Jenis-jenis Teh yang Ada di Jepang

Jepang merupakan negara dengan beragam budaya yang unik salah satunya adalah budaya minum teh atau sado. Sado merupakan upacara minum teh dengan serangkaian tradisi di dalamnya, upacara tersebut sudah dilakukan berabad-abad lalu oleh orang Jepang. Untuk melakukan sado orang Jepang akan menggunakan bubuk teh hijau atau matcha, berdasarkan tradisi tersebut ilmuwan Jepang mengembangkan cara menanam dan mengkonsumsi matcha dengan baik, sehingga Jepang menjadi negara penghasil matcha terbaik dunia. Tapi apakah kalian tahu bahwa di Jepang tidak hanya menghasilkan matcha, tetapi masih banyak jenis teh yang tumbuh dan dikonsumsi oleh orang Jepang dengan segudang manfaat apabila kita mengonsuminya. 

Oh iya, minasan jangan lupa baca juga artikel sebelumnya, ya!

Yuk mari kita bahas macam-macam teh yang ada di Jepang dan manfaatnya:

Ryokucha (Teh Hijau)

Teh hijau merupakan teh andalan orang Jepang, dan hampir semua orang Jepang biasa meminum teh hijau. Tetapi ternyata teh hijau di Jepang terdapat berbagai macam variasi loh. Selain itu teh hijau dibagi menjadi tiga tingkatan utama. Tingkat tertinggi adalah gyokuro, ditanam di tempat teduh setidaknya selama 20 hari dan dipetik pada saat panen teh putaran pertama. Berikutnya, sencha, teh paling umum ini juga dipetik lebih awal, tetapi tidak ditanam di tempat teduh. Kemudian, teh yang paling kasar adalah bancha, dipanen terakhir dan dianggap berkualitas rendah, tetapi rasanya tetap nikmat.

Gyokuro

Gyokuro merupakan teh bagi kalangan kelas atas. Teh ini diolah dari tencha (jenis daun teh). Warnanya hijau agak pucat dan memiliki aromanya yang wangi. Aromanya lah yang membuat teh ini berkelas. Sebab, aroma teh ini tercium seperti rumput laut yang mengandung banyak glutamic acid.

Rasa dari teh asal Jepang ini tergolong unik, karena gurih, asin dan manis. Di Jepang, mereka menyebutnya umami. Pada masa lampau, pembuatan gyokuro dipilin satu persatu oleh para tenaga kerja. Teh yang dipilin harus benar-benar lurus, kecil, seperti jarum, dan harus perlahan-lahan agar tidak merusak bentuk tehnya. Tetapi, di era modern saat ini banyak yang sudah menggunakan mesin dengan kecepatan tertentu untuk tetap mempertahankan bentuk dari teh tersebut. Inilah yang membuat gyokuro menjadi sangat mahal di Jepang.

Harga gyokuro di Jepang diperkirakan sebesar 5 sampai 25 juta rupiah per kilogramnya. Hal ini dikarenakan teh gyokuro merupakan teh yang sangat berkualitas tinggi.

Gyokuro mengandung kafein lebih tinggi dari teh lainnya, karena diproduksi menggunakan daun teh kualitas terbaik. Namun, terdapat perbedaan antara kafein yang akan Anda konsumsi dalam kopi dibandingkan dengan teh. Karena tanin dalam asam amino, melepas kafein ke dalam tubuh secara bertahap sepanjang hari. Jadi, kafein dalam teh bertindak sebagai stimulan pemberi energi yang lebih sehat daripada kafein dalam kopi. Hal ini memastikan bahwa kamu dapat menikmati keadaan sehat dalam jangka panjang, tanpa merasa deg-degan. Selain itu gyokuro juga mengandung zat aktif berupa katekin. Zat ini berfungsi untuk mengurangi risiko pembekuan darah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke. Gyokuro juga memiliki antioksidan. Tetapi, antioksidan yang dihasilkan memang sangatlah tinggi sehingga dapat membakar lemak yang ada di tubuh. Selain itu antioksidan di dalamnya juga membantu menjaga metabolisme tubuh.

Sencha

Teh sencha merupakan teh hijau yang sangat populer di Jepang. Kamu bisa menemukan teh ini di mana saja, karena 80% orang di Jepang mengonsumsi teh ini. Teh asal Jepang ini berwarna kuning kehijauan dan memiliki rasa yang tidak terlalu pahit. Kamu dapat menikmati teh ini dalam keadaan panas maupun dingin. Setelah dipetik, pemrosesan sencha dimulai dengan mengukus daun teh yang segar dengan cepat, untuk mencegah oksidasi dan mengunci warna dan rasa teh hijaunya. Daunnya kemudian digulung, dibentuk, dan dikeringkan dengan paparan sinar matahari.

