Pola Kalimat N5: A NI B (~に~)

Mina-san konnichiwa!

Apa kabar nih? Sudah siap belajar pola kalimat baru hari ini? 

Ketika sedang berbicara dengan teman atau keluarga tentang kegiatan yang akan atau telah dilakukan,  biasanya ada pertanyaan yang sering muncul yaitu mengenai waktu kegiatan dilakukan. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan membahas mengenai pola kalimat yang berkaitan dengan pertanyaan tersebut. Langsung saja kita pelajari bersama-sama yuk!

1. Pola Kalimat

AB
A ni B

2. Arti

A pada B

3. Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan kapan seseorang melakukan suatu kegiatan. Partikel (ni) hanya digunakan ketika Kata Benda yang menerangkan waktu mengandung angka berupa jam, tanggal, bulan atau tahun. Sedangkan, jika Kata Benda yang digunakan tidak mengandung angka seperti: mainichi, kyou, ashita dll tidak dapat ditambahkan partikel (ni). Akan tetapi, untuk nama-nama hari merupakan pengecualian yaitu dapat ditambahkan atau tidak.

4. Rumus

5. Contoh Kalimat

毎朝、4時起きます。
まいあさ、4じおきます。
Setiap pagi bangun pada pukul 4:00.

毎晩、9時半寝ます。
まいばん、9じはんねます。
Setiap malam tidur pada pukul 9:30.

10時勉強します。
10じべんきょうします。
Akan belajar pada pukul 10:00.

4月23日行きます。
4がつ23にちいきます。
Akan pergi pada tanggal 23 April.

月曜日働きます。
(Getsu-youbi ni hatarakimasu.)
Akan bekerja pada hari senin.

*Untuk kata keterangan waktu yang tidak mengandung angka, tidak perlu menggunakan partikel NI.

昨日、働きました。
きのう、はたらきました。
Kemarin (saya) telah bekerja.

今日、働きます。
きょう、はたらきます。
Hari ini (saya) akan bekerja.

明日、休みます。
あした、やすみます。
Besok akan istirahat.

6. Daftar Kosakata

Bagaimana materi kali ini?

Kali ini kita telah sama-sama mempelajari mengenai fungsi dan cara penggunaan pola kalimat yang digunakan untuk menyatakan waktu ketika melakukan suatu kegiatan. Selain itu, dengan mempelajari pola kalimat pada artikel kali ini artinya kamu juga telah belajar salah satu fungsi partikel NI lainnya. Fungsi partikel sangatlah beragam, namun jika kamu mempelajarinya bersamaan dengan belajar pola kalimat maka akan terasa lebih mudah.

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan dapat membantu kamu dalam proses belajar bahasa Jepang.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!