Perbedaan Partikel E dan NI (へ) & (に) | Bahasa Jepang

こんにちは!おげんきですか。Bahasan kita kali ini adalah Perbedaan Partikel E dan NI (へ) & (に).

Dalam bahasa Jepang, terdapat banyak partikel yang memiliki arti dan fungsi yang hampir mirip. Hal ini sering membuat banyak pembelajar bahasa Jepang merasa kebingungan saat ingin menggunakannya dalam sebuah kalimat. Apakah kamu setuju?

Selain partikel は WA dan が GA, partikel で DE dan に NI, partikel と TO dan や YA, masih ada banyak partikel yang memiliki kemiripan dalam penggunaannya. Salah satunya yaitu, partikel E (へ) dan  partikel NI (に). Kedua partikel ini, paling sering digunakan bersama kata benda “nama tempat” dan sama-sama  diartikan “ke” sehingga menjadi salah satu kelompok partikel yang sulit untuk dibedakan.

Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas beberapa perbedaan antara dua partikel tadi, yaitu “Perbedaan Partikel へ  E  dan に NI”.

では、始めましょう!
Dewa, hajimemashou!
(Kalau begitu, mari kita mulai!)

1. Fungsi Partikel へ (e)

Partikel E memiliki beberapa fungsi, yaitu:

Menunjukkan Arah Pergerakan

Menunjukkan Target dari Tindakan/Kegiatan

 Untuk penjelasan selengkapnya, silahkan cek artikel “Mengenal Partikel E (へ)”.

2. Fungsi Partikel に (ni)

Partikel NI memiliki beberapa fungsi, yaitu:

Penunjuk Letak Keberadaan Sesuatu

Penunjuk Tempat Tujuan

Penunjuk Waktu

Penunjuk Target yang Menerima Sesuatu

Penunjuk Pelaku Kegiatan

Penunjuk Sasaran Kegiatan

Penunjuk Tujuan

Penunjuk Frekuensi

Penunjuk Hasil Perubahan

  Untuk penjelasan selengkapnya, silahkan cek artikel “Mengenal Partikel に NI”.

3. Perbedaan Partikel E dan Partikel NI

1) Fungsi

[場所][動詞]

[場所][動詞]

KB (tempat) + e + KK
KB (tempat) + ni + KK

KB: Kata Benda, KK: Kata Kerja

Partikel E berfungsi untuk menunjukkan arah dan KB yang diletakkan di depan partikel ini merupakan arah dari gerakan perpindahan. Sehingga, kalimat yang menggunakan partikel ini lebih berfokus kepada ke mana “arah” seseorang melakukan perpindahan.  

Sedangkan,

Partikel NI berfungsi untuk menunjukkan tujuan dan KB yang diletakkan di depan partikel ini merupakan tempat tujuan sebagai titik akhir dari gerakan perpindahan. Sehingga kalimat yang menggunakan partikel ini lebih berfokus kepada “tempat yang menjadi titik akhir/tujuan” dari suatu gerakan perpindahan yang dilakukan oleh seseorang.

Contoh:

沖縄行きます。/ Okinawa e ikimasu
沖縄行きます。 / Okinawa ni ikimasu.
Saya akan pergi ke Okinawa.

Penjelasan:

Kalimat pertama (dengan partikel E) menekankan bahwa pada kalimat ini Okinawa berperan sebagai “arah” dari gerakan perpindahan. Okinawa bisa menjadi tempat tujuan dari kata kerja “pergi” ataupun bisa saja hanya menjadi tempat yang dilewati pembicara dalam kurun waktu tertentu.

Sedangkan,

Kalimat kedua (dengan partikel NI) menekankan bahwa Okinawa berperan sebagai “titik akhir/tempat tujuan” dari gerakan perpindahan. Dengan kata lain, tempat satu-satunya yang dituju oleh pembicara adalah Okinawa dan bukan Tokyo, Osaka maupun tempat yang lainnya.

Jadi, sebenarnya kedua partikel ini bisa saling digunakan bergantian pada kalimat yang serupa dengan contoh di atas, tergantung apa yang ingin ditekankan oleh pembicara.

2) Frekuensi Penggunaan dan Tingkat Kesopanan

Penggunaan partikel E terkesan sangat formal sehingga sangat jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Partikel ini lebih sering digunakan pada situasi formal, seperti saat wawancara, di lingkungan bisnis, berita dan lain-lain.

Sedangkan,

Partikel NI sering digunakan baik dalam percakapan formal maupun percakapan sehari-hari.

3) Kata Benda yang Digunakan

Kata benda yang dapat diletakkan di depan partikel E, yaitu kata benda yang berupa nama tempat atau arah.

Sedangkan,

Kata benda yang dapat diletakkan di depan partikel NI, yaitu kata benda yang berupa nama tempat maupun acara.

Contoh:

“Partikel E”

ジャカルタ行きます。
ジャカルタいきます。
Saya pergi ke Jakarta.

向かいます。
みなみむかいます。
Menuju ke selatan.

“Partikel NI”

北海道行きます。
ほっかいどういきます。
Saya pergi ke Hokkaido.

パーティー行きます。
パーティーいきます。
Saya pergi ke pesta.

4. Tambahan

Contoh kalimat:

台風が北 向かっている。/ Taifuu ga kita e mukatte iru. 〇
台風が北向かっている。/ Taifuu ga kita ni mukatte iru.  △
Angin topan sedang menuju ke utara.

Penjelasan:

Ketika berbicara mengenai arah angin topan (taifuu), ada yang menggunakan partikel E maupun partikel NI. Akan tetapi, fungsi partikel NI lebih menekankan kepada “tempat tujuan/titik akhir” sedangkan arah angin topan umumnya “tidak tetap” sehingga partikel E merupakan partikel yang lebih tepat digunakan daripada partikel NI.

5.Daftar Kosakata

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan partikel E dan NI.

Kedua partikel ini merupakan dua partikel yang paling sulit untuk dibedakan sehingga banyak yang sering keliru saat menggunakannya. Selain kedua partikel di atas, masih ada banyak pembahasan menarik lainnya mengenai partikel yang akan dibahas pada artikel-artikel selanjutnya. Jadi, jangan lupa mampir ke website ini lagi ya!

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!