Mengenal Partikel DE で | Bahasa Jepang

Konnichiwa! Pembahasan kali ini adalah ‘Mengenal Partikel DE で‘.

Apakah kamu pernah mendengar kata partikel

Sebagai pembelajar bahasa Jepang, pasti sudah tidak asing dengan salah satu bagian dari kalimat ini, bukan? Partikel memiliki peran yang penting dalam suatu kalimat layaknya fungsi preposisi pada bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dalam bahasa Jepang, terdapat banyak partikel yang digunakan, seperti: partikel wa, partikel ga, partikel ni, partikel de dan lain-lain.

Kali ini, ayo berkenalan dengan “Partikel DE”. Partikel ini merupakan salah satu partikel dalam bahasa Jepang yang memiliki berbagai fungsi sehingga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

A. Arti Partikel DE

Partikel DE memiliki beberapa arti, diantaranya yaitu: di, dengan, karena, dalam dan lain-lain. 

Partikel DE memiliki berbagai arti tergantung peran atau fungsinya pada sebuah kalimat. Beberapa arti dari partikel DE di antaranya yaitu: di, dengan, karena, dalam, dan dll.

B. Fungsi Partikel DE

Berikut ini adalah beberapa penjabaran fungsi dan contoh kalimat partikel DE, yaitu:

1. Penunjuk Tempat  Aktivitas

Fungsi partikel DE yang paling umum yaitu untuk menunjukkan tempat suatu kegiatan dilakukan, acara diselenggarakan atau suatu peristiwa terjadi.

Pada fungsi ini, partikel DE diartikan “di”.

Contoh:

美亜さんは、図書室勉強しています。
みあさんは、としょしつべんきょうしています。
Mia sedang belajar di ruang perpustakaan..

2004年にアチェ津波がありました。
2004ねんにアチェつなみがありました。
Pada tahun 2004 telah terjadi tsunami di Aceh.

2. Penunjuk Alat atau Cara

Partikel DE juga berfungsi untuk menunjukkan alat/cara yang digunakan dalam melakukan suatu kegiatan. Pada fungsi ini, partikel DE diartikan “dengan ~”, “dengan menggunakan ~”, atau “dengan naik ~”( saat ingin menunjukkan kendaraan yang digunakan).

Contoh:

自転車学校へ行きます。
じてんしゃがっこうへいきます。
(Saya) pergi ke sekolah dengan naik sepeda..

日本人は、箸ラーメンを食べます。
にほんじんは、はしラーメンをたべます。
Orang Jepang makan ramen dengan menggunakan sumpit.

3. Penunjuk Bahan

Partikel DE berfungsi untuk menunjukkan bahan yang digunakan dalam membuat sesuatu. Pada fungsi ini, partikel DE diartikan “dari ~ ”

Contoh:

これは、牛の皮作られた靴です。
これは、うしのかわつくられたくつです。
Ini adalah sepatu yang dibuat dari kulit sapi.

4. Penunjuk Sebab atau Alasan

Partikel DE berfungsi untuk menunjukkan penyebab/alasan dari sesuatu yang terjadi. Pada fungsi ini, partikel DE diartikan “karena….”.

Contoh:

今日は、熱早退しました。
きょうは、ねつそうたいしました。
Hari ini (saya) pulang cepat karena demam.

5. Penunjuk Batasan

Partikel DE berfungsi untuk menunjukkan batas dari waktu atau harga dalam melakukan suatu kegiatan. Pada fungsi ini, partikel DE diartikan “dalam/dengan ~”

Contoh:

一週間終わらせます。
いっしゅうかんおわらせます。
Saya akan menyelesaikannya dalam satu minggu.

このハンカチは、100円買いました。
このハンカチは、100えんかいました。
Sapu tangan ini saya beli dengan harga 100 yen.

6. Penunjuk Keadaan

Partikel DE berfungsi untuk menunjukkan keadaan saat suatu kegiatan dilakukan, yaitu mencakup bagaimana bentuk, tampilan, gerakan yang terlihat atau suara yang terdengar. Pada fungsi ini, partikel DE diartikan “dengan ~ /dalam keadaan”.

Contoh:

すっぴん買い物に行きました。
すっぴんかいものにいきました。
Saya (sudah) pergi untuk berbelanja dengan wajah tanpa riasan.

大きい声話してください。
おおきいこえはなしてください。
Tolong berbicara dengan suara yang besar.

7. Penunjuk Jumlah Pelaku Kegiatan

Partikel DE berfungsi untuk menunjukkan jumlah orang yang melakukan suatu kegiatan. Pada fungsi ini, partikel DE diartikan “dengan ~”

Contoh:

友達と三人カラオケに行きました。
ともだちとさんにんカラオケにいきました。
(Saya) pergi ke karaoke bertiga dengan teman.

8. Sebagai Penghubung

Partikel DE dapat digunakan untuk menghubungkan dua kata benda ataupun kata sifat yang berakhiran-na. Pada fungsi ini, partikel DE diartikan “dan”.

Contoh:

私は、25歳教師です。
わたしは、25さいきょうしです。
Saya berumur 25 tahun dan merupakan seorang guru.

彼は、親切礼儀が正しい人です。
かれは、しんせつれいぎがただしいひとです。
Dia(laki-laki) adalah orang yang ramah dan sopan.

C. Daftar Kosakata

Bagaimana pembahasan kali ini? Apakah kamu sudah lebih mengenal partikel DE?

Terdapat beberapa partikel dalam bahasa Jepang yang memiliki arti sama jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenal berbagai fungsi dari masing-masing partikel agar dapat membedakannya.

Selain partikel DE, masih ada banyak partikel lain yang kaya akan fungsi dan sering digunakan dalam bahasa Jepang, loh! Jadi, jangan lupa untuk mampir dan belajar bersama WKWK JAPANESE lagi, ya!

Sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat bagi semua yang membaca.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!