Pola Kalimat N5: ~ GA IMASU / ARIMASU (~います・あります)

Mina-san, ogenki desu ka?

Apakah ada yang sibuk belajar bahasa Jepang untuk persiapan ikut JLPT tahun ini?

Salah satu kemampuan yang harus kamu kuasai agar lulus ujian JLPT yaitu menguasai tata bahasa / pola kalimat. Kali ini admin ingin mengajak kamu belajar bersama mengenai pola kalimat bahasa Jepang dasar yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu “ga imasu/arimasu”.

Pola kalimat ini merupakan pola kalimat yang digunakan untuk menunjukkan keberadaan suatu hal. Berbeda dengan bahasa Indonesia, dalam bahasa Jepang keberadaan benda hidup dan benda mati benar-benar dibedakan. Dan tidak sedikit pembelajar bahasa Jepang yang sering keliru dalam penggunaannya.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan membahas pola kalimat ga imasu/arimasu” yang dilengkapi contoh kalimat, serta daftar kosakata baru yang diharapkan dapat membuat kamu lebih mudah dalam menguasai materi kali ini. Jadi, pastikan kamu membacanya sampai akhir ya!

1. Penggunaan Pola Kalimat ~がいます/あります (ga imasu / arimasu)

Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan keberadaan sesuatu. Partikel GA yang digunakan pada pola kalimat ini berfungsi sebagai penanda subjek. Dan yang termasuk subjek pada pola kalimat ini adalah suatu hal atau seseorang. Ohya, karena terdapat perbedaan antara IMASU dan ARIMASU, mari kita pelajari satu per satu ya!

2. Pola kalimat ~ga imasu

a. Arti

Ada~

b. Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan untuk menunjukkan keberadaan makhluk hidup, yaitu: orang dan hewan. Hewan yang dimaksud adalah hewan yang masih hidup ya! Kalau hewan yang sudah mati seperti daging ayam, daging sapi, ikan dan lain-lain yang sudah ada di supermarket atau pasar harus menggunakan  pola kalimat “~ga arimasu”. Selain itu, hantu juga masuk ke dalam kelompok pola kalimat ini, jadi menggunakan IMASU bukan ARIMASU.

c. Rumus

d. Contoh Kalimat

佐藤さんがいます。
さとうさんがいます
Ada Satou.

がいます。
いぬがいます。
Ada anjing.

幽霊がいます。
ゆうれいがいます。
Ada hantu.

三葉ちゃんがいます。
みつはちゃんがいます。
Ada Mitsuha.

ゴキブリがいます。
Ada kecoak.

e. Bentuk Negatif

Bentuk negatif dari pola kalimat di atas yaitu: ~がいません (~ga imasen). Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan ketidakberadaan makhluk hidup (orang dan hewan).

Contoh kalimat:

山田さんがいません。
やまださんがいません。
Tidak ada Yamada.

がいません。
ねこがいません。
Tidak ada kucing.

f. Kalimat Tanya

1) Kalimat Tanya 1

Seperti yang telah dibahas pada artikel “Pola Kalimat N5 : A wa B desu ka” kalimat pernyataan dapat diubah menjadi kalimat pertanyaan hanya dengan menambahkan partikel (ka) di akhir kalimat. Mudah kan?

Contoh kalimat: 

瀧さんがいますか。
たきさんがいますか。
Apakah ada Taki?

Cara menjawab 

Jika “ada”:

はい、います。
Iya, ada.

Jika “tidak ada:

いいえ、いません。
Tidak, tidak ada

2) Kalimat Tanya 2

Rumus:

Kata tanya yang digunakan:
Untuk manusia: (dare) : siapa?
Untuk hewan: (nani) : apa?

Contoh kalimat:

誰がいますか。
だれがいますか。
Ada siapa?

何がいますか。
なにがいますか。
Ada (hewan) apa?

3. Pola Kalimat ga arimasu

a. Arti

Ada~

b. Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan keberadaan benda mati atau tumbuh-tumbuhan. Meskipun tumbuh-tumbuhan merupakan makhluk hidup namun, karena tumbuhan tidak bergerak dan tidak berpindah tempat maka tumbuhan juga menggunakan pola kalimat “ga arimasu”

c. Rumus

d. Contoh Kalimat

があります。
つくえがあります。
Ada meja.

郵便局があります。
ゆうびんきょくがあります。
Ada kantor pos.

喫茶店があります。
きっさてんがあります。
Ada kafe.

桜の木があります。
さくらのきがあります。
Ada pohon sakura.

いちごがあります。
Ada stroberi.

e. Bentuk Negatif

Bentuk negatif dari pola kalimat di atas yaitu: ~がありません (ga arimasen). Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan ketidakberadaan benda mati dan tumbuh-tumbuhan.

Contoh kalimat:

お金がありません。
おかねがありません。
Tidak ada uang.

みかんがありません。
Tidak ada jeruk.

f.  Kalimat Tanya

1) Kalimat Tanya 1

Kalimat pernyataan dapat diubah menjadi kalimat pertanyaan untuk mengkonfirmasi sesuatu hanya dengan menambahkan partikel (ka) di akhir kalimat.

Contoh kalimat:

椅子がありますか。
いすがありますか
Apakah ada kursi?

Cara menjawab:

Jika “ada”:

はい、あります。
Iya, ada.

Jika “tidak ada:

いいえ、ありません。
Tidak, tidak ada.

2) Kalimat Tanya 2

Untuk pola kalimat “ga arimasu”, saat menanyakan keberadaan baik benda mati maupun tumbuhan menggunakan kata tanya yang sama yaitu なに (nani).

がありますか。
なにがありますか。
Ada apa?

4. Daftar Kosakata

Bagaimana materi pada artikel kali ini?

Apakah kamu sudah paham materi pola kalimat yang menggunakan IMASU dan ARIMASU yang telah kita pelajari tadi ?

Meskipun dua pola kalimat tersebut memiliki fungsi dan arti yang sama, ternyata terdapat perbedaan dalam penggunaannya. Oleh karena itu, saat menggunakannya harus teliti dan agar tidak tertukar. Untuk meningkatkan kemampuanmu, jangan lupa untuk selalu membuat beberapa kalimat sendiri setelah mempelajari materi pola kalimat baru ya!

Semoga penjelasan mengenai pola kalimat di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Nantikan artikel WKWK Japanese berikutnya ya!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!