Tips Menghafal Kanji dengan Mudah dan Efektif

Mina-san konnichiwa! Bahasan kita kali ini adalah Tips Menghafal Kanji!

Setelah mengenal kanji lebih dekat pada artikel sebelumnya, bagaimana pendapat kalian? Kanji memang merupakan huruf Jepang yang paling sulit di antara huruf Jepang yang lain. Tidak hanya pembelajar bahasa Jepang, tapi orang Jepang juga berpendapat demikian kok! Oleh karena itu, ada juga beberapa orang Jepang yang tidak bisa membaca kanji-kanji tertentu.  

Dalam belajar, tidak hanya belajar kanji namun dalam proses belajar apapun hal yang terpenting bukanlah hanya tentang sebanyak apa kamu belajar tapi bagaimana cara belajar yang efektif. Hal tersebut untuk menghindari terbuangnya waktu dengan sia-sia karena cara belajar yang kurang tepat.

Pada artikel kali ini WKWK Japanese akan memberikan beberapa tips belajar kanji yang diharapkan dapat membantu kamu dalam belajar kanji. Selain tips, akan ada beberapa rekomendasi aplikasi dan website yang akan membuat pembelajaran kamu menjadi lebih asyik dan juga efektif! Selamat membaca 🙂

Berikut ini beberapa Tips Belajar Kanji dengan Mudah dan Efektif, yang bisa kamu coba yaitu sebagai berikut: 

1. Menghafal Cara Baca

Berbeda dengan hiragana dan katakana yang hanya memiliki satu cara baca untuk masing-masing huruf, setiap kanji memiliki beberapa cara baca. Cara baca kanji dikelompokkan menjadi dua yaitu kun-yomi dan on-yomi. Kun-yomi biasanya merupakan suatu kosakata yang sudah memiliki arti, sedangkan cara baca on-yomi hanya akan menjadi kosakata jika digabungkan dengan kanji lain.

Oleh karena itu, cara menghafal on-yomi yang mudah yaitu dengan menghafal minimal masing-masing satu kosakata yang mewakili beberapa cara baca on-yomi kanji tersebut.

Contoh:

Arti: kayak laki-laki
Kun-yomi: あに (ani) = kayak laki-laki
On-yomi: ケイ(kei), キョウ (kyou)

Gabungan kanji:
義兄 (giKEI): kakak tiri (laki-laki)
兄弟 (KYOUdai): saudara

Jadi, saat belajar kanji di atas kosakata yang harus kalian hafal yaitu:

  1. (ani)
  2. 義兄 (gikei)
  3. 兄弟 (kyoudai)

2. Latihan dengan Flashcards

Setelah hafal cara bacanya, hal yang perlu dilakukan yaitu fukushuu (mengulang kembali). Mengulang hafalan kanji ataupun kosakata dapat dilakukan menggunakan flashcards. Pengulangan hafalan kanji dengan flashcards dapat mengukur kanji apa saja yang sudah kamu hafal dan kanji mana yang telah lupa serta mempertajam hafalanmu.

Berikut ini adalah beberapa cara mengulang hafalan menggunakan flashcards, yaitu:

  • Jika kamu belajar 10 kanji hari ini, maka lakukan pengulangan dengan flashcards paling cepat besok harinya.
  • Lakukan pengulangan untuk 10 kanji tersebut lebih dari tiga kali pada waktu yang berbeda-beda, agar kanji yang telah kamu pelajari benar-benar melekat dalam ingatanmu.
  • Tetap konsisten dalam menambah hafalan kanji setiap hari dan lakukan pembaruan pada flashcards agar dapat mengulang seluruh kanji yang telah kamu hafal. 
  • Jangka waktu setiap pengulangan tidak perlu terlalu lama agar tidak bosan.
  • Setelah beberapa hari, cobalah untuk mengacak urutan flashcards untuk melatih hafalanmu secara keseluruhan.

Kamu bisa mendapatkan flashcards dengan membelinya di toko-toko offline maupun online. Flashcards yang dijual biasanya sudah dikelompokkan sesuai dengan tingkatan bahasa Jepang, misalnya: Flashcards kanji N3. Selain itu kamu bisa mencari dan mendownload filenya di website-website yang menyediakan flashcards secara gratis. 

Namun, untuk hasil yang lebih efektif sebaiknya menggunakan flashcards yang kamu buat sendiri. Alasannya ada beberapa, yaitu: 

  • Bisa mengatur isi flashcards sesuai dengan kanji yang sudah dipelajari.
  • Bisa sekaligus latihan menulis.
  • Memiliki kenangan saat membuat flashcards sehingga ingatanmu tentang kanji itupun semakin kuat.
  • Ramah di kantong *hehe

3. Belajar Urutan  Penulisan

Tidak berbeda dengan hiragana dan katakana, kanji juga harus ditulis sesuai dengan urutan penulisan yang sudah ditetapkan. Urutan penulisan kanji dapat kamu cari di buku bahasa Jepang, internet atau aplikasi belajar bahasa Jepang.

