Pola Kalimat N5: ~ MASHOU (~ましょう)

Mina-san, konnichiwa!

Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari pola kalimat yang digunakan untuk mengajak seseorang dengan bentuk pertanyaan. Kali ini kita akan mempelajari pola kalimat ajakan lainnya, yaitu “~mashou”. Selain digunakan untuk mengajak seseorang, pola kalimat yang akan kita pelajari hari ini juga biasa digunakan untuk merespon ajakan seseorang yang menggunakan pola kalimat masen ka”.

Kalau begitu, langsung saja kita pelajari bersama-sama yuk!

1. Pola Kalimat

~ましょう
~mashou

2. Arti

Ayo ~ / Mari ~

3. Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan untuk mengajak seseorang melakukan suatu kegiatan. Berbeda dengan “~masen ka”, saat menggunakan kalimat ini pembicara sangat yakin bahwa lawan bicara setuju menerima ajakannya. Selain itu, pola kalimat ini biasanya digunakan ketika merespon ajakan dari seseorang.

4. Rumus

5. Contoh Kalimat

一緒に日本語を勉強しましょう!
いっしょににほんごをべんきょうしましょう!
Mari belajar bahasa Jepang bersama!

帰りましょう
かえりましょう
Ayo pulang!

明日、カラオケに行きましょう!
あした、カラオケにいきましょう!
Besok, ayo pergi karaoke!.

日曜日、一緒にジョギングをしましょう!
にちようび、いっしょにジョギングをしましょう!
Hari minggu, ayo jogging bersama!

パンケーキを作りましょう!
パンケーキをつくりましょう!
Ayo buat pancake!

6. Contoh Percakapan

明後日、一緒に夏祭りに行きませんか
あさって、いっしょになつまつりにいきませんか
Lusa, maukah pergi ke festival musim panas bersama?.

ええ、行きましょう!
ええ、いきましょう!
Iya, ayo pergi!

7. Daftar Kosakata

Hari ini kita telah mempelajari pola kalimat ajakan dalam bahasa Jepang yang kedua. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu sudah memahami penggunaan dan perbedaanya dengan pola kalimat ajakan yang telah kita pelajari sebelumnya?

Jadi, perbedaan pola kalimat “~mashou” dan “~masen ka” yaitu:

Pola kalimat  “~mashou” merupakan ajakan di mana pembicara sangat yakin bahwa lawan bicaranya setuju dengan ajakannya, sedangkan pola kalimat “~masen ka” merupakan ajakan di mana pembicara belum yakin apakah lawan bicara yang diajak setuju atau tidak, sehingga bentuk ajakannya berupa pertanyaan.

Sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!