Pola Kalimat N5: A WA B DEWA / JA ARIMASEN (~は~では・じゃありません)

Mina-san konnichiwa!

Kali ini WKWK Japanese ingin mengajak kamu belajar mengenai Tata Bahasa / Pola Kalimat bahasa Jepang yaitu “wadewa arimasen” . Pola kalimat yang akan kita pelajari kali ini merupakan bentuk negatif dari pola yang telah kita pelajari sebelumya yaitu Tata Bahasa / Pola Kalimat : AはBです | Bahasa Jepang. Materi kali inipun sangat sederhana dan mudah kok tidak jauh berbeda dengan materi yang sebelumnya.

Kalau begitu, langsung saja kita pelajari bersama-sama yuk!

1. Pola Kalimat

ABではありません。
A wa B dewa arimasen.

2. Arti

A bukan B.

3. Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan bahwa “A bukan B”. Kalimat yang menggunakan pola kalimat ini merupakan bentuk kalimat negatif.

dewa arimasen” yang diletakkan di belakang Kata Benda berfungsi sebagai predikat.

Untuk menyatakan kalimat bentuk negatif, selain menggunakan “dewa arimasen” kamu juga dapat menggunakan “ja arimasen”. Keduanya memiliki arti yang sama yaitu “bukan”. Akan tetapi, “ja arimasen” biasanya digunakan pada saat percakapan.

Hal yang penting untuk diperhatikan : pada penulisan “dewa arimasen”, huruf “wa” ditulis menggunakan huruf (ha) hiragana bukan (wa) hiragana ya!

4. Rumus

5. Contoh Kalimat

ティカではありません。
わたしティカではありません。
Saya bukan Tika.

学生ではありません。
わたしがくせいではありません。
Saya bukan siswa.

アメリカ人ではありません。
わたしアメリカじんではありません
Saya bukan orang Amerika.

教師じゃありません
わたしきょうしじゃありません
Saya bukan guru.

彼女萌音ちゃんじゃありません
かのじょ萌音ちゃんじゃありません
Dia bukan Mone.

フィラさん韓国人じゃありません
フィラさんかんこくじんじゃありません
Fira-san bukan orang Korea Selatan.

神木さん銀行員ではありません
かみきさんぎんこういんではありません
Kamiki bukan pegawai bank.

アリアナさん医者ではありません
アリナさんいしゃではありません
Ariana bukan dokter.

.

6. Daftar Kosakata

Nah, tadi kita telah sama-sama mempelajari Tata Bahasa / Pola Kalimat Dasar yaitu “~wa~dewa / ja arimasen”. Bagaimana menurutmu? Mudah kan?

Sebagai bentuk latihan, cobalah membuat kalimat bentuk negatif dengan melihat rumus dan contoh yang ada di atas ya! Karena membuat kalimat dari materi yang baru saja dipelajari akan meningkatkan pemahaman dan ingatanmu tentang pola kalimat tadi.

Semoga penjelasan mengenai pola kalimat atas mudah dipahami dan bermanfaat bagi teman-teman.

Jangan bosan-bosan untuk belajar bersama WKWK Japanese ya!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!