Apa Itu NAT-TEST (Ujian Alternatif JLPT)

Konnichiwa, mina-san! Terima kasih telah mengunjungi situs web WKWK JAPANESE.

Kali ini kita akan membahas ujian untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang mina-san loh! Di antaranya ada JLPT, JFT-Basic, NAT-TEST, dan J-TEST. Mina-san ada yang sudah pernah dengar tentang ujian yang disebutkan tadi belum ya? Sebelumnya kita sudah membahas tentang JFT-Basic, buat mina-san yang belum baca, silakan klik tautan di atas ya!

Pada artikel kali ini, kita akan khusus membahas tentang NAT-TEST! Buat mina-san yang belum tahu apa itu NAT-TEST, yuk simak pembahasannya di bawah ini ya~!

Mengenal NAT-TEST

NAT-TEST layaknya JLPT dan JFT-Basic adalah ujian untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang bagi orang yang tidak menggunakan bahasa Jepang sebagai bahasa ibu.

Ujian ini diselenggarakan oleh SENMON KYOUIKU, suatu lembaga swasta yang bermarkas di Shinjuku, Jepang, yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 1989. NAT-TEST menjadi suatu alternatif untuk seseorang yang membutuhkan sertifikasi bahasa Jepang secara tanpa tanpa harus menunggu enam bulan lamanya seperti JLPT yang hanya dilakukan dua kali dalam setahun.

Kenapa Harus NAT-TEST

NAT-TEST juga memiliki lima tingkat kesulitan seperti JLPT, yakni Level 5 sebagai yang termudah hingga Level 5 yang paling sulit. Sejumlah alasan mengapa NAT-TEST adalah pilihan yang tepat, adalah:

Butuh Cepat

NAT-TEST dapat menjadi alternatif bagi orang yang memerlukan sertifikasi bahasa Jepang secepatnya. NAT-TEST sendiri dilaksanakan dua bulan sekali, yang berarti 6 kali dalam setahun. Sehingga, NAT-TEST adalah pilihan yang tepat untuk orang-orang yang demikian. Terlebih untuk orang yang akan berkuliah atau bekerja di Jepang, namun menunggu JLPT tidak memungkinkan, maka ini bisa menjadi salah satu alternatif yang pas. Beberapa universitas di Jepang kini telah mengakui NAT-TEST sebagai tolok ukur kemampuan berbahasa Jepang orang asing.

Sebagai Persiapan JLPT

Karena JLPT hanya dilaksanakan dua kali dalam setahun, selain mengerjakan contoh-contoh soal ujian dari buku atau soal-soal terdahulu, NAT-TEST juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang untuk latihan atau mempersiap diri menghadapi JLPT yang sesungguhnya. Untuk universitas dan perusahaan yang masih belum menerima NAT-TEST sebagai tolok ukur kemampuan bahasa Jepang, mau tidak mau JLPT tetap harus ditempuh. Untuk meningkatkan persentase kelulusan JLPT, pengerjaan NAT-TEST akan sangat membantu.

Pelaksanaan dan Pendaftaran

NAT-TEST dilaksanakan dua bulan sekali, enam kali per tahun. Untuk pendaftaran bisa dilakukan di situs resmi NAT-TEST. Batas akhir pendaftaran ujian adalah 30 hari sebelumnya. Bila ingin mengikuti ujian pada bulan 10 Desember, maka batas waktu pendaftaran adalah 10 November.

Biaya NAT-TEST

Walau pun isinya kurang lebih sama dengan JLPT, harganya tidaklah sama karena NAT-TEST diselenggarakan oleh pihak swasta. Sehingga, biaya pendaftaran NAT-TEST cukup mahal dibandingkan dengan JLPT. Dan meski ada lima tingkat kesulitan, biaya untuk masing-masing level sama, yakni 500.000 Rupiah.

Tingkat Kesulitan

Dilansir dari situs web resmi NAT-TEST, dapat disimpulkan kemampuan yang diperlukan untuk masing-masing level adalah seperti pada tabel berikut.

JumlahLevel 1Level 2Level 3Level 4Level 5
漢字 (kanji) Total1.8501.100650300100
漢字 (kanji) Baru750450350200100
語彙 (kosakata) Total10.0005.9003.3501.700750
語彙 (kosakata) Baru4.1002.2501.650950750
勉強時間 (masa belajar)1.000 Jam800 Jam600 Jam400 Jam200 Jam

Jumlah tersebut mungkin terdengar cukup fantastis. Namun mina-san tidak perlu khawatir, karena orang yang sudah profesional sekali pun dahulu adalah orang yang tidak bisa apa-apa. Mina-san hanya perlu konsisten dalam belajar, sedikit demi sedikit. Dengan begitu, pembelajaran takkan terasa penat dan takkan terasa memberatkan.

Pengumuman Kelulusan

Hasil ujian akan diumumkan di situs web resmi NAT-TEST paling lambat tiga pekan setelah pelaksanaan ujian, berbeda dengan JLPT yang memerlukan waktu dari satu hingga dua bulan lamanya. Sertifikat kelulusan juga akan dikirimkan ke rumah masing-masing peserta, sehingga peserta tidak perlu repot-repot mengambil sertifikat kelulusan ke tempat penyelenggaraan NAT-TEST.

Tips Lulus NAT-TEST

Konsisten

Supaya bisa lulus NAT-TEST untuk level yang mina-san kehendaki, mina-san perlu konsistensi dalam belajar. Baik itu setengah jam per hari, satu jam per hari, dua jam per hari, yang penting mina-san konsisten mengikuti jadwal yang mina-san tentukan sendiri.

Pakai Buku Khusus NAT-TEST

Selain itu, mina-san juga sebaiknya pakai buku yang bagus dan terbukti keabsahannya. Untuk penyelenggara NAT-TEST sendiri telah mengeluarkan buku resmi mereka yang berisi soal-soal ujian sebagai kisi-kisi yang bisa membantu mina-san dalam mengerjakan soal-soal ujian nantinya. Namun, belajar dengan buku-buku JLPT juga tidak menjadi masalah sebab keduanya memang serupa.

Sering Latihan Mengerjakan Tes

Setelah bergulat lama mempelajari teori, mina-san juga harus sering-sering praktek mengerjakan contoh-contoh soal. Mulai dari buku, soal-soal yang tersebar di toilet, atau mencoba menjawab bersama sensei di Youtube dan yang sejenisnya.

Belajar dengan Guru

Mina-san bisa belajar sendiri asalkan memakai buku yang tepat dan metode belajar yang pas. Namun, alangkah baiknya mina-san punya guru yang berkompeten untuk membantu mina-san belajar, membantu mengoreksi ketika mina-san salah paham akan materi pembelajaran. Selain itu, belajar dengan guru bisa membuat mina-san merasa disiplin dan merasa semangat untuk belajar.

Sekian untuk artikel tentang NAT-TEST kali ini. Semoga bisa mudah dipahami dan bisa bermanfaat bagi mina-san yang belum tahu tentang NAT-TEST atau akan segera mengikuti NAT-TEST. Kalau begitu, kita akhiri sampai di sini ya.

読んでくれてありがとうございます!
(Yonde kurete arigatou gozaimasu)
Terima kasih telah membaca!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!