Onsen di Jepang

Jepang, dengan keberagaman budaya, makanan, dan keindahan alamnya, memiliki keunikan yang tak tertandingi. Salah satu ciri khasnya adalah Onsen, pemandian air panas umum yang berhasil menarik wisatawan mancanegara ke Jepang.

Di seluruh Jepang, terdapat sekitar 30.000 onsen yang tersebar di berbagai daerah. Meskipun demikian, menurut survei pemerintah Jepang, jumlah onsen yang terdaftar mencapai 27.671. Sumber air panas berasal dari gunung berapi dan ada pula yang buatan.

Sejarah Onsen

Onsen tertua di Jepang diyakini terletak di tiga daerah: Dogo di Prefektur Ehime, Arima di Prefektur Hyogo, dan Shirahama di Prefektur Wakayama. Keyakinan ini didasarkan pada catatan-catatan kuno yang mencatat perjalanan pemimpin kerajaan ke tiga tempat tersebut.

Dogo, dengan usianya yang diperkirakan lebih dari 3.000 tahun, didasarkan pada penemuan sebuah pot tua di wilayah tersebut. Pemandian Dogo dianggap sebagai tempat para dewa yang memberikan ketenangan dan penyembuhan. Kepercayaan ini menyatakan bahwa dewa sering bersantai di tempat ini.

Pemandian Dogo yang ada saat ini dibangun menjadi bangunan permanen pada tahun 1894 dan dianggap sebagai aset budaya penting di Jepang. Dengan banyak tangga dan lorong seperti labirin yang menuju ke berbagai fasilitas pemandian, tempat ini tetap menjadi favorit bagi orang-orang terhormat, terutama Keluarga Kekaisaran Jepang.

Sebelum Era Meiji, sumber air panas dianggap sebagai pengobatan karena ilmu kedokteran belum berkembang. Biksu menjadi pihak yang mempromosikan manfaat ini ke seluruh negeri. Pada periode perang sekitar abad ke-15, pejuang yang terluka akan menggunakan pemandian air panas sebagai metode pengobatan.

Dalam mitologi Jepang, terdapat cerita bahwa ritual mandi air panas memiliki manfaat untuk perawatan fisik. Dogo sering dikaitkan dengan legenda bangau putih yang menyembuhkan kakinya dengan datang ke tempat ini setiap hari.

Onsen populer yang ada di jepang

Yunokawa Onsen

Salah satu pemandian air panas yang sangat direkomendasikan adalah Yunokawa di wilayah Hokkaido. Yunokawa diyakini memiliki kekuatan penyembuhan setelah berhasil menyembuhkan seorang anak dari penyakit serius setelah mandi di sini pada tahun 1653. Popularitasnya menciptakan banyak restoran di sekitar yang menyajikan makanan khas yang patut dicoba.

Yunokawa Onsen (湯の川温泉)

Wakamatsu Hot Spring Resort

Destinasi berikutnya yang sangat direkomendasikan adalah Wakamatsu Hot Spring Resort, yang juga berfungsi sebagai restoran. Pemandian ini mulai dibangun ketika kaisar tengah mengunjungi Hakodate. Wakamatsu Hot Spring Resort menawarkan pemandian gaya Jepang yang otentik dengan air panas alami.

Yunomine Onsen

Ketelitian Yunomine dalam merubah warna airnya hingga tujuh kali sehari membuat tempat ini sangat populer. Terletak di tengah pegunungan Kumano yang dianggap suci di Jepang, mandi air panas di Yunomine menjadi pengalaman yang terkait erat dengan kepercayaan lokal tentang perjalanan spiritual.

Dogo Onsen

Dikenal sebagai pemandian air panas tertua di Jepang, tempat ini terletak di kota Matsuyama, Prefektur Ehime. Kunjungan ke tempat ini memberikan pengalaman langsung terhadap budaya kuno. Mandi di sini juga memberikan pengalaman tak terlupakan, seakan-akan berbagi momen yang sama dengan Keluarga Kekaisaran.

Kinosaki Onsen

Kinosaki Onsen terletak di pantai utara Laut Jepang, di Prefektur Hyogo. Meskipun tidak sebesar Tokyo, kota ini berhasil menjaga kesan Jepang yang otentik. Pada malam hari, Anda dapat dengan mudah menemui wisatawan yang berjalan santai mengenakan yukata dan sandal kayu.

Nyuto Onsen

Nyuto sebenarnya merupakan kumpulan ryokan atau pemandian yang terletak di pegunungan Prefektur Akita Timur. Dengan sejarah lebih dari 300 tahun, tempat ini tetap mempertahankan sensasi pedesaannya. Para pelancong dapat menikmati pengalaman mandi bersama di pemandian campuran di tempat ini.

Kusatsu Onsen

Dikenal sebagai pemandian air panas tertua di Jepang, tempat ini terletak di kota Matsuyama, Prefektur Ehime. Kunjungan ke tempat ini memberikan pengalaman langsung terhadap budaya kuno. Mandi di sini juga memberikan pengalaman tak terlupakan, seakan-akan berbagi momen yang sama dengan Keluarga Kekaisaran.

Kusatsu Onsen (草津温泉)

Cara mandi di Onsen

Saat akan mandi air panas, langkah pertama adalah melepaskan semua pakaian di ruang ganti dan membawa hanya handuk kecil ke pemandian. Alat komunikasi seperti ponsel harus ditinggalkan di ruang ganti dan tidak dibawa ke pemandian.

Sebelum masuk ke bak pemandian, lakukan mandi dengan sabun hingga bersih dan bilas. Hindari kebisingan di pemandian, cukup masuk ke bak dan nikmati; mencipratkan air tidak disarankan. Jaga pandangan dan tetap rileks untuk menjaga suasana tetap nyaman.

Manfaat Onsen

Mandi air panas memiliki berbagai manfaat kesehatan. Air panas dapat memperlancar aliran darah, terutama di pemandian air panas alami dengan kandungan mineral seperti kalsium dan sodium bikarbonat yang dapat diserap tubuh.

Mineral dalam air panas membantu meredakan tegang otot, mengurangi stres, dan menciptakan rasa relaksasi. Keluar dari pemandian akan membuat tubuh terasa dingin, yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

Menurut Jurnal Rheumatology International, air panas dapat mengurangi rasa sakit dan kelelahan dalam tubuh. Sensasi panas juga dapat mengalihkan perhatian dari rasa sakit, memperbaiki kualitas tidur.

Kandungan silica dalam pemandian air panas alami membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit. Sulfur, yang biasanya terdapat di pemandian dekat gunung berapi aktif, dapat membantu menghilangkan bakteri dan masalah kulit mati. Gosok bagian kulit seperti punggung dan lengan untuk hasil yang optimal.

Kesimpulan

Onsen Jepang mengundang pengunjung untuk merasakan kehangatan bukan hanya dari air panas alami, tetapi juga dari kekayaan budaya Jepang. Dengan tersebar di berbagai lokasi yang indah, onsen bukan hanya tempat relaksasi fisik, tetapi juga jendela ke kehidupan sehari-hari Jepang. Pengalaman ini menciptakan harmoni antara tubuh dan alam sekitarnya, menawarkan momen ketenangan yang melekat pada kekayaan tradisi Jepang.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!

Daftar Pustaka

https://ja.wikipedia.org/wiki/%E6%B8%A9%E6%B3%89

https://www.pref.aichi.jp/eiseiken/4f/onsen_b.html

https://www.nta.co.jp/yado/onsen/onsen100/