Pola Kalimat N5: ~ GA HOSHII DESU (~が欲しいです)

Sebagai manusia sudah sewajarnya ada rasa ingin ini dan itu. Meskipun sudah memiliki sesuatu yang diinginkan sebelumnya pasti akan muncul lagi keinginan yang lain juga. Iya kan? Materi yang akan dibahas pada artikel kali ini berhubungan dengan keinginan nih, yaitu ~ ga hoshii!

Dalam bahasa Jepang ada beberapa pola kalimat yang digunakan untuk menyatakan keinginan seseorang dan orang lain. Kali ini ayo belajar pola kalimat keinginan yang pertama yuk!

1. Pola Kalimat

~が欲しいです
~がほしいです
~ga hoshii desu

2. Arti

Ingin ~

3. Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan/mengungkapkan keinginan untuk memiliki suatu hal. Hal yang diinginkan berupa kata benda. Selain untuk mengungkapkan keinginan sendiri, pola ini dapat digunakan ketika menanyakan keinginan dari lawan bicara. Pada pola kalimat ini menggunakan partikel (ga) yang berfungsi sebagai penunjuk objek yang diletakkan di depan objek. Kata 欲しい(hoshii) pada pol aini merupakan kata sifat-i.

4. Rumus

5. Contoh Kalimat ~ Ga Hoshii

私はお金が欲しいです。
わたしはおかねがほしいです。
Saya ingin uang.

私は車が欲しいです
わたしはくるまがほしいです
Saya ingin mobil.

私は時計が欲しいです
わたしはとけいがほしいです
Saya ingin jam.

私は軽い靴が欲しいです
わたしはかるいくつがほしいです
Saya ingin sepatu yang ringan.

私は家が欲しいです。
わたしはうちがほしいです
Saya ingin rumah.

6. Contoh Percakapan

Selain untuk menyatakan keinginan sendiri, pola kalimat ini dapat digunakan untuk menanyakan keinginan lawan bicara loh! Silahkan lihat contoh percakapan singkat di bawah ini ya!

Contoh Percakapan 1:

あなたは恋人が欲しいですか
あなたはこいびとがほしいですか
Apakah anda ingin pacar?

Jika jawabannya iya:

はい、欲しいです。
はい、ほしいです。
Iya, saya ingin.

Jika jawabannya tidak:

いいえ、欲しくないです。
いいえ、ほしくないです。
Tidak, saya tidak ingin.

Masih ingat cara mengubah kata sifat-i ke bentuk negatif? Yang belum tahu silahkan cek artikel  “KB wa KS dewa arimasen/-kunai desu” ya! ?

Contoh Percakapan 2:

今、何が一番欲しいですか。
いま、なにがいちばんほしいですか。
Apa yang paling kamu inginkan sekarang?

小説が欲しいです
しょうせつがほしいです
Saya ingin novel.

7. Daftar Kosakata

Nah, tadi kamu sudah menyimak pembahasan mengenai pola kalimat keinginan terhadap benda. Apakah kamu sudah paham? Coba buat kalimat sendiri menggunakan materi di atas dengan mengungkapkan hal-hal apa saja yang kamu inginkan!

Jangan lupa pola kalimat ini hanya dapat digunakan untuk mengungkapkan keinginan sendiri dan bertanya keinginan lawan bicara saja.

Semoga penjelasan mengenai pola kalimat atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Isshoni benkyou shite kurete, arigatou gozaimashita! ?
(Terima kasih sudah belajar bersama).

Kelas Intensif Bahasa Jepang

Oh iya, kalau mina-san ingin tahu lebih detail tentang pembahasan ini atau mungkin ingin belajar Bahasa Jepang dengan guru agar bisa berinteraksi langsung?

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!