Perbedaan Partikel NE dan YO (ね) & (よ) | Bahasa Jepang

こんにちは!おげんきですか。Bahasan kita kali ini adalah Perbedaan Partikel NE dan YO (ね) & (よ).

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa Asing yang menarik untuk dipelajari sehingga tak heran jumlah pembelajar bahasa Jepang sangat banyak di seluruh dunia. Selain didukung oleh kepopuleran budaya pop Jepang yang mendunia, bahasa Jepang sendiri juga memiliki daya tarik dari berbagai aspek, misalnya ragam jenis huruf yang digunakan, penggunaan kosakata berdasarkan tingkat kesopanan, onomatope dan lain-lain. Akan tetapi meskipun menarik ada beberapa kesulitan yang sering dihadapi para pembelajar bahasa Jepang, salah satu contohnya yaitu penggunaan partikel.

Kali ini WKWK Japanese ingin mengajak kamu untuk mengenali perbedaan antara dua partikel yang sering digunakan sehari-hari, yaitu partikel ね (ne) dan よ (yo).

では、始めましょう!
Dewa, hajimemashou!
(Kalau begitu, mari kita mulai!)

1. Partikel ね NE

Partikel NE merupakan salah satu partikel yang umumnya diletakkan di akhir kalimat. Akan tetapi, terkadang partikel ini juga dapat diletakkan di awal atau di tengah kalimat. Beberapa fungsi dari partikel NE, yaitu:

Meminta persetujuan lawan bicara

Menyetujui penyataan

Mengkonfirmasi sesuatu

Memperhalus ungkapan permintaan, perintah dan saran

Menyampaikan kesan atau pendapat

Meminta perhatian lawan bicara

Menyampaikan apa yang akan dilakukan

Sebagai tambahan atau pengisi dalam kalimat

Untuk penjelasan selengkapnya, silahkan cek artikel “Mengenal Partikel ね NE”.

2. Partikel よ YO

Partikel YO merupakan salah satu partikel akhir kalimat atau dalam bahasa Jepang disebut 終助詞 (shuujoshi). Partikel ini memiliki banyak fungsi, di antaranya yaitu:

Memberikan informasi baru kepada lawan bicara

Mengajak seseorang

Menyampaikan pendapat

Memberikan saran

Memberikan peringatan

Menentang pernyataan lawan bicara

Untuk memanggil seseorang atau sesuatu

Untuk memberi perintah

Memberikan penekanan pada kalimat pernyataan

Memberikan izin kepada seseorang

Untuk penjelasan selengkapnya, silahkan cek artikel “Mengenal Partikel よ YO”.

3. Perbedaan Partikel ね NE dan よ YO

a. Fungsi

Partikel NE digunakan ketika pembicara meminta persetujuan terhadap pernyataannya berupa kesan kepada lawan bicara.Pada situasi ini, pembicara dan lawan bicara telah sama-sama melakukan suatu kegiatan atau pengalaman yang sama sehingga pembicara memiliki keyakinan bahwa lawan bicara memiliki pemikiran, pendapat atau perasaan yang sama dengannya.

Contoh:

このレストランの料理、美味しいね!
このレストランのりょうり、おいしいね!
Masakan restoran ini enak, ya!

Selain itu, partikel NE juga dapat digunakan saat lawan bicara menyetujui pernyataan yang dikonfirmasi oleh pembicara.

Contoh:

うん、美味しいね!
うん、おいしいね!
Iya, enak ya!

Sedangkan,

Partikel YO digunakan ketika pembicara memberikan informasi yang diyakini belum diketahui sebelumnya oleh lawan bicara.

Contoh:

あのレストランのステーキ、とても美味しいよ!
あのレストランのステーキ、とてもおいしいよ!
Bistik restoran itu sangat enak, loh!

b. Bentuk Ajakan

また会おうね!
またあおうね!
Ayo bertemu lagi, ya!

映画を見ようよ!
えいがをみようよ!
Ayolah menonton film!

Penjelasan:

Pada kalimat pertama, kalimat ajakan yang disampaikan oleh pembicara terkesan lebih halus dengan penggunaan partikel NE. Pembicara menyampaikan ajakan dengan cara yang halus dan sopan, tetapi memberikan kebebasan kepada lawan bicara untuk menerima ajakannya atau tidak.

Sedangkan,

Pada kalimat kedua, kalimat ajakan yang disampaikan terkesan sedikit memaksa dengan penggunaan partikel YO. Pembicara menyampaikan ajakan dan terkesan memaksa lawan bicara untuk sebisa mungkin menerima ajakannya.

c. Bentuk Permintaan

ちょっと待ってね!
ちょっとまってね!
Tunggu sebentar, ya!.

ちょっと待ってよ!
ちょっとまってよ!
Tunggu sebentar dong!

Penjelasan:

Pada kalimat pertama, penggunaan partikel NE memberikan kesan kalimat permintaan yang disampaikan oleh pembicara adalah bentuk yang sopan dan halus.

Sedangkan,

Pada kalimat kedua, penggunaan partikel YO memberikan kesan kalimat permintaan yang disampaikan oleh pembicara terkesan memaksa lawan bicara untuk menunggunya.

d. Tujuan Pernyataan

会議は、明日ですよ!
かいぎは、あしたですよ!
Rapatnya besok, loh.

会議は、明日ですね!
かいぎは、あしたですね!
Rapatnya besok, ya?

Penjelasan:

Pada kalimat pertama, penggunaan partikel YO menunjukkan bahwa pembicara memberikan informasi baru mengenai jadwal rapat yang tidak diketahui oleh lawan bicara.

Sedangkan,

Pada kalimat kedua, penggunaan partikel NE menunjukkan bahwa pembicara mengkonfirmasi tentang jadwal rapat kepada lawan bicara apakah sudah benar atau tidak. Pada situasi ini pembicara dan lawan bicara sama-sama telah mengetahui suatu informasi (jadwal rapat).

4. Daftar Kosakata

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan partikel ね NE dan よ YO.

Kedua partikel ini merupakan dua partikel yang paling sulit untuk dibedakan sehingga banyak yang sering keliru saat menggunakannya. Selain kedua partikel di atas, masih ada banyak pembahasan menarik lainnya mengenai partikel yang akan dibahas pada artikel-artikel selanjutnya. Jadi, jangan lupa mampir ke website ini lagi ya!

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!