Perbedaan ~ TE KARA (~てから) dengan ~ TA ATO DE (~た後で)

皆さん、こんにちは!Kali ini kita akan bahas perbedaan antara tata bahasa ~ TE KARA ~てから dengan tata bahasa ~ TA ATO DE ~た後で. Simak sampai akhir ya!

Terima kasih telah mengunjungi situs web WKWK JAPANESE, tempat rujukan mina-san untuk belajar bahasa Jepang secara gratis! Mina-san bisa banyak membaca dan mengambil ilmu dari situs ini sepuasnya loh, jadi jangan sungkan-sungkan untuk selalu memanfaatkan situs web ini ya!

Bagaimana perkembangan belajarnya mina-san? Apakah berjalan lancar atau bahkan malah berhenti di tengah jalan? Kