Pola Kalimat N5: ~ TE IMASU (SEDANG) (~ています)

Saat mempelajari bahasa Jepang terdapat berbagai perubahan bentuk kata kerja yang dipengaruhi oleh keterangan waktu kapan seseorang melakukan suatu kegiatan. Dengan menggunakan bentuk kata kerja yang benar, tanpa mengatakan kata keterangan waktu (seperti: kemarin, hari ini atau besok) lawan bicara akan dapat memahami apakah suatu kegiatan akan dilakukan, sedang dilakukan atau sudah dilakukan.

Pada artikel sebelumnya telah membahas salah satu pola kalimat yang menggunakan kata kerja bentuk-TE dalam pembuatan kalimatnya, yaitu “~te kudasai”. Apakah kamu sudah membaca artikelnya?

Kali ini WKWK JAPANESE ingin mengajak kamu belajar pola kalimat yang menggunakan “Kata Kerja Bentuk-TE” lagi nih! Pola kalimat hari ini yaitu “~te imasu”.  Kira-kira fungsi pola kalimat ini untuk apa ya?  Ayo kita pelajari bersama-sama!

1. Pola Kalimat

~ています
~te imasu

2. Arti

Sedang….(melakukan sesuatu)

3. Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan/menunjukkan kegiatan yang sedang berlangsung/sedang dilakukan. Bentuk ~te imasu merupakan bentuk kalimat yang sopan sehingga dapat digunakan kepada siapapun. Sementara bentuk kalimat yang lebih kasual dan biasa digunakan pada percakapan santai antara keluarga atau teman yang sudah akrab menggunakan bentuk ~te iru. Sebagai informasi tambahan, seringkali saat digunakan dalam percakapan huruf “i” pada kata imasu tidak digunakan dan menjadi ~te masu atau ~te ru.

4. Rumus

5. Contoh Kalimat

真白くんは絵を描いています。
ましろくんはえをかいています。
Mashiro sedang menggambar.

母は料理を作っています。
はははりょうりをつくっています。
Ibuku sedang memasak.

ナシャちゃんは踊っています。
ナシャちゃんはおどっています
Nasya sedang menari.

私はアニメを見ています。
わたしはアニメをみています。
Saya sedang menonton anime.

唯さんは歌を歌っています。
ゆいさんはうたをうたっています。
Yui sedang menyanyikan lagu/bernyanyi.

6. Daftar Kosakata

Demikianlah pembahasan mengenai pola kalimat “~te imasu”. Melalui beberapa contoh kalimat yang telah disajikan di atas, diharapkan kamu dapat memahami materi tadi dengan baik dan mampu untuk membuat kalimat sendiri menggunakan pola kalimat ~te imasu. Latihan membuat kalimat sendiri sangat penting untuk kemajuan kemampuan bahasa Jepangmu, jadi coba buat kalimat sendiri ya!

Sekian informasi yang dapat WKWK JAPANESE bagikan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan dapat membantu kamu dalam belajar bahasa Jepang.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!