Mengenal JFT-Basic! (Ujian Setara N4)

Konnichiwa, mina-san! Terima kasih telah mengunjungi situs web WKWK Japanese.

Kali ini kita akan membahas salah satu ujian untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang mina-san loh! Di antaranya ada JLPT, JFT-Basic, NAT-TEST, dan J-TEST. Mina-san ada yang sudah pernah dengar tentang ujian yang disebutkan tadi belum ya? Sebelumnya kita sudah membahas tentang JLPT, buat mina-san yang belum baca, silakan klik tautan di atas ya!

Pada artikel kali ini, kita akan khusus membahas tentang JFT ya! Buat mina-san yang belum tahu apa itu JFT, yuk simak pembahasannya setelah berikut!

Mengenal JFT-Basic

JFT-Basic adalah singkatan dari Japan Foundation Test for Basic Japanese (Ujian Japan Foundation untuk Bahasa Jepang Dasar). JFT-Basic ini ditujukan untuk pembelajar bahasa Jepang asing yang tidak menggunakan bahasa Jepang sebagai bahasa ibu.

JFT-Basic digunakan untuk mengukur kemampuan yang diperlukan dalam percakapan sehari-hari, atau dengan kata lain apakah peserta mampu berkomunikasi di Jepang tanpa kesulitan atau tidak.

Kenapa Harus JFT-Basic?

Sebelumnya telah kita bahas bahwa JLPT digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Jepang secara umum, mulai dari N5 yang paling rendah hingga N1 yang paling sulit, dengan pengukuran yang komprehensif. Lain halnya dengan JFT-Basic yang hanya mengukur kemampuan penting dalam percakapan sehari-hari seseorang yang akan bekerja di Jepang. Biasanya peserta JFT-Basic adalah orang-orang yang akan bekerja di Jepang sebagai SSW (Specified Skilled Workers).

Sebetulnya JFT-Basic bisa digantikan dengan JLPT N4, namun JLPT dildaksanakan hanya dua kali dalam setahun, sehingga JFT-Basic menjadi pilihan yang tepat apabila ingin segera mendapatkan sertifikat yang diperlukan untuk bekerja di Jepang. Terlebih lagi peserta JFT-Basic yang tidak lulus, dapat mengikuti tes kembali dengan jarak minimal 45 hari saja, tanpa harus menunggu setengah tahun seperti JLPT.

Sertifikat atau notifikasi hasil JFT-Basic juga hanya memerlukan waktu 5 hari kerja saja sejak pelaksanaan ujian, sehingga dari sisi waktu JFT-Basic lebih unggul dibandingkan JLPT.

* PENTING
Bila mina-san ingin bekerja di Jepang lewat jalur 特定技能 (tokutei ginou) atau SSW (Specified Skilled Workers), maka salah satu syarat untuk mendapatkan visanya adalah dengan sertifikat kelulusan JLPT N4 atau JFT-Basic. (klik tautan untuk mengetahui apa itu JLPT secara detail)

Tingkat Kesulitan JFT-Basic

JFT-Basic adalah ujian yang didasarkan pada JF Standard, yang juga merupakan pengembangan dari kerangka pembelajaran bahasa-bahasa di Eropa (CEFR: Common European of Reference for Languages: Learning, teaching, assessment) yang terbagi menjadi 6 tingkat kemahiran, yakni A1 dan A2 (pengguna bahasa level dasar), B1 dan B2 (pengguna bahasa mandiri), dan C1 dan C2 (pengguna bahasa mahir).

* Dilansir dari situs resmi Japan Foundation. https://www.jpf.go.jp/jft-basic/id/about/index.html#se01

Kemampuan yang akan diukur dalam JFT-Basic hanya hingga tingkat A2 saja, yang mana tingkat tersebut kurang lebih setara dengan tingkat kesulitan JLPT N4.

JFT-Basic juga dibagi menjadi empat bagian, yakni “huruf dan kosakata”, “percakapan dan ungkapan”, “pendengaran” dan “pemahaman bacaan”.

