan N5 harus mendapat minimal 80 poin. Kemudian, minimal language knowledge 38 poin dan listening 19 poin. Apabila ada bagian nilainya kurang dari standar minimal, maka akan langsung dinyatakan tidak lulus.

Contoh untuk N5:

Nilai TotalNilai Language KnowledgeListeningLulus?
814041Lulus
12011010Tidak lulus
903753Tidak lulus

Meski nilai total mencukupi, apabila tidak memenuhi standar per bagian, maka akan tetap dinyatakan tidak lulus. Hal yang sama juga berlaku untuk tingkatan N3 hingga N1.

* Dilansir dari situs resmi JLPT. https://www.jlpt.jp/e/guideline/results.html

Pengumuman Kelulusan

Hasil ujian tidak akan langsung diumumkan setelah ujian berlangsung. Biasanya, peserta harus menunggu sekitar sebulan untuk bisa melihat hasil ujian. Namun untuk sertifikat kelulusan, peserta harus menunggu lagi beberapa bulan, baru setelah itu bisa diambil di tempat penyelenggaraan JLPT.

Tips Lulus JLPT

  1. Konsisten

Supaya lulus JLPT, mina-san perlu konsistensi dalam belajar. Baik itu setengah jam per hari, satu jam per hari, dua jam per hari, yang penting mina-san konsisten mengikuti jadwal yang mina-san tentukan sendiri.

  1. Pakai Buku yang Bagus

Selain itu, mina-san juga sebaiknya pakai buku yang bagus dan terbukti keabsahannya. Kalau bisa mina-san pakai buku dari Jepang, atau buku yang ada andil orang Jepang di situ. Karena buku yang dibuat oleh selain penutur asing, bisa jadi mengandung kesalahan penggunaan dan biasanya cenderung mengalami akulturasi dengan penggunaan bahasa lokal, apalagi bila tidak ada penutur asli (orang Jepang) yang memeriksa.

  1. Sering Latihan Mengerjakan Tes

Setelah bergulat lama mempelajari teori, mina-san juga harus sering-sering praktek mengerjakan contoh-contoh soal. Bisa dari buku, atau bisa juga dari internet. Namun yang paling bagus tetap dari buku yang berasal dari Jepang ya mina-san, atau kalau bisa pakai kumpulan soal-soal yang diperjualbelikan di situs web JLPT itu sendiri.

  1. Belajar dengan Guru

Mina-san bisa belajar sendiri asalkan memakai buku yang tepat dan metode belajar yang pas. Namun, alangkah baiknya mina-san punya guru yang berkompeten untuk membantu mina-san belajar, membantu mengoreksi ketika mina-san salah paham akan materi pembelajaran. Selain itu, belajar dengan guru bisa membuat mina-san merasa disiplin dan merasa semangat untuk belajar.

Kebetulan kami di WKWK Japanese sedang membuka kelas loh! Buat kalian yang mau ikut JLPT, kami buka kelas dari N5 sampai N3! Pengajar di WKWK Japanese juga sudah lulus N1/N2, jadi mina-san jangan khawatir akan kualitas guru di WKWK Japanese. Bagaimana mina-san? Mau coba kelas dengan kami? Langsung daftar kelas aja yuk!

Mau Coba Belajar Bersama Kami?

Kami sekarang membuka kelas tingkat pemula (N5), N4 dan N3. Jika kamu ingin belajar bersama kami, silahkan cek info detail kelas intensif kami dari link di bawah ini.

Info detail kelas intensif tingkat Pemula (N5)

Info detail kelas intensif tingkat N4

Info detail kelas intensif tingkat N3

Sekian untuk artikel tentang JLPT kali ini. Semoga bisa mudah dipahami dan bisa bermanfaat bagi mina-san yang belum tahu tentang JLPT atau akan segera mengikuti JLPT. Kalau begitu, kita akhiri sampai di sini ya.

最後まで読んでくれてありがとうございました!
(Saigo made yonde kurete arigatou gozaimashita)
Terima kasih telah membaca!

Kelas Intensif Bahasa Jepang

Oh iya, kalau mina-san ingin tahu lebih detail tentang pembahasan ini atau mungkin ingin belajar Bahasa Jepang dengan guru agar bisa berinterkasi langsung?

WKWK Japanese membuka kelas Bahasa Jepang Online loh! Mina-san bisa dapat banyak benefit belajar bersama WKWK Japanese, di antaranya:

  • Senseinya mumpuni (N2/N1)
  • Rekaman tiap kelas, agar bisa mengulang pembelajaran dan tidak takut ketinggalan kelas
  • Harganya terjangkau, bisa mencicil atau sekali bayar
  • Bisa berdikusi langsung dengan sensei dan teman teman yang lain juga loh!

Yuk, Jangan sampai kehabisan slotnya, langsung klik ke link ini untuk detail kelasnya ya!

Detail kelas intensif untuk pemula (N5)
Detail kelas intensif untuk N4
Detail kelas intensif untuk N3
Berkonsultasi (gratis)

Sampai bertemu di kelas!

Daftar Pustaka

Kanshudo. Wikipedia JLPT Vocab.

~. Kanji By JLPT Level

~. Grammar POI Search