Siapakah yang Berhak Dipanggil Senpai?

Hal-hal yang memiliki unsur kejepangan maupun budaya atau bahasa Jepang saat ini banyak diminati di Indonesia, terutama di kalangan pecinta anime dan komik. Karena itu, terdapat beberapa kosakata dalam bahasa Jepang yang populer, salah satunya adalah senpai. Kata senpai cukup sering diucapkan oleh kita dalam percakapan sehari-hari. Meski begitu, masih ada sebagian orang yang belum mengetahui apa arti senpai itu sebenarnya.

Oh iya, minasan jangan lupa baca artikel sebelumnya juga, ya!

Secara harfiah, senpai artinya atasan. Untuk mengetahui makna senpai lebih lanjut, simak penjelasan lengkapnya di bawah sini.

Pengertian senpai

Jadi, senpai adalah panggilan kepada orang yang lebih tua atau senior yang menjadi mentor dalam suatu pelatihan atau pendidikan tertentu. Tetapi, orang yang lebih tua atau senior tidak selalu dipanggil senpai. Contohnya kakak kelas belum bisa disebut senpai jika tidak ada hubungan khusus.

Contoh senior yang dapat dipanggil senpai adalah mahasiswa yang menjadi asisten dosen. Maka, mahasiswa tersebut sudah bisa disebut senpai karena menjadi mentor atau membantu proses belajar bagi mahasiswa lainnya, atau menjadi pembimbing untuk anggota baru dalam sebuah organisasi. Maka, dengan demikian orang yang dapat mengajarkan atau membimbing orang lain dapat disebut sebagai senpai karena dianggap senior dan lebih banyak pengalaman untuk mengajarkan mereka.

Nah, sampai disini sudah paham, kan, apa itu senpai? Jika sama-sama mengajarkan dan membimbing terus apa bedanya dengan sensei?

Pengertian sensei

Orang yang melatih dan bertugas mengembangkan bakat serta keterampilan disebut dengan sensei. Dengan kata lain, sensei dapat diartikan sebagai guru. Contohnya ketika belajar karate, pelatihnya disebut dengan sensei. Jadi, sensei adalah orang yang berpengalaman dan menguasai satu bidang tertentu serta membagikan atau mengajarkan keahliannya tersebut kepada orang lain. Tetapi, tidak sembarang orang bisa disebut sensei. Apabila hanya mengajarkan hal yang bersifat negatif, orang tersebut tidak dapat disebut sebagai sensei. Sebab, arti kata sensei memiliki konotasi yang positif. Selain itu, sensei juga selalu memiliki pengetahuan serta keterampilan yang mumpuni dalam suatu bidang tertentu. Lalu apa bedanya senpai dengan sensei?

Mungkin secara definisi kurang lebih sama, yaitu mengajarkan atau berbagi ilmu sehingga orang sering tertukar antara penggunaan sensei dan senpai. Tetapi ada perbedaan yang signifikan di antara kedua nya, yaitu perbedaan usia, peran dan tanggung jawab, pengetahuan dan keterampilan, hingga kewenangan dan pengalaman.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!