Mengenal Partikel YA 【や】 | Bahasa Jepang

Konnichiwa! Bahasan kita kali ini adalah Partikel Ya 【や】!

Bagaimana pembelajaran bahasa Jepangmu akhir-akhir ini? Lancar?

Pada artikel kali ini masih akan membahas mengenai salah satu partikel dalam bahasa Jepang yang sering digunakan sehari-hari. Seperti yang telah kita ketahui, dalam bahasa Jepang jumlah partikel tidaklah sedikit dan beberapa di antaranya memiliki kemiripan sehingga membuat pembelajar bahasa Jepang terkadang merasa bingung dan keliru dalam menggunakannya.

Sebelumnya kita telah mempelajari “Partikel TO” yang memiliki arti “dan” jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, bukan? Kali ini, WKWK JAPANESE ingin mengajakmu berkenalan dengan partikel lainnya yang hampir mirip arti dan fungsinya dengan partikel TO, yaitu Partikel や (ya). Apakah kamu pernah mendengarnya?

Kalau begitu, mari mulai berkenalan dengan partikel ini!

1. Tentang Partikel や YA

Partikel YA merupakan salah satu partikel yang digunakan dalam bahasa Jepang. Partikel ini sering dikaitkan dengan partikel TO karena memiliki fungsi dan memiliki arti yang hampir sama, yakni “dan”. Akan tetapi terdapat perbedaan yang jelas antara kedua partikel ini. Partikel TO digunakan ketika menyebutkan semua barang yang ada, sedangkan partikel YA digunakan ketika ingin menyebutkan beberapa benda saja sebagai perwakilan.

2. Fungsi Partikel や YA dan Contoh Penggunaan

1) Menyebutkan beberapa benda

Partikel YA digunakan untuk menyebutkan/menghubungkan beberapa benda yang sejajar sebagai wakil dari banyaknya benda yang ada. Dengan kata lain, saat menggunakannya terkandung makna “dan lain-lain”. Partikel ini juga sering digunakan bersama dengan “nado” yang artinya “lain-lain”. Partikel YA diletakkan di antara dua kata benda dan diartikan “dan” atau “dan lain-lain”.

Contoh:

毎朝、パン卵を食べます。
まいあさ、パンたまごをたべます。
Setiap pagi, (saya) makan roti dan telur (dan lain-lain).

筆箱の中に、鉛筆消しゴムペンなどがあります。
ふでばこのなかに、えんぴつけしゴムペンなどがあります。
Di dalam tempat pensil ada pensil, penghapus, pulpen dan lain-lain.

2) Memanggil seseorang

Partikel YA digunakan ketika memanggil seseorang yang tiba-tiba atau secara tidak sengaja bertemu.

 Biasanya partikel ini diletakkan di belakang nama seseorang yang sedang dipanggil atau disapa. Pada fungsi ini, partikel YA tidak memiliki arti hanya sebagai penekanan.

Contoh:

由紀子や、こっちにおいで!
ゆきこや、こっちにおいで!
Yukiko, datanglah ke sini!

3) Menekankan kalimat ajakan

Partikel YA digunakan ketika mengajak seseorang yang merupakan rekan kerja atau bawahan dengan santai. Pada fungsi ini, partikel YA diletakkan di akhir kalimat dan tidak memiliki arti, melainkan hanya menekankan ajakan.

Contoh:

そろそろ帰ろうや!
そろそろかえろうや!
Sudah waktunya ayo pulang!

一緒に飲みに行こうや!
いっしょにのみにいこうや!
Ayo pergi minum bersama!

4) Menekankan kalimat perintah

Partikel YA dapat digunakan pada kalimat yang menggunakan kata kerja bentuk imperatif atau bentuk perintah yang terbilang kasar. . Pada fungsi ini, partikel YA diletakkan di akhir kalimat dan tidak memiliki arti, melainkan hanya menekankan kalimat perintah.

Contoh:

早く寝ろや!
はやくねろや!
Cepat tidurlah (sana)!

もう帰れや!
もうかえれや!
Pulanglah (sana)!

5) Menekankan ungkapan perasaan

Partikel YA digunakan pada kalimat yang menyatakan ungkapan perasaan dengan ringan. Biasanya partikel ini diletakkan di belakang beberapa frasa tertentu yang menunjukkan bahwa apapun yang diputuskan tidak masalah dan umumnya menunjukkan kesan negatif, seperti tidak berminat, merasa terganggu atau pasrah. . Pada fungsi ini, partikel YA diletakkan di akhir kalimat dan tidak memiliki arti.

Contoh:

何でもいいや。
なんでもいいや。
Apa saja boleh.

もう、どうでもいいや。
Yasudahlah, mau bagaimanapun terserah.

3. Daftar Kosakata

Itulah beberapa informasi mengenai fungsi dan contoh penggunaan dari partikel や (ya).

Selain partikel yang telah dibahas tadi, masih ada banyak partikel lain juga sering digunakan dalam bahasa Jepang.  Jadi, jangan lupa untuk mampir dan belajar bersama WKWK JAPANESE lagi, ya!

Sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat bagi semua yang membaca.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!