Pola Kalimat N5: A WA B DESU (~は~です)

Mina-san konnichiwa! Kali ini WKWK Japanese ingin mengajak kamu belajar mengenai Tata Bahasa / Pola Kalimat bahasa Jepang yaitu “A wa B desu” . Pola kalimat yang akan kita pelajari kali ini merupakan tata bahasa dasar yang wajib untuk kamu kuasai terlebih dahulu sebelum pola kalimat yang lain. Tenang saja, materi kali ini sangat sederhana dan mudah kok!

Materi kali ini juga bisa disebut desu dalam bahasa Jepang ya!

Baiklah, kalau begitu mari kita pelajari bersama-sama!

1. Pola Kalimat A wa B desu

ABです
A wa B desu.

2. Arti A wa B desu

A adalah B.

3. Penjelasan A wa B desu

Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan bahwa A adalah B. Ganti A dengan memasukkan Kata Benda yang ingin kamu jadikan topik pembicaraan, setelah itu ganti B dengan memasukkan Kata Benda yang menjelaskan tentang A.

wa” merupakan partikel yang berfungsi sebagai penanda topik dari kalimat.

desu” yang diletakkan di belakang Kata Benda berfungsi sebagai predikat. Selain itu, penggunaan “desu” membuat kalimat menjadi sopan sehingga dapat digunakan secara luas yaitu kepada lawan bicara yang umurnya sama dengan pembicara ataupun yang lebih tua.

4. Rumus

Rumus A wa B desu

5. Contoh Kalimat

ティカです
わたしティカです
Saya adalah Tika.

学生です
わたしがくせいです
Saya adalah siswa.

インドネシア人です
わたしインドネシアじんです
Saya adalah orang Indonesia.

教師です
わたしきょうしです
Saya adalah guru.

田中さんです
かれたなかさんです
Dia adalah Tanaka.

田中さん日本じんです
たなかさんにほんじんです
Tanaka adalah orang Jepang..

田中さん15歳です
たなかさん15さいです
Tanaka berumur 15 tahun.

広瀬さん先生です
ひろせさんせんせいです
Hirose adalah guru.

ジャスティンさん会社員です
ジャスティンさんかいしゃいんです
Justin adalah karyawan perusahaan.

6. Daftar Kosakata

Baiklah, jadi hari ini kita telah sama-sama mempelajari Tata Bahasa / Pola Kalimat Dasar yaitu “wa~desu”. Cara penggunaannya sangat mudah bukan?

Silahkan coba buat kalimat sendiri dengan menggunakan pola kalimat di atas ya! Karena dalam mempelajari Tata Bahasa / Pola Kalimat Bahasa Jepang, latihan membuat kalimat sendiri dapat membantu kamu agar mudah mengingat pola kalimat yang telah dipelajari.

Semoga penjelasan mengenai pola kalimat atas mudah dipahami dan bermanfaat bagi teman-teman.

Jangan bosan-bosan untuk belajar bersama WKWK Japanese ya!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!