Perbedaan IMASU dan ARIMASU

Konnichiwa! Pada artikel kali ini akan membahas mengenai “Perbedaan Imasu dan Arimasu”.

Dalam bahasa Indonesia, untuk menyatakan keberadaan sesuatu baik untuk makhluk hidup maupun benda menggunakan satu kosakata saja, yaitu “ada”. Sedangkan, dalam bahasa Jepang kata “ada” tidak hanya satu saja. Selain memiliki ragam kosakata yang memiliki makna mirip, dalam bahasa Jepang juga ada  banyak kosakata yang pengucapannya sama tapi mempunyai arti yang berbeda.

Ada juga contoh kalimat dan beberapa perubahan bentuk kata kerja yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, loh! Kalau begitu, mari kita mulai belajar bersama!

1. Pengertian IMASU dan ARIMASU

います (imasu)  dan あります(arimasu) sama-sama memiliki arti “ada” dan umumnya digunakan untuk menunjukkan keberadaan sesuatu. Ketika digunakan, kedua kosakata ini sama-sama menggunakan partikel (ga) untuk menunjukkan subjek dari kalimat, yaitu orang, hewan ataupun benda.

2. Perbedaan IMASU dan ARIMASU

Kalimat yang menggunakan pola ga imasu digunakan untuk menunjukkan/ keberadaan makhluk hidup, seperti: manusia, hewan dan hantu. Sedangkan, kalimat yang menggunakan pola ga arimasu digunakan untuk menunjukkan/menyatakan keberadaan benda mati, seperti: benda atau tumbuh-tumbuhan.

Mungkin ada yang bingung ya? Mengapa “hantu” yang tidak hidup menggunakan IMASU, sedangkan “tumbuhan” menggunakan ARIMASU, padahal tumbuhan termasuk ke dalam makhluk hidup. Silahkan lanjut ke poin berikutnya, ya! ?

 Perbedaan penggunaan IMASU dan ARIMASU sebenarnya bukanlah tentang “makhluk hidup” atau “benda mati”. Akan tetapi, orang Jepang membedakan penggunaan dua kata kerja ini dengan melihat apakah sesuatu itu “bergerak” atau “tidak bergerak”. Jadi, meskipun tumbuhan adalah makhluk hidup akan tetapi karena tidak bergerak maka untuk menyatakan keberadaan tumbuhan menggunakan ARIMASU bukan IMASU.

3. Penggunaan IMASU dan ARIMASU

Selain untuk menyatakan keberadaan manusia, hewan dan hantu, kata kerja IMASU juga dapat digunakan pada benda-benda mati yang bisa bergerak (dengan bantuan mesin) misalnya: bus, kereta ataupun robot yang sedang bergerak.

Sebaliknya, kata kerja ARIMASU juga dapat digunakan pada hewan. Akan tetapi, hewan yang dimaksud adalah hewan-hewan yang sudah mati seperti yang ada di pasar atau restoran. Selain itu, kata ARIMASU juga dapat digunakan untuk menunjukkan kepemilikian sesuatu (seperti: uang, waktu, urusan) dan untuk menyatakan terjadinya/diadakannya sesuatu (seperti: peristiwa atau acara).

4. Contoh Kalimat

a. Contoh Kalimat dengan IMASU

先生がいます。
せんせいがいます。
Ada guru.

猫がいます。
ねこがいます。
Ada kucing.

台所にロボットがいます。
だいどころにロボットがいます。
Ada robot di dapur.

*Misalnya ada robot yang digunakan untuk membersihkan dapur.

b.Contoh Kalimat dengan ARIMASU

椅子があります。
いすがあります。
Ada kursi.

薔薇があります。
ばらがあります。
Ada bunga mawar.

寿司屋に鮭があります。
すしやにさけがあります。
Di toko sushi ada salmon.

*Salmon yang disebutkan sudah dalam keadaan mati dan siap untuk dijadikan sushi..

Untuk contoh lain penggunaan dari IMASU dan ARIMASU, silahkan baca artikel-artikel di bawah ini:

5. Perubahan Bentuk IMASU dan ARIMASU

Imasu dan Arimasu merupakan bentuk kata kerja sopan karena menggunakan akhiran-masu sehingga dapat digunakan kepada siapapun dan di berbagai situasi baik formal maupun informal. Imasu termasuk ke dalam kelompok kata kerja golongan 2. Sedangkan, Arimasu termasuk ke dalam kelompok kata kerja golongan 1.

Berikut ini adalah beberapa perubahan bentuk dari kata kerja IMASU dan ARIMASU:

6. Daftar Kosakata

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai perbedaan dua kata kerja bahasa Jepang yang memiliki arti “ada”. Apakah kamu sudah memahaminya?

Tidak sedikit pembelajar bahasa Jepang yang sering keliru dalam menggunakan kata IMASU dan ARIMASU. Jadi, silahkan latihan membuat kalimat menggunakan dua kata ini sesuai dengan pembahasan di atas agar kamu tidak keliru ya!

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!