Orang Jepang Lebih Sering Mandi Malam atau Pagi?

Mandi pada malam hari sudah menjadi kebiasaan atau tradisi orang Jepang secara turun temurun. Penelitian mengatakan bahwa mandi atau berendam di malam hari bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Selain alasan di atas, ternyata ada beberapa alasannya lainnya, loh. 

Oh iya, minasan jangan lupa baca juga artikel sebelumnya, ya!

Mengikuti Tradisi

Seperti yang diungkap sebelumnya bahwa mandi malam merupakan menjadi tradisi di Jepang. Pada zaman dahulu abad ke 19, orang-orang di Jepang tidak memiliki pemanas air, sehingga untuk mandi mereka harus merebus air terlebih dahulu. Proses tersebut dinilai terlalu memakan waktu sehingga mereka memilih mandi saat malam hari yang kemudian menjadi kebiasaan hingga saat ini. 

Banyak Ritual yang Dilakukan Ketika Mandi

Control panel untuk memudahkan mandi.

Biasanya kita mandi hanya memerlukan waktu 5-10 menit saja, maka hal ini sepertinya tidak akan cukup bagi orang Jepang. Sebab, mereka ternyata memiliki beberapa ritual saat mandi. Dimulai mandi seperti umumnya yaitu menggunakan sabun dan shampo dan dibilas. Kemudian, orang Jepang biasanya juga menambahkan ramuan herbal atau essence ke dalam bak mandi untuk menenangkan tubuh dan mengencangkan kulit. Selain itu juga mereka sangat memperhatikan suhu saat mandi, karena apabila terlalu panas akan menghilangkan kelembaban kulit. Modern ini sudah banyak bak mandi yang memiliki control panel untuk menjaga dan mengatur suhu air. 

Mandi Merupakan Media untuk Relaksasi

Tidak melakukan aktivitas mandi di pagi hari mungkin terdengar jorok, tetapi apakah aktivitas mandi pagi lebih bersih dibandingkan dengan orang yang melakukan aktivitas di mandi di malam hari? Namun, bagi orang Jepang tidak mandi di malam hari,  sebelum tidur adalah hal yang lebih menjijikkan. Apalagi, mereka sudah seharian bekerja sehingga mandi malam menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan.

Tak hanya untuk membersihkan tubuh, orang Jepang juga percaya bahwa mandi dapat menghilangkan rasa lelah. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa orang Jepang memiliki ritual mandi yang panjang. Salah satu ritualnya adalah berendam, aktivitas tersebut tidak hanya dilakukan di rumah saja tetapi bisa dilakukan di pemandian umum atau onsen. Sebenarnya onsen bukan hanya sekedar  mandi dan berendam, onsen juga merupakan tempat bersantai dan menghabiskan waktu dengan melakukan hal yang menyenangkan, setelah sibuk bekerja atau beraktivitas. Dengan kata lain mandi di onsen merupakan hiburan. Tetapi biasanya orang yang datang ke onsen di malam hari tidak seramai di siang hari sehingga memungkinkan untuk menyendiri dan relaksasi. 

Terlalu Sibuk di Pagi Hari

Terlepas dari ritual mandi orang Jepang yang cukup panjang, orang Jepang juga sangat sibuk di pagi hari. Mereka akan sibuk mempersiapkan segala sesuatu, seperti mempersiapkan kebutuhan untuk bekerja diri sendiri, suami atau mempersiapkan kebutuhan anak seperti membuat bento, dll. Sehingga mereka tidak memiliki waktu luang di pagi hari, untuk hanya sekedar mandi pagi. Selain itu juga mereka menganggap bahwa badan mereka masih terasa bersih saat bangun di pagi hari. 

Pengaruh iklim 

Di Jepang pada saat musim panas akan terasa panas sekali, sehingga apabila kita melakukan aktivitas seharian dan tidak mandi maka dipastikan badan akan terasa sangat kotor dan lengket. Selain itu juga pada saat musim dingin orang Jepang akan mandi dengan tujuan menghangatkan tubuh.

Kesimpulan

Nah bagaimana minasan, apakah pertanyaan minasan sudah terjawab? Jadi, orang Jepang lebih sering mandi malam daripada mandi pagi, ya. Alasannya, malam memang harus mandi setelah bekerja seharian dan pagi terlalu sibuk persiapan dan tidak ada waktu untuk mandi.

Jadi, apakah kebiasaan mandi di malam hari ini bisa kita ikuti, yang notabene kita mandi biasanya pagi dan sore saja?

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!