Kata Kerja -MASU, -MASEN, -MASHITA, -MASEN DESHITA

Kata kerja merupakan salah satu aspek yang penting dalam pembentukan kalimat. Dalam bahasa Jepang, kata kerja sering mengalami perubahan dipengaruhi oleh waktu, tingkat kesopanan dan lain sebagainya. Penguasaan perubahan bentuk kata kerja sangat penting karena arti dari kosakata akan ikut berubah sesuai dengan bentuk perubahannya.

Kali ini WKWK JAPANESE ingin mengajak kamu belajar beberapa perubahan bentuk kata kerja bahasa Jepang yang dasar dan wajib dikuasai bagi kamu yang baru mulai belajar bahasa Jepang.

Kalau begitu, langsung saja kita pelajari bersama-sama yuk!

1. Kata Kerja Bentuk -MASU

a. Penjelasan

Kata kerja bentuk -MASU merupakan kata kerja yang digunakan ketika menyatakan suatu kebiasaan, suatu kenyataan atau suatu kegiatan yang akan dilakukan baik di masa sekarang maupun di masa depan. Untuk penjelasan yang lebih lengkap mengenai kata kerja bentuk -MASU, bagi yang belum membacanya silahkan baca artikel “Kata Kerja Bentuk Kamus dan Bentuk -Masu” terlebih dahulu ya!

b. Contoh Kalimat

毎朝、4時に起きます
まいあさ、4じにおきます
Setiap pagi bangun pada pukul 4:00.

明日、山を登ります
あした、やまをのぼります
Besok, (saya) akan mendaki gunung.

2. Kata Kerja Bentuk -MASEN

a. Penjelasan

Kata Kerja bentuk -MASEN merupakan kata kerja bentuk negatif dari kata kerja bentuk -MASU. Kata kerja ini digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan tidak akan dilakukan di masa sekarang atau di masa depan.

b. Cara Mengubah kata kerja bentuk -MASU ke bentuk -MASEN

Untuk mengubah kata kerja bentuk positif atau akhiran -MASU menjadi kata kerja bentuk -MASEN, caranya sangat mudah, yaitu:

Hilangkan akhiran -MASU

Lalu ganti dengan akhiran -MASEN

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat beberapa contoh pada tabel di bawah ini!

c. Contoh Kalimat

明日、働きません
あした、はたらきません
Besok, (saya) tidak akan bekerja.

今日、テンペを食べません
きょう、テンペをたべません
Hari ini saya tidak akan makan tempe.

3. Kata Kerja Bentuk -MASHITA

a. Penjelasan

Kata kerja bentuk -MASHITA adalah kata kerja bentuk positif lampau yang sopan, sehingga dapat digunakan kepada siapapun. Kata kerja ini digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan telah dilakukan di masa lampau.

b. Cara Mengubah kata kerja bentuk -MASU ke bentuk -MASHITA

Untuk mengubah kata kerja bentuk -MASU menjadi kata kerja bentuk positif lampau atau bentuk -MASHITA caranya sangat mudah, yaitu:

Hilangkan akhiran -MASU

Lalu ganti dengan akhiran -MASHITA.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat beberapa contoh pada tabel di bawah ini!

c. Contoh Kalimat

昨日、みかんを食べました
きのう、みかんをたべました
Kemarin, (saya) sudah makan jeruk.

先週、京都へ行きました
せんしゅう、きょうとへいきました
Minggu lalu (saya) sudah pergi ke Kyoto.

4. Kata Kerja Bentuk -MASEN DESHITA

a. Penjelasan

Kata kerja bentuk -MASEN DESHITA merupakan kata kerja bentuk negatif lampau. Kata kerja ini digunakan untuk menyatakan bahwa suatu kegiatan tidak dilakukan di masa lampau.

b. Cara Mengubah kata kerja ke bentuk -MASEN DESHITA

Untuk mengubah kata kerja ke bentuk negatif lampau sangatlah mudah, yaitu:

Gunakan kata kerja -MASEN

Lalu tambahkan DESHITA.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat beberapa contoh pada tabel di bawah ini!

c. Contoh Kalimat

一昨日、学校へ行きませんでした
おととい、がっこうへいきませんでした
Kemarin dulu, (saya) tidak pergi ke sekolah.

年、ロイドさんはドイツへ帰りませんでした
きょねん、ロイドさんはドイツへかえりませんでした
Tahun lalu, Loid tidak pulang ke Jerman.

*Jika dilihat pada kata kerja bentuk negatif lampau, saat diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya sama dengan kata kerja bentuk negatif non lampau. Akan tetapi, kita dapat memahaminya dengan melihat akhiran kata kerja dan kata keterangan waktu yang digunakan misalnya: kinou,ototoi, senshuu dan lain-lain.

5. Daftar Kosakata

Itulah penjelasan mengenai beberapa perubahan kata kerja bahasa Jepang yang wajib dikuasai oleh pembelajar pemula bahasa Jepang. Setelah membaca penjelasan dan beberapa contoh kalimat yang ada di atas, bagaimana menurutmu jika kita salah mengubah akhiran kata kerja? Apakah tidak berpengaruh apa-apa? Nah, benar sekali!

Itulah mengapa penguasaan perubahan bentuk kata kerja bahasa Jepang sangat penting. Beberapa bentuk kata kerja yang telah dijelaskan di atas merupakan bentuk kata kerja yang sopan, sehingga dapat kamu gunakan di berbagai situasi dan terhadap siapapun.

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan dapat membantu kamu dalam proses belajar bahasa Jepang.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!