Pola Kalimat N5: ~ WA ~ NI IMASU (~は~にいます)

Mina-san, konnichiwa!

Masih ingat materi pola kalimatniga imasu/arimasu”? Kalau sudah lupa silahkan baca artikel itu lagi ya! Yang belum baca juga silahkan dicek ya! Karena materi yang akan kita pelajari kali ini berkaitan dengan pola kalimat yang telah dibahas pada artikel sebelumnya.

Dalam kehidupan sehari-hari pasti ada yang sering lupa meletakkan barang-barangnya sehingga akan muncul pertanyaan “benda ini ada di mana ya?” . Lalu, kalau ingin bertanya pertanyaan seperti itu dalam bahasa Jepang bagaimana mengatakannya?

Nah, kali ini WKWK Japanese ingin mengajak kamu mempelajari  materi dasar yang penting untuk dipelajari dan tidak boleh dilewatkan karena sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Materi tersebut yaitu pola kalimat “wani imasu/arimasu”.

Dewa, hajimemashou!
(Kalau begitu mari kita mulai!)

1. Pola Kalimat

A B にいます/ あります。
A wa B ni imasu / arimasu.

2. Arti

A ada di B

3. Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan tempat di mana makhluk hidup atau benda mati berada. IMASU digunakan saat sedang membicarakan makhluk hidup seperti manusia dan hewan, sedangkan ARIMASU digunakan saat sedang membicarakan mengenai benda-benda mati atau tumbuh-tumbuhan.

4. Rumus

5. Contoh Kalima

ベランダにいます。
ちちベランダにいます。
Ayah saya ada di teras.

ゴキブリ玄関にいます。
ゴキブリげんかんにいます。
Kecoak ada di ruang pintu masuk.

本屋にいます。
おとうとほんやにいます。
Adik laki-laki saya ada di toko buku.

公園にあります。
こうえんにあります。
Pohon ada di taman.

ボロブドゥール中部ジャワ州にあります。
ボロブドゥールちゅうぶジャワしゅうにあります。
Borobudur ada di Provinsi Jawa Tengah.

電池にあります。
でんちたなにあります
Baterai ada di lemari.

6. Kalimat Tanya

Contoh:

お祖母さんはどこにいますか。
おばあさんはどこにいますか。
Nenek ada di mana?

東京ディズニーシーはどこにありますか。
とうきょうディズニーシーはどこにありますか。
Tokyo Disney Sea ada di mana?

7. Daftar Kosakata

Itulah tadi pembahasan mengenai pola kalimat dasar bahasa Jepang yang dapat kamu gunakan ketika ingin menyatakan tempat di mana seseorang atau suatu benda berada.

Tidak sulit kan? Akan tetapi, jangan lupa untuk tetap memperhatikan perbedaan penggunaan IMASU dan ARIMASU ya! Ohya, cobalah membuat kalimat sendiri dan mempraktekannya ketika kamu berbicara dengan teman orang Jepang ya! Karena dalam belajar bahasa Jepang, tidak hanya penguasaan materi secara teori saja tapi praktek menggunakan apa yang telah kamu pelajari juga sangat penting loh!

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!