Berikut ini beberapa rekomendasi website dan aplikasi yang memuat urutan penulisan kanji yang benar yaitu sebagai berikut:

  1. 漢字書き順辞典 (Kanji Kakijun Jiten)

Website ini memuat urutan penulisan hiragana, katakana dan kanji yang dilengkapi dengan animasi bergerak, contoh kosakata dan ada juga peribahasa yang berhubungan dengan masing-masing kanji loh!

  1. 漢字検索 (Kanji Kensaku)

Di website ini kamu bisa mencari urutan penulisan dari kanji yang sedang kamu butuhkan dengan mengetik kanji tersebut di kolom pencarian. Kanji Kensaku juga menyediakan animasi bergerak sehingga kamu bisa melihat urutan penulisan kanji tersebut. Selain itu ada informasi dan daftar kosakata yang terbentuk dari kanji yang kamu cari.

  1. Jisho

Di website ini kamu bisa mencari urutan penulisan dari kanji yang sedang kamu butuhkan dengan mengetik kanji tersebut di kolom pencarian. Jisho memuat informasi tentang kanji seperti urutan penulisan, cara baca kun-yomi dan on-yomi, arti dan juga gabungan kanji. Selain itu, kamu bisa mencari cara baca kanji yang tidak kamu ketahui dengan menulis kanji tersebut pada icon

  1. Obenkyo

Aplikasi ini adalah aplikasi yang dirancang untuk pembelajaran bahasa Jepang. Obenkyou memuat materi hingga kuis huruf dan kosakata dari JLPT N5 sampai N1. Obenkyo juga memuat urutan penulisan huruf Jepang dengan animasi dan kamu juga bisa berlatih menulis di aplikasi loh! Jadi, kamu bisa berlatih menulis kanji dimanapun kamu berada. Praktis bukan?

4. Tulis dan Ucapkan

Setelah menghafal dan mengetahui urutan penulisan kanji yang benar, rasanya belajar kanji belum lengkap jika tidak menulis. Iya kan? Pada tahap latihan menulis ini, sebaiknya kamu menulis sambil mengucapkan cara baca kanjinya juga.

Buatlah target untuk latihan menulis agar kamu bisa menjaga konsistensimu dalam belajar kanji. Di bawah ini contoh resep “Latihan Menulis Kanji” yang bisa kamu coba terapkan pada rencana belajarmu, yaitu sebagai berikut:

  • Sehari wajib hafal 10 kanji
  • Setiap kanji ditulis sebanyak 4x
  • Saat menulis harus sambil membaca dengan jelas dan tidak tergesa-gesa

5. Buat Contoh Kalimat

Untuk lebih mempertajam hafalan dan pemahaman kanji, maka perlu untuk membuat contoh kalimat dari kanji yang sudah kamu pelajari. Jika dibandingkan dengan menghafal per-kata, menghafal kalimat lebih efektif dan juga dapat meningkatkan kemampuan berbicaramu dalam  bahasa Jepang.

6. Latihan Soal

Setelah belajar begitu banyak kanji selama jangka waktu tertentu, perlu untuk selalu mengevaluasi hasil belajarmu. Terutama untuk pembelajar bahasa Jepang yang berniat mengikuti JLPT. Saat ingin mengevaluasi kemampuanmu, lakukanlah latihan menjawab soal-soal yang ada di buku, internet atau lewat aplikasi bahasa Jepang. 

Berikut ini beberapa rekomendasi Aplikasi bahasa Jepang untuk latihan soal-soal kanji: 

  1. Obenkyo

Aplikasi ini memuat materi pola kalimat dasar, partikel,  huruf Jepang dan kosakata dari JLPT N5 – N1. Selain itu, aplikasi ini juga memuat kuis-kuis untuk mengevaluasi kemampuanmu.

  1. Learn Japanese

Aplikasi ini memuat materi-materi JLPT level N5 – N1, latihan soal JLPT hingga ungkapan-ungkapan yang sering digunakan dalam percakapan.

  1. Migii JLPT

Migii JLPT adalah aplikasi yang dirancang untuk persiapan JLPT. Ada materi, kuis dan latihan soal yang bentuk soalnya sama dengan JLPT sehingga kamu dapat berlatih untuk meningkatkan kemampuanmu sebelum menghadapi ujian.

  1. JLPT Test – Japanese Test (N5 – N1)

Aplikasi ini adalah aplikasi yang dirancang untuk persiapan JLPT sehingga di dalamnya memuat banyak latihan soal dari level N5 – N1.

Cara belajar yang mudah dan efektif bagi setiap orang memanglah berbeda-beda. Selain beberapa tips di atas, masih banyak lagi cara belajar yang bisa kamu terapkan dalam belajar. Namun, itulah beberapa tips belajar kanji yang mudah, rekomendasi website dan aplikasi yang bisa WKWK Japanese bagikan kepada kamu.  Sangat senang dan bersyukur jika informasi pada artikel kali ini dapat memotivasi dan membantu kamu dalam belajar bahasa Jepang. Tetap semangat belajarnya ya! Untuk kamu yang akan mengikuti ujian, jangan lupa berdoa dan semoga kamu lulus dengan hasil yang memuaskan 🙂

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!

SHARE