Teh sencha dengan kandungan antioksidan memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Antioksidan dalam teh ini dapat melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat selanjutnya adalah membantu mengontrol berat badan. Jika kamu sering mengonsumsi teh ini dua kali sehari, kondisi berat badan kamu akan tetap terjaga dan terlihat langsing. Selanjutnya membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, yang dapat menyebabkan penurunan risiko gagal jantung. Teh ini dianggap memiliki senyawa sulforaphane yang baik untuk mengatur kadar gula darah.

Bancha

Meskipun teh ini memiliki tingkatan paling rendah diantara kedua teh diatas, bukan berarti teh ini tidak mempunyai manfaat. Teh ini memiliki tekstur daun yang kasar dan harganya yang lebih murah dari sencha. Teh ini banyak diminum oleh masyarakat Jepang saat musim gugur. Daun bancha cenderung lebih lebar daripada sencha namun rasa dari keduanya cenderung sama. Warna dari daun bancha ini juga lebih sedikit gelap.

Teh asal Jepang satu ini dipanen setelah daun teh menua, yang artinya daun teh ini memiliki waktu lebih lama untuk dipanen. Bancha juga memiliki lebih sedikit kafein dibanding sencha, karena waktu panen yang lebih lama, membuat kafein berkurang secara alami. Tetapi manfaat bancha hampir sama dengan sencha, namun kadar kafeinnya saja yang lebih rendah. Selain itu teh ini baik untuk menjaga mineral dalam tubuh. Mineral ini berperan dalam memproduksi enzim tubuh dan stabilnya saraf.

Matcha

Matcha terbuat dari daun teh hijau berkualitas tinggi yang ditanam di tempat teduh kemudian digiling hingga halus hingga mirip seperti tepung. Matcha ini sangat populer di Indonesia karena rasanya yang unik dan nikmat. Karena bentuknya yang sudah menjadi bubuk, penyeduhannya tidak seperti teh lain yang direbus atau diseduh. Teh ini dapat langsung diaduk pada air dan diminum langsung. Di Jepang, matcha diminum pada upacara minum teh. Karena ditanam ditempat yang teduh dan tidak banyak terpapar sinar matahari. Tempatnya yang teduh, dapat meningkatkan jumlah kandungan klorofil di daun, yang membuatnya menjadi hijau cerah dan penuh nutrisi. Selain itu matcha juga digunakan sebagai perasa dan pewarna untuk berbagai jenis makanan, seperti mochi, es krim, es serut, dan coklat.

Matcha mengandung tanin 5 kali lebih banyak dari teh hijau lainnya yang bagus untuk menjaga konsentrasi kamu saat kerja. Matcha juga bermanfaat untuk melawan sel kanker di tubuh karena senyawa flavonoid yang cukup tinggi. Manfaat lainnya ialah baik untuk kesehatan rongga mulut. Hal ini disebabkan karena matcha mengandung fluoride yang cukup tinggi untuk menghilangkan bakteri pada mulut

Pada zaman dahulu masyarakat Jepang minum teh matcha dengan cara dicampur dengan air panas kemudian diminum tanpa disaring. Awalnya digunakan untuk tujuan pengobatan di zaman kuno hingga akhirnya menjadi fokus utama dalam upacara minum teh Jepang, matcha adalah bentuk teh hijau yang paling kuat dan banyak manfaat. Oleh karena itu, membuat secangkir matcha yang sempurna dianggap sebagai suatu seni yang membutuhkan keterampilan dan kesabaran. Matcha memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dibandingkan teh hijau biasa, matcha juga cocok dijadikan sebagai pengganti kopi atau minuman sehat.

Koucha

Koucha sendiri sering disebut sebagai teh hitam. Banyak sekali digunakan untuk disajikan di restoran-restoran Jepang. Koucha bisa dibilang yang mirip dengan teh yang ada di Indonesia pada umumnya. Rasa koucha cenderung sangat berbeda dengan teh hijau yang ada di Jepang. Karena daunnya cenderung memiliki rasa yang ringan dan sedikit manis.

Meskipun tidak sepopuler teh hijau, koucha tetap menjadi minuman pokok di rumah-rumah Jepang. Sering dipandang sebagai teh barat, teh hitam sebenarnya diperkenalkan dari Cina pada abad ke-17, relatif baru dibandingkan dengan varietas lainnya. Beraroma, memiliki rasa yang kuat, dan mengandung kafein yang kira-kira setara dengan matcha, teh ini menjadi minuman sarapan terbaik. Teh asal Jepang satu ini baik untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Sebaiknya kamu minum teh ini tidak menggunakan gula berlebih ya. Selain itu bagi kamu yang banyak bekerja sambil duduk atau kurang bergerak, koucha bagus untuk dikonsumsi, karena dapat membantu aliran darah kamu tetap lancar. Selain diminum langsung, ada jenis koucha yang dimaniskan dengan susu dan gula disebut royal milk tea, minuman teh nikmat yang juga patut dicoba. 

Mugicha

Teh asal Jepang ini dikenal juga dengan nama teh barley. Mugicha adalah minuman berasal dari biji barley atau jelai (sejenis gandum) yang kemudian dipanggang lalu diambil ekstraknya. Teh ini digolongkan sebagai teh yang aman dikonsumsi oleh anak-anak karena mugicha tidak mengandung kafein.

Mugicha memiliki sensasi hangat dan ada sedikit pahit. Namun, pahitnya tidak mendominasi rasanya. Teh ini dianggap sebagai minuman ‘musim panas’ di Jepang. Mugicha paling sering disajikan dingin. Kebanyakan rumah tangga di Jepang selalu menyimpan mugicha di lemari es mereka selama musim panas, karena ini adalah salah satu minuman yang paling menyegarkan. Selain menyegarkan teh ini dapat meningkatkan produksi sel-sel darah merah akan terjadi bila kamu meminum teh satu ini. Sel darah merah tersebut berfungsi mencegah anemia dan bagus diminum oleh orang yang mengidap darah rendah. Manfaat lainnya membantu kulit tetap awet muda. Selenium dalam teh mampu menjaga kadar kolagen yang ada di wajah. Sehingga kulit akan tetap tampak halus dan awet muda.

Serat dalam teh satu ini juga cukup banyak. Oleh karena itu dapat membuat merasa kenyang lebih lama, sehingga sangat cocok untuk diminum orang yang sedang diet,  karena dapat membantu menurunkan berat badan kamu.

Kombucha

Kombucha tradisional Jepang terbuat dari rumput laut yang dikeringkan atau disebut kombu. Kombu yang telah dikeringkan dan dipotong halus atau dibuat menjadi bubuk dicampur dengan air panas, dan sering kali diberi sedikit garam. Kombu ini terkenal banyak hidup di bagian utara Jepang. Kombucha asal Jepang ini tidak menyebar ke berbagai negara. Sehingga hanya warga-warga lokal dekat pesisir saja yang dapat menikmatinya.

Kombucha yang ada di Jepang dan di cina itu sangat berbeda. Di Tiongkok, ‘kombucha’ terbuat dari daun teh kering, gula, serta kumpulan bakteri dan ragi bernama SCOBY (symbiotic culture of bacteria and yeast). Campuran tersebut didiamkan 10 hari yang kemudian menjadi gumpalan-gumpalan (jamur scoby) yang ada di permukaan teh. Tentunya ini sangat berbeda dengan kombucha dari Jepang yang hanya menggunakan rumput laut kering dalam seduhannya. Kombucha memiliki warna yang sedikit gelap, rasa yang cenderung gurih mengarah asin, dan ringan. Teh ini banyak dikonsumsi untuk kamu yang ingin mendapatkan sensasi rasa lain dari teh biasanya.

Manfaat kombucha adalah untuk meningkatkan fungsi hati, dan menurunkan tekanan darah. Adanya pengeringan rumput laut ini terdapat banyak mikroorganisme baik untuk melawan bakteri jahat. Selain itu terdapat juga kandungan probiotik yang bagus untuk kesehatan tubuh juga kulit. Dalam dunia kecantikan, probiotik bagus untuk meningkatkan skin barrier kulit wajah, sehingga akan tampak halus dan sehat.

Genmaicha

Genmaicha baik untuk kesehatan, karena beras merah dalam genmaicha mengandung unsur alami yang disebut Gamma-Aminobutyric Acid (GABA). Unsur ini mengurangi tekanan darah dan trigliserida kamu, sehingga kamu dapat merasakan rileks berkepanjangan. Jelas sekali bahwa alasan ini sesuai dengan fakta bahwa teh genmaicha memiliki lebih sedikit kafein. Selain itu, teh ini sangat efektif untuk mengurangi stres, karena tubuh akan terasa lebih rileks setelah minum teh ini. 

Kesimpulan

Terlalu banyak teh di Jepang, dan hampir semua teh memiliki manfaat masing-masing. Sehingga tidak cukup untuk membahas semuanya dalam artikel ini, disini kita hanya membahas teh yang cukup populer di Jepang maupun di luar Jepang. Tertarik mencoba teh Jepang? Zaman sekarang sudah modern, banyak marketplace yang menjual teh asli Jepang dan impor langsung dari Jepang, loh.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!