Pelaksanaan dan Pendaftaran

JFT-Basic dilaksanakan per periode yang panjangnya 2 bulan. Bagi yang tidak lulus ujian, bisa mengikuti kembali ujian dalam periode yang sama, namun harus menunggu minimal 45 hari. Pendaftaran JFT-Basic dilaksanakan sebelum periode ujian berlangsung. Misalnya untuk periode ujian bulan Juni hingga Agustus, pendaftarannya dibuka pada bulan Mei.

Periode ujian untuk tahun 2023 dapat dilihat di sini. Akan tetapi jadwal bisa berubah sewaktu-waktu, sehingga mina-san harus mempersiapkan untuk kemungkinan terburuk.

Untuk mendaftar ikut JFT-Basic, silakan masuk ke situs web ini ya.

Biaya JFT-Basic

Berbeda dengan JLPT yang memiliki 5 tingkat kesulitan dengan harga yang berbeda-beda, JFT-Basic hanya memiliki satu kesulitan (A2), sehingga harganya hanya satu, yakni 400.000 Rupiah.

Syarat Kelulusan

Total nilai keseluruhan JFT-Basic adalah 250 poin. Sedangkan standar kelulusan dalam JFT-Basic adalah 200 poin. Berbeda dengan JLPT yang mempunyai standar nilai keseluruhan dan standar nilai tiap bagian, JFT-Basic menentukan kelulusan hanya dari nilai keseluruhan saja. Asalkan nilai keseluruhan di atas 200, maka peserta dinyatakan lulus ujian.

Pengumuman Kelulusan

Berbeda dengan JLPT yang harus menunggu berbulan-bulan untuk mengetahui hasil ujian, nilai JFT-Basic dapat dilihat langsung setelah ujian dilaksanakan. Namun peserta harus menunggu 5 hari kerja untuk notifikasi hasil ujian resmi yang bisa dicetak dan dimanfaatkan oleh peserta.

Tips Lulus JFT-Basic

Konsisten

Supaya lulus JFT, mina-san perlu konsistensi dalam belajar. Baik itu setengah jam per hari, satu jam per hari, dua jam per hari, yang penting mina-san konsisten mengikuti jadwal yang mina-san tentukan sendiri.

Pakai Buku Khusus JFT

Selain itu, mina-san juga sebaiknya pakai buku yang bagus dan terbukti keabsahannya. Untuk JFT sendiri ada beberapa buku dari pemerintah Jepang yang bisa dipakai, di antaranya adalah Marugoto dan Irodori. Buku Irodori seluruh soft filenya dapat diundur secara gratis di situs web resminya, mulai dari buku, daftar kanji, daftar kosakata, hingga berkas audio.

Sering Latihan Mengerjakan Tes

Setelah bergulat lama mempelajari teori, mina-san juga harus sering-sering praktek mengerjakan contoh-contoh soal. Sebaiknya mina-san mengerjakan contoh-contoh soal yang berkaitan dengan JFT-Basic setelah mengerjakan contoh ujian di situs web resmi JFT-Basic.

Belajar dengan Guru

Mina-san bisa belajar sendiri asalkan memakai buku yang tepat dan metode belajar yang pas. Namun, alangkah baiknya mina-san punya guru yang berkompeten untuk membantu mina-san belajar, membantu mengoreksi ketika mina-san salah paham akan materi pembelajaran. Selain itu, belajar dengan guru bisa membuat mina-san merasa disiplin dan merasa semangat untuk belajar.

Sekian untuk artikel tentang JFT-Basic kali ini. Semoga bisa mudah dipahami dan bisa bermanfaat bagi mina-san yang belum tahu tentang JFT-Basic atau akan segera mengikuti JFT-Basic. Kalau begitu, kita akhiri sampai di sini ya.

読んでくれてありがとうございます!
(Yonde kurete arigatou gozaimasu)
Terima kasih telah membaca!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!