Apa itu Tanabata (Festival Bintang)? 

Tanabata adalah perayaan yang populer di Jepang yang biasanya diadakan pada tanggal 7 Juli setiap tahunnya. Dalam bahasa Indonesia, perayaan ini dikenal sebagai “Festival Bintang”. Festival Tanabata diadakan sebagai bentuk merayakan pertemuan tahunan antara dua bintang pada hari ketujuh di bulan ketujuh yaitu Hikoboshi (disimbolkan oleh bintang Altair) dan Orihime (disimbolkan oleh bintang Vega), yang menurut legenda Jepang kedua bintang ini dipisahkan oleh Sungai Langit (disimbolkan oleh sungai Galaksi Bimasakti).

Selama perayaan Tanabata, orang-orang di Jepang menghiasi pohon-pohon bambu dengan hiasan-hiasan yang disebut “tanzaku.” Tanzaku adalah potongan kertas berwarna yang dihiasi dengan tulisan-tulisan harapan atau permohonan. Orang-orang menulis keinginan mereka pada tanzaku dan menggantungkannya di dahan-dahan pohon bambu. Keinginan-keinginan yang ditulis pada tanzaku sangat beragam, mulai dari keinginan pribadi seperti kesuksesan dalam studi atau karir hingga harapan untuk cinta dan kebahagiaan.

Selain menghiasi pohon bambu, pada beberapa perayaan Tanabata juga diramaikan dengan adanya parade dan berbagai pertunjukan lainnya, di mana orang-orang mengenakan kostum tradisional, menari, dan memainkan musik. Selain itu, di beberapa tempat ada yang meramaikan perayaan ini dengan festival kembang api.

Perayaan Tanabata berasal dari legenda Tiongkok yang kemudian tradisi ini diperkenalkan di Jepang sekitar abad ke-8. Namun, bentuk perayaan dan tradisi Tanabata dapat bervariasi di berbagai wilayah di Jepang. Misalnya, perayaan di kota Sendai dianggap sebagai salah satu perayaan Tanabata terbesar di Jepang karena dekorasinya yang sangat indah dan banyaknya acara yang diadakan.

Meskipun tanggal perayaan Tanabata adalah 7 Juli, seringkali beberapa daerah merayakannya pada tanggal yang berbeda tergantung pada kalender yang mereka gunakan.

Itulah gambaran umum tentang perayaan Tanabata di Jepang. Festival Tanabata adalah saat yang indah di mana orang-orang berkumpul untuk berbagi harapan dan merayakan tradisi dalam budaya Jepang yang berkaitan dengan musim panas.

Penulis : Takuya Ohsawa

Kelas Intensif Bahasa Jepang

Oh iya, kalau mina-san ingin tahu lebih detail tentang pembahasan ini atau mungkin ingin belajar Bahasa Jepang dengan guru agar bisa berinterkasi langsung?

WKWK Japanese membuka kelas Bahasa Jepang Online loh! Mina-san bisa dapat banyak benefit belajar bersama WKWK Japanese, di antaranya:

  • Senseinya mumpuni (N2/N1)
  • Rekaman tiap kelas, agar bisa mengulang pembelajaran dan tidak takut ketinggalan kelas
  • Harganya terjangkau, bisa mencicil atau sekali bayar
  • Bisa berdikusi langsung dengan sensei dan teman teman yang lain juga loh!

Yuk, Jangan sampai kehabisan slotnya, langsung klik ke link ini untuk detail kelasnya ya!

Detail kelas intensif untuk pemula (N5)
Detail kelas intensif untuk N4
Detail kelas intensif untuk N3
Berkonsultasi (gratis)

Sampai bertemu di kelas!