Perbedaan ~ TE IRU (~ている) dengan ~ TE ARU (~てある)

皆さん、こんにちは!Kali ini kita akan bahas perbedaan antara tata bahasa ~ TE IRU ~ている dengan tata bahasa ~ TE ARU ~てある. Simak sampai akhir ya!

Terima kasih telah mengunjungi situs web WKWK JAPANESE, tempat rujukan mina-san untuk belajar bahasa Jepang secara gratis! Mina-san bisa banyak membaca dan mengambil ilmu dari situs ini sepuasnya loh, jadi jangan sungkan-sungkan untuk selalu memanfaatkan situs web ini ya!

Bagaimana perkembangan belajarnya mina-san? Apakah berjalan lancar atau bahkan malah berhenti di tengah jalan? Kami harap pembelajaran mina-san berjalan cukup lancar, ya. Mina-san juga jangan lupa ada situs web WKWK JAPANESE yang selalu bisa diandalkan ketika mina-san ingin mencari informasi terkait bahasa Jepang.

Oh iya, mina-san juga cek artikel sebelumnya yang berjudul:

Perbedaan Tata Bahasa JLPT N4: ~ TE KURU dengan ~ TE IKU
~て来る、~て行く』 の違い

Baiklah, tanpa panjang lebar, kita langsung bahas bersama-sama yuk!

Pola Kalimat

Pola Kalimat dan Arti

  1. ている
    [A] ている
    Sedang (melakukan) [A]
  2. てある
    [A] てある
    sudah (dalam keadaan) di-/ter- [A]

Penyambung

~ている

【Kata Kerja Bentuk -TE】いる

~てある

【Kata Kerja Transitif Bentuk -TE】ある

Contoh

  • 寝っている
  • 食べている
  • 書いてある
  • 並べある

Penjelasan

  1. Pola kalimat ~ te iru dipakai untuk menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung atau sedang dilakukan. Sedangkan Pola ~ te aru digunakan untuk menyatakan suatu keadaan yang merupakan hasil dari kegiatan yang telah dilakukan oleh seseorang (dengan sengaja karena ada tujuan) di masa lampau dan hasilnya masih berlangsung hingga saat ini.
  2. Pola ~ te aru wajib menempel dengan kata kerja transitif. Kata kerja transitif adalah kata kerja yang memerlukan objek, misalnya: membuka (開ける), menutup (閉める) dan lain-lain.
  3. Pola kalimat ~ te iru menekankan pada kondisi yang terlihat pada kala itu. Sedangkan Pola kalimat ~ te aru menekankan pada hasil atas apa yang dilakukan orang lain.

Contoh Kalimat

今仕事をしている
いましごとをしている
Saya sedang bekerja.

猿がバナナを食べている
さるがバナナをたべている
Monyet sedang makan pisang.

人が集めてある
ひとがあつめてある
Orang-orang sudah (dalam keadaan) terkumpul.

ポスターが貼ってある
ポスターがはってある
Poster sudah (dalam keadaan) tertempel.

Daftar Kosakata

KataArti
仕事Pekerjaan
食べるMakan
Orang
集めるBerkumpul
ポスターPoster
貼るMenempel

Penutup

Itulah penjelasan Perbedaan Tata Bahasa JLPT N4: ~ TE IRU dengan ~ TE ARU. Bagaimana mina-san? Apakah mina-san sudah hafal dengan cara penggunaannya? Kalau mina-san merasa kesulitan untuk menyusun tata bahasa, bisa jadi salah satu masalahnya adalah kurangnya perbendaharaan kosakata. Kami juga ada banyak artikel kosakata loh, jadi jangan sungkan-sungkan untuk belajar dari situ juga ya!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!