Perbedaan Partikel TO dan YA (と) & (や) | Bahasa Jepang

こんにちは!おげんきですか。Bahasan kita kali ini adalah perbedaan partikel TO dan YA (と)&(や).

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang menarik untuk dipelajari sehingga tak heran jumlah pembelajar bahasa Jepang sangat banyak di seluruh dunia. Menurut hasil survei The Japan Foundation pada tahun 2018, jumlah pembelajar bahasa Jepang totalnya berjumlah 3.851.774 orang dari 142 negara. Wah, banyak ya!

Selain didukung oleh kepopuleran budaya pop Jepang yang mendunia, bahasa Jepang sendiri juga memiliki daya tarik dari berbagai aspek, misalnya ragam jenis huruf yang digunakan, penggunaan kosakata berdasarkan tingkat kesopanan, onomatope dan lain-lain. Akan tetapi meskipun menarik ada beberapa kesulitan yang sering dihadapi para pembelajar bahasa Jepang misalnya: kosakata yang mirip, kanji yang memiliki bunyi sama dengan arti yang berbeda atau penggunaan partikel yang cukup rumit.

Jumlah partikel yang banyak dan memiliki fungsi yang hampir mirip membuat partikel menjadi salah satu hal yang membingungkan bagi sebagian pembelajar bahasa Jepang. Oleh karena itu, kali ini WKWK JAPANESE ingin mengajak kamu untuk mengenali perbedaan antara dua partikel yang sering digunakan sehari-hari, yaitu partikel TO (と) dan partikel YA (や).

では、始めましょう!
Dewa, hajimemashou!
(Kalau begitu, mari kita mulai!)

1. Perbedaan Partikel TO dan YA (と) & (や)

1) Arti

~to~: ~ dan ~
~ya~: ~ dan ~ (dan lain-lain)

2) Fungsi

Partikel TO digunakan untuk menghubungkan dua kata benda yang sejajar. Ketika partikel ini digunakan untuk menyebutkan kata benda, maka semua kata benda disebutkan.  

Sedangkan,

partikel YA digunakan ketika menyebutkan beberapa kata benda saja sebagai perwakilan dari banyaknya kata benda yang ada. Selain itu, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia partikel YA mengandung arti “dan lain-lain”. Hal ini dikarenakan masih ada kata benda lain yang sebenarnya ada, tetapi tidak disebutkan.

3) Contoh Kalimat

a. Contoh Kalimat 1:

筆箱の中に、鉛筆とシャープペンシルと消しゴムとものさしがあります。
ふでばこのなかに、えんぴつとシャープペンシルとけしゴムとものさしがあります。
Di dalam kotak pensil ada pensil, pensil mekanik, penghapus dan penggaris.

筆箱の中に、鉛筆や消しゴムがあります。
ふでばこのなかに、えんぴつやけしゴムがあります。
Di dalam kotak pensil ada pensil dan penghapus (dan lain-lain).

Penjelasan:

Pada kalimat pertama, “semua barang” yang ada di dalam kotak pensil disebutkan dan menggunakan partikel TO dengan jumlah lebih dari satu.

Sedangkan,

pada kalimat kedua, benda yang disebutkan hanya dua yaitu enpitsu (pensil ) dan keshigomu (penghapus) sebagai perwakilan dari beberapa benda yang ada. Kalimat yang menggunakan partikel YA menyiratkan bahwa masih ada lagi benda lain selain yang disebutkan.

b. Contoh Kalimat 2:

昨日、ラーメンとハンバーガーを食べました。
きのう、ラーメンとハンバーガーをたべました。

昨日、ラーメンやハンバーガーを食べました。
きのう、ラーメンやハンバーガーをたべました。

Penjelasan:

Pada kalimat pertama, bermakna makanan yang kemarin dimakan oleh pembicara hanyalah ramen dan hamburger.

Sedangkan,

pada kalimat kedua bermakna makanan yang kemarin dimakan oleh pembicara yaitu: ramen, hamburger dan ada juga makanan lain yang dimakan tetapi tidak disebutkan dalam kalimat. Oleh karena itu, jika dua kalimat di atas diterjemahkan maka menjadi:

昨日、ラーメンとハンバーガーを食べました。
きのう、ラーメンとハンバーガーをたべました。
Kemarin, saya makan ramen dan hamburger.

昨日、ラーメンやハンバーガーを食べました。
きのう、ラーメンやハンバーガーをたべました。
Kemarin, saya makan ramen dan hamburger (dan lain-lain).

c. Contoh Kalimat 3:

〇机の上に鉛筆と本があります。
〇つくえのうえにえんぴつとほんがあります。
〇Di atas meja ada pensil dan buku.

×机の上に鉛筆や本があります。
×つくえのうえにえんぴつやほんがあります。
×Di atas meja ada pensil dan buku (dan lain-lain).

Penjelasan:

Kalimat pertama “benar”, karena sesuai dengan fungsi partikel TO pada kalimat di atas sudah menyebutkan semua benda yang ada di atas meja yaitu enpitsu (pensil) dan hon (buku).

Sedangkan,

Kalimat kedua “salah”, karena penggunaan partikel YA bermakna masih ada benda lain yang tidak disebutkan. Akan tetapi, pada kalimat di atas tidak ada benda lain selain enpitsu (pensil) dan hon (buku)..

d. Contoh Kalimat 4:

✖ 机の上に、鉛筆と本があります。
✖ つくえのうえに、えんぴつとほんがあります。
✖ Di atas meja ada pensil dan buku.

〇 机の上に、鉛筆や本があります。
〇 つくえのうえに、えんぴつやほんがあります。
〇 Di atas meja ada pensil dan buku (dan lain-lain).

Penjelasan:

Kalimat pertama “salah” karena ketika menggunakan partikel TO seharusnya menyebutkan semua benda yang ada. Akan tetapi, pada kalimat di atas hanya menyebutkan 2 dari 3 benda yang ada yaitu: enpitsu (pensil) dan hon (buku).

Sedangkan,

Kalimat kedua “benar”, karena benda yang ada di atas meja tidak hanya enpitsu (pensil) dan hon (buku) tetapi ada benda lain yaitu keshigomu (penghapus) yang tidak disebutkan pada kalimat. Hal ini sesuai dengan fungsi partikel YA, yaitu menyebutkan beberapa benda saja sebagai perwakilan.

4. Daftar Kosakata

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan antara partikel TO dan YA.

Apakah sekarang kamu sudah bisa membedakan penggunaan kedua partikel ini?

Dalam bahasa Jepang, terdapat beberapa partikel yang memiliki arti dan fungsi yang hampir sama sehingga partikel telah menjadi salah satu kesulitan bagi pembelajar  bahasa Jepang saat belajar tata bahasa. Akan tetapi, jangan khawatir dan patah semangat untuk menguasai si partikel yang multitalenta ini ya! Sulit bukan berarti tidak bisa dikuasai, kok! Jika terus belajar dan berlatih, kamu pasti bisa menguasainya!

Sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan mengenai perbedaan partikel TO dan YA di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!

SHARE