Ryokan: Tempat yang Ideal Menikmati Keindahan Alam

Bicara mengenai Jepang atau bahasa Jepang sebagian orang mempelajarinya untuk hal-hal praktis seperti ingin mengobrol dengan orang Jepang, bekerja di sana, atau bahkan sekadar menikmati karya-karya kontemporer sejenis kartun, komik, lagu-lagu pop dan seterusnya. Di balik itu, ada juga orang-orang yang belajar bahasa Jepang karena ingin mengetahui nilai budaya yang terkandung dalam negara mereka.

Selamat datang di situs web WKWK JAPANESE, situs belajar bahasa dan budaya Jepang yang dikelola oleh orang Jepang! Kalian bisa belajar banyak hal tentang bahasa di sini, mulai dari tata bahasa, kosakata, kanji, partikel dan lain sebagainya. Jangan sungkan-sungkan untuk mengunjungi situs web ini lagi ya!

Di indonesia kita memiliki tempat penginapan seperti hotel dan B&B. Tahukah kamu bahwa Jepang juga memiliki tempat penginapan tradisional mereka sendiri yang mempunyai sejarah yang panjang di jepang. Tempat penginapan ini disebut sebagai ryokan. Apa itu ryokan? Mari kita bahas, yuk!

Oh iya, minasan jangan lupa baca juga artikel sebelumnya, ya!

Apa itu Ryokan

Ryokan adalah bentuk akomodasi penginapan dengan gaya khas Jepang. Ryokan sering kali dibangun seperti rumah Jepang tradisional dan populer di kalangan wisatawan asing karena daya tariknya yang unik. Ryokan harus memiliki setidaknya lima kamar tamu dan struktur serta fasilitas yang bergaya Jepang. Banyak ryokan yang merupakan renovasi dari rumah-rumah bersejarah Jepang, dan beberapa di antaranya telah berdiri lebih dari 100 tahun. Biasanya ada lebih banyak karyawan wanita seperti pelayan daripada karyawan pria, dan mereka menyediakan layanan yang ramah dan penuh perhatian.

Sejarah Ryokan

Ryokan pertama di Jepang didirikan pada periode Nara (710-794). Dikatakan bahwa Ryokan berawal mula dari sebuah fasilitas akomodasi yang disebut fuseya.

Fuseya pada awalnya merupakan penginapan gratis untuk orang-orang yang bepergian di area di mana jaringan transportasi belum begitu berkembang dengan baik atau berisiko, dan dibuat oleh para biksu pada periode Nara. Kemudian, fuseya menyebar ke berbagai penjuru Jepang, dan terciptalah konsep ryokan di Jepang yang dahulu tidak memiliki fasilitas akomodasi sebelumnya.

Pada zaman Edo (1603-1868), banyak ryokan yang menyediakan makanan untuk para pedagang dan bangsawan, dan bentuk ini menjadi inspirasi untuk penginapan ryokan hingga sampai saat ini.

Karakteristik Ryokan

Tidak seperti hotel, ryokan sering kali tidak memiliki toilet atau kamar mandi di dalam kamar. Sebagai gantinya, mereka memiliki pemandian umum yang besar dan pemandian air panas terbuka yang dapat digunakan bersama oleh para tamu. Beberapa kamar dilengkapi dengan pemandian terbuka, dan beberapa penginapan ryokan juga menawarkan pemandian pribadi.

Interiornya ryokan sebagian besar bergaya Jepang dengan tikar tatami. Pengunjung diharuskan melepas sepatu di pintu masuk sebelum masuk ke dalam kamar. Karena kamar ryokan tidak dilengkapi dengan kasur melainkan menggunakan futon, banyak kamar ryokan yang luas dan dapat menampung banyak orang.

Fitur unik lainnya dari ryokan adalah kamu dapat berjalan-jalan di sekitar bangunan dengan menggunakan yukata dan sandal setelah mandi.

Penting untuk dicatat bahwa tidak ada aturan bahwa toilet di ryokan harus bergaya Barat, jadi ada juga yang bergaya Jepang. Saat melakukan reservasi, disarankan untuk memeriksa apakah toiletnya bergaya Jepang atau Barat, sehingga wisatawan dengan keluarga yang membawa anak kecil akan merasa lebih nyaman. Umumya. paket harga ryokan ditetapkan untuk satu malam dengan dua kali makan, dan sistem ini dirancang agar pengunjung dapat bersantai dan menikmati akomodasi itu sendiri.

Kelebihan Ryokan

Ryokan menawarkan tingkat keramahan yang paling baik dibandingkan dengan akomodasi penginapan yang lain seperti hotel atau B&B. Pengunjung akan menerima layanan yang penuh dengan perhatian, seperti menerima kue dan teh setelah check-in. Layanan lain yang unik yang ditawarkan oleh ryokan adalah mereka akan membawa barang bawaan pengunjung ke kamar dan dengan sopan pengunjung menuju kamarnya.

Kelebihan yang paling signifikan dari layanan ryokan adalah pemandian air panas yang sangat bagus. Dapat berendam di pemandian air panas yang hangat dan bersantai setelah hari yang panjang adalah hal terbaik dari pemandian air panas.

Ryokan juga merupakan tempat yang tepat untuk bersantai dalam kenyamanan kamar sendiri, karena segala sesuatu mulai dari makanan hingga pemandian sudah tersedia di dalam ryokan begitu pengunjung tiba. Di ryokan, pengunjung akan dilayani dengan sangat baik seperti pelayan yang akan merapikan futon. Bahkan tergantung pada paket penginapan dipilih, pengunjung juga dapat makan di dalam kamar. Pelayanan ryokan juga fleksibel sehingga akan memudahkan pengunjung ketika datang bersama dengan keluarga.

Kesimpulan

Ryokan mewakili perpaduan harmonis antara tradisi dan modernitas. Ryokan menawarkan kepada wisatawan sebuah jendela menuju kekayaan warisan budaya Jepang. Perhatian khusus terhadap detail, keramahtamahan yang hangat, dan suasana yang tenang membuat pengalaman menginap di ryokan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Seiring dengan berkembangnya penginapan, ryokan tetap menjadi surga abadi di mana wisatawan dapat melarikan diri dari kehidupan sehari-hari dan menyelami keramahtamahan negara Jepang. Ryokan berkontribusi pada daya tarik Jepang sebagai destinasi di mana masa lalu dan masa kini hidup berdampingan dalam harmoni yang sempurna .

Daftar Pustaka

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!