Pola Kalimat N5: ~ MASEN KA (~ませんか)

Mina-san, konnichiwa!

Dalam kehidupan sehari-hari kamu pasti pernah mengajak atau diajak oleh seseorang untuk melakukan suatu kegiatan kan? Ketika ingin mengajak seseorang pergi ke suatu tempat atau melakukan suatu kegiatan, kadangkala ada rasa ragu apakah dia akan menerima ajakan kita atau tidak. Selain itu, saat mengajak seseorang sebaiknya berhati-hati agar ajakan kita tidak terkesan memaksa orang yang kita ajak ya! Lalu bagaimana cara mengajak seseorang untuk melakukan suatu kegiatan dalam bahasa Jepang?

Pada artikel kali ini WKWK JAPANESE ingin mengajak kamu belajar cara mengajak seseorang dan cara merespon ajakan seseorang secara sopan. Kalau begitu, mari kita belajar bersama-sama!

1. Pola Kalimat

~ませんか
~masen ka

2. Arti

Maukah ~ / Mau ~ tidak?

3. Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan ketika ingin mengajak seseorang untuk melakukan suatu kegiatan.

Kalimat ajakan dengan pola kalimat ini merupakan bentuk ajakan yang sopan karena pembicara (orang yang mengajak) menanyakan pendapat lawan bicara (orang yang diajak) terlebih dahulu apakah bersedia menerima ajakan atau tidak. Sehingga memberikan kesan tidak memaksa lawan bicara untuk menerima ajakan.

4. Rumus

Ada 2 rumus yang dapat digunakan pada penggunaan pola kalimat ini, jadi silahkan pilih rumus mana yang menurut kamu paling mudah dimengerti ya!

5. Contoh Kalimat

東京ディズニーランドへ行きませんか。
とうきょうディズニーランドへいきませんか。
Maukah pergi ke Tokyo Disneyland?

一緒に花火大会に行きませんか
いっしょにはなびたいかいにいきませんか。
Maukah pergi ke festival kembang api bersama?

一緒に映画を見ませんか
いっしょにえいがをみませんか
Maukah menonton film bersama?

一緒に昼ご飯を食べませんか
いっしょにひるごはんをたべませんか
Mau makan siang bersama, tidak?

日曜日、バドミントンをしませんか
にちようび、バドミントンをしませんか
Hari minggu, mau bermain bulu tangkis tidak?

6. Cara Menerima dan Menolak Ajakan

Setelah belajar cara membuat kalimat ajakan, sekarang mari kita belajar cara menerima dan menolak ajakan dengan sopan agar tidak menyinggung orang yang mengajak yuk!

Silahkan lihat contoh percakapan di bawah ini ya!

明日、一緒に花火大会に行きませんか
あした、いっしょにはなびたいかいにいきませんか
Besok, maukah pergi ke festival kembang api bersama?

Jika menerima ajakan:

ええ、いいですよ。
Iya, boleh.

はい、いいですね。
Iya, ide bagus ya.

Jika menolak ajakan:

すみません、明日は用事があって…。
すみません、あしたはようじがあって…。
Maaf, karena besok saya ada urusan jadi…. (tidak bisa)

すみません、明日はちょっと…。
すみません、あしたはちょっと…。
Maaf, kalau besok…

*Kalau lawan bicara sudah bilang “chotto” berarti sudah menolak secara halus. Jadi, jangan menunggu lanjutan kalimatnya ya!

ありがとうございます。でも、明日はちょっと…。
ありがとうございます。でも、あしたはちょっと…。
Terima kasih (atas ajakannya). Tapi, kalau besok….

*Selain mengucapkan maaf, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang mengajak kamu ya!

7. Daftar Kosakata

Bagaimana materi hari ini? Apakah mudah dimengerti?

Melalui artikel ini kita telah sama-sama membahas mengenai pola kalimat mengajak dan cara menerima serta cara menolak ajakan dalam bahasa Jepang. Selain pola kalimat yang telah dibahas di atas, ada juga pola kalimat lain yang dapat digunakan ketika mengajak seseorang loh! Tentunya terdapat perbedaan dalam penggunaannya. Oleh karena itu, materi kalimat ajakan lainnya akan dibahas pada artikel selanjutnya. Jadi, jangan lupa untuk terus mengecek postingan terbaru dari WKWK Japanese ya!

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!