Pola Kalimat N5: ~ TE KUDASAI (~てください)

Mina-san, konnichiwa!

Apakah kamu tidak pernah meminta tolong kepada orang lain? Pasti pernah ya! Karena pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain. Lalu bagaimana cara meminta tolong kepada seseorang dalam bahasa Jepang?

Melalui artikel kali ini WKWK Japanese ingin mengajak kamu belajar cara membuat kalimat yang digunakan ketika meminta tolong kepada orang lain dengan sopan.

Baiklah, mari kita mulai belajar bersama!

1. Pola Kalimat

~てください
~te kudasai

2. Arti

Tolong ~ / Silakan ~

3. Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan ketika meminta, menginstruksikan atau mempersilahkan seseorang untuk melakukan suatu kegiatan dengan sopan. Kata kerja yang digunakan pada pola kalimat ini yaitu kata kerja bentuk-TE, untuk itu sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya silahkan baca materi “Perubahan Kata Kerja Bentuk -TE” ya!

Jika kamu ingin menggunakan pola kalimat ini kepada teman akrab atau yang lebih muda, kamu bisa menggunakan bentuk yang lebih kasual yaitu dengan menghilangkan “kudasai”.

4. Rumus

5. Contoh Kalimat

いてください。
いてください。
Tolong/silahkan dengarkan.

日本語を教えてください。
にほんごをおしえてください。
Tolong ajarkan bahasa Jepang.

ちょっと待ってください。
ちょっとまってください
Tolong tunggu sebentar.

どうぞケーキを食べてください
どうぞケーキをたべてください
Silahkan makan kuenya.

すみませんが、もう一回説明してください
すみませんが、もういっかいせつめいしてください
Mohon maaf, tolong jelaskan sekali lagi.

りんごを切ってください。
りんごをきってください。
Tolong potong apel.

6. Daftar Kosakata

Itulah tadi penjelasan mengenai pola kalimat yang dapat digunakan ketika kamu ingin meminta tolong, menginstruksikan seseorang melakukan suatu kegiatan. Pola kalimat ini akan terasa sangat mudah jika kamu telah menguasai cara mengubah kata kerja bahasa Jepang ke bentuk-TE. Setelah membaca artikel ini, silahkan coba buat kalimat sendiri menggunakan pola kalimat yang telah kita pelajari hari ini ya! Banyak latihan membuat kalimat sendiri dapat membuat kamu menguasai pola kalimat baru dengan cepat loh!

Semangat belajar dan jangan pernah bosan belajar bersama WKWK Japanese ya! ?

Semoga penjelasan mengenai pola kalimat atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!