Tips Menghafal Hiragana dan Katakana dengan Mudah dan Efektif

Mina-san, konnichiwa!

Setelah mengenal tentang Hiragana dan Katakana lebih dalam pada artikel-artikel sebelumnya, mungkin ada yang langsung bisa menghafal kedua huruf dengan cepat dan ada pula yang pusing serta bertanya-tanya “Bagaimana cara menghafal huruf hiragana dan katakana dengan mudah? Bagaimana cara menghafal yang cepat?” .

Pada artikel kali ini WKWK Japanese akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam menghafal huruf hiragana dan katakana. Tidak hanya tips, tapi pada artikel kali ini akan ada beberapa rekomendasi aplikasi atau website yang bisa membantu proses belajar kamu nih! Selamat membaca 🙂

1. Belajar Cara Baca

Sebagai permulaan dalam belajar huruf Jepang baik hiragana maupun katakana, tidak perlu terburu-buru untuk langsung belajar menulis ya! Mulailah dengan cara menghafal yang paling mudah yaitu belajar cara bacanya. Lihatlah huruf-huruf hiragana secara berulang-ulang sambil mengucapkan cara bacanya, kenali perbedaan bentuk huruf yang satu dengan yang lainnya. Kamu bisa menggunakan tabel huruf hiragana dalam menghafal cara bacanya. 

Untuk tabel hiragana dan katakana, kamu bisa membuatnya sendiri atau mencarinya di internet. Kabar gembira! Tabel hiragana dan katakana ada di artikel WKWK Japanese sebelumnya, jadi kamu bisa mendownloadnya untuk menghafal hiragana dan katakana. Saran dari penulis, cobalah membuat tabel huruf Jepang secara bergantian menjadi wallpaper hp atau pc agar kamu sering melihat huruf Jepang, terbiasa dan mudah mengingatnya.

Tabel Hiragana Dasar 

Tabel Katakana Dasar

2. Latihan dengan Flashcards

Setelah menghafal cara baca hiragana ataupun katakana, cobalah review hafalan kamu dengan menggunakan flashcards. Dalam membuat flashcards, tulislah huruf Jepang di bagian depan dan cara baca di bagian belakang. Berlatih cara membaca dengan flashcards dapat membuat ingatan kamu semakin kuat karena terus diulang-ulang.

 Flashcards dapat kamu buat sendiri atau membelinya secara offline maupun online. Ada juga website-website yang menyediakan file flashcards secara gratis loh! Jadi kamu bisa langsung mendownload kemudian mencetaknya untuk media kamu belajar huruf Jepang.

Di bawah ini ada beberapa link website yang menyediakan file flashcards secara gratis. Silahkan dicek dan download ya!

  • Flashcards Hiragana:
  1. ちびむすドリル(Cibimusu Doriru)

Website ini menyediakan materi-materi untuk anak-anak TK, SD atau SMP Jepang yang menarik dan dapat didownload secara gratis. Termasuk belajar bahasa Jepang dasar. 

(Contoh flashcards hiragana di website ちびむすドリル)

  1. ぷりんときっず(Purinto kizzu)

Website ini menyediakan berbagai materi yang menarik untuk anak-anak Jepang yang dapat didownload secara gratis. Selain flashcards, ada poster dan lembar latihan hiragana dan katakana yang bermanfaat untuk proses menghafalmu nih! 

(Contoh flashcards hiragana di website ぷりんときっず)

  1. Study Stack

Website ini menyediakan flashcards digital yang bisa langsung kamu gunakan tanpa perlu mencetaknya. 

  • Flashcards Katakana:
  1. ちびむすドリル(Chibimusu Doriru)

(Contoh flashcards katakana di website ちびむすドリル)

  1. ぷりんときっず(Purinto kizzu)

(Contoh flashcards katakana di website ぷりんときっず)

  1. Study Stack

3. Belajar Urutan Penulisan

Setelah bisa membaca hiragana dan katakana, langkah selanjutnya adalah belajar menulis! Untuk langkah awal dalam belajar menulis, mulailah dengan mempelajari urutan penulisan. Mengapa demikian? Karena hiragana dan katakana tidak boleh ditulis sembarangan melainkan harus sesuai dengan urutan penulisan yang telah ditetapkan. Urutan penulisan huruf hiragana dan katakana dapat kamu cari di buku bahasa Jepang, internet atau aplikasi belajar bahasa Jepang. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi website dan aplikasi untuk belajar urutan menulis hiragana dan katakana:

  1. Silahkan baca artikel WKWK Japanese sebelumnya, terdapat urutan penulisan hiragana dan katakana dasar yang lengkap. 

  1. ちびむすドリル(Chibimusu Doriru)  
  1. ぷりんときっず(Purinto kizzu)

4. Menjiplak huruf

Setelah mengetahui urutan penulisan yang benar, sebelum menulis mandiri sangat disarankan untuk mulai dengan menjiplak terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar kamu terbiasa menulis hiragana dan katakana sesuai dengan bentuknya yang benar. Lembar atau buku latihan menulis hiragana dan katakana bisa kamu dapatkan dengan membelinya di toko offline maupun online. Selain itu, kamu juga bisa mencarinya di internet atau dengan mendownload aplikasi belajar bahasa Jepang.

  • Rekomendasi Website

Berikut ini beberapa rekomendasi website yang menyediakan lembar latihan menulis yang bisa didownload secara gratis:

  1. ちびむすドリル (Chibimusu Doriru) 

(Contoh flashcards katakana di website ちびむすドリル)

  1. ぷりんときっず(Purinto kizzu)

(Contoh flashcards katakana di website ぷりんときっず)

  1. 学習プリント.com (GakushuPurinto.com)

(Contoh flashcards katakana di website 学習プリント.com)

b. Rekomendasi Aplikasi

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat membantu kamu dalam latihan menulis huruf Jepang:

  1. Obenkyo

Aplikasi bahasa Jepang yang dilengkapi materi hingga kuis huruf dan kosakata dari JLPT N5 sampai N-1. 

  1. Write It! Japanese

Aplikasi bahasa Jepang untuk berlatih menulis huruf Jepang yang dilengkapi panduan urutan penulisan, pengucapan dan kuis sederhana yang membuat kamu santai dalam belajar.

  1. Japanese Alphabet Writing

Aplikasi untuk berlatih menulis huruf Jepang yang dilengkapi panduan dan kuis. Skor kamu akan disimpan sehingga kamu bisa tahu seberapa besar tingkat kemajuanmu.

  1. Japanese Alphabet

Aplikasi berlatih menulis hiragana dan katakana yang dilengkapi urutan penulisan dan kuis yang sederhana dan mudah dimengerti.

5. Latihan Menulis Mandiri

Setelah terbiasa menulis hiragana dan katakana dengan teknik menjiplak, mulailah untuk latihan menulis mandiri di buku tulis. Sebaiknya buku yang digunakan yaitu buku kotak-kotak besar, namun jika tidak ada kamu bisa menulisnya di buku biasa saja. Tulisannya jangan terlalu kecil dan jangan terburu-buru ya! Saat menulis sambil mengucapkan cara baca juga ya! Dengan begitu empat anggota tubuh kamu (mata, mulut, telinga dan tangan) bersama-sama ikut menghafal huruf yang sedang kamu tulis sehingga lebih mudah untuk mengingatnya.

Agar pembelajaran lebih efektif dan disiplin, buatlah target terlebih dahulu sebelum mulai belajar. Misalnya: menghafal 5 huruf dalam sehari dan setiap huruf ditulis 10 kali. Target itu harus terus kamu ingat dan konsisten dalam menjalankannya agar mendapatkan hasil yang baik.

Nah, itulah beberapa Tips Belajar Hiragana dan Katakana yang bisa WKWK Japanese bagikan kepada kamu. Kefektifan dalam belajar tidak hanya bergantung kepada cara atau metode yang diterapkan saat belajar, namun dibutuhkan niat dan konsistensi dari pembelajar itu sendiri. Akan tetapi, semoga beberapa tips yang telah dibagikan di atas dapat membantu kamu dalam belajar huruf hiragana dan katakana dengan mudah ya! 

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kamu yang sudah membacanya.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!