Mengenal Hiragana | Huruf bahasa Jepang

1. Apa Itu Hiragana dan Bagaimana Sejarahnya?

Mengenal hiragana adalah salah satu langkah yang sangat penting dalam mempelajari bahasa Jepang. Hiragana adalah salah satu dari 3 jenis huruf dalam sistem penulisan bahasa Jepang. Jika dibandingkan dengan huruf katakana dan kanji, hiragana adalah huruf yang paling sering digunakan oleh orang Jepang. Hiragana diciptakan pada pertengahan zaman Heian. Huruf ini merupakan hasil dari penyederhanaan kanji menjadi bentuk yang lebih mudah untuk ditulis. Pada masa lampau hiragana dikenal dengan sebutan 女手 (onna de) karena digunakan oleh kaum wanita. Bentuk hiragana melengkung sehingga kesannya lembut seperti wanita. Jumlah hiragana dasar berjumlah 46 huruf.

2. Apa Fungsinya?

Sebagai huruf yang paling sering digunakan oleh orang Jepang, tentunya hiragana memiliki berbagai fungsi dalam penulisan bahasa Jepang. Beberapa fungsi hiragana yaitu:

  1. Menulis kosakata asli bahasa Jepang dan nama orang Jepang

Ini merupakan fungsi utama dari hiragana. Nama orang Jepang dan kosakata asli bahasa Jepang hanya ditulis dengan hiragana atau kanji.

Contoh:

Nama orang: しずか (dibaca: Shizuka) 

Kosakata: わたし (dibaca: watashi) artinya “saya”

  1. Menulis bacaan anak-anak 

Anak-anak orang Jepang yang belum bisa membaca kanji, biasanya dilatih membaca dengan diberikan buku-buku bacaan yang hanya ditulis dengan hiragana saja. 

  1. Berfungsi sebagai furigana

Furigana adalah hiragana yang berukuran kecil yang diletakkan di atas huruf kanji. Furigana sangat berguna untuk membantu orang-orang yang belum bisa membaca kanji-kanji yang belum pernah dipelajari atau kanji yang jarang digunakan.

Contoh: 

はな (hana) merupakan furigana.

  1. Berfungsi sebagai okurigana

Okurigana adalah hiragana yang menempel di belakang atau disamping huruf kanji. Okurigana terdapat pada kata sifat dan kata kerja. Dalam bahasa Jepang ada banyak konjugasi (perubahan kata). Peran okurigana sangat penting dalam konjugasi (perubahan kata), karena saat okurigananya berubah maka arti kosakata tersebut akan ikut berubah. Agar lebih jelas silahkan lihat contoh di bawah ini!

食べる / taberu

Huruf yang berwarna hijau adalah huruf kanji, dan huruf yang berwarna oranye adalah hiragana yang sedang berfungsi sebagai okurigana.

Beda okurigana, beda arti? Mari kita buktikan!

Kata kerja:
食べる = makan
食べない = tidak makan

Kata sifat:
おいしい = enak
おいしくない = tidak enak

Bagaimana teman-teman? Okurigana perannya penting kan!

Selain itu, satu huruf kanji biasanya memiliki beberapa cara baca dan okurigana menjadi keterangan yang dapat membantu memahami kosakata mana yang dimaksud.

  1. Menulis partikel

Dalam bahasa Jepang partikel memiliki peran yang penting. Partikel dalam suatu kalimat digunakan untuk menunjukkan hubungan antara kosakata yang satu dengan yang lainnya. Partikel dalam bahasa Jepang ditulis menggunakan hiragana. Perlu diketahui bahwa penulisan bahasa Jepang tidak menggunakan spasi, oleh karena itu dengan adanya partikel dapat mempermudah ketika membaca tulisan bahasa Jepang.

3. Tabel Hiragana

Mengenal Hiragana: Tabel

4. Bagaimana Urutan Penulisan Hiragana?

Dalam proses belajar hiragana, setelah tahu cara bacanya perlu juga untuk mengetahui urutan penulisan yang benar. Hiragana tidak boleh ditulis sembarang karena mempunyai urutan yang telah ditetapkan. 

Ayo belajar urutan penulisan hiragana yang benar dengan gambar-gambar di bawah ini!

  1. Hiragana A, I, U, E, O
  1. Hiragana KA, KI, KU, KE, KO
  1. Hiragana SA, SHI, SU, SE, SO
  1. Hiragana TA, CHI, TSU, TE, TO
  1. Hiragana NA, NI, NU, NE, NO
  1. Hiragana HA, HI, FU, HE, HO
  1. Hiragana MA, MI, MU, ME, MO
  1. Hiragana YA, YU, YO
  1. Hiragana RA, RI, RU, RE, RO
  1. Hiragana WA, WO, N

5. Apa Tips untuk Belajar Hiragana?

Belajar hiragana merupakan langkah awal dan paling penting dalam proses pembelajaran bahasa Jepang. Karena nantinya pembelajar akan menjumpai huruf kanji yang lebih rumit lagi. Dengan kemampuan bisa membaca dan menulis hiragana, pembelajar dapat membaca keterangan cara baca kanji yang ditulis dengan hiragana. 

Berikut ini beberapa tips belajar hiragana, yaitu: 

  1. Belajar cara baca
  2. Pakai flash card 
  3. Belajar urutan penulisan
  4. Menjiplak hiragana
  5. Latihan menulis sendiri

Dalam belajar bahasa kita dituntut untuk menghafal banyak huruf, kosakata, pola kalimat dan sebagainya. Namun kita tidak boleh hanya fokus pada kuantitas melainkan kita juga harus memperhatikan kualitas belajar. Selain beberapa tips di atas, konsisten dan perbanyak latihan merupakan cara belajar yang efisien dalam belajar apapun baik huruf, kosakata, pola kalimat dan percakapan bahasa Jepang.

Semoga informasi mengenai Hiragana di atas dapat membantu kalian dalam belajar huruf Jepang. Semangat ya teman-teman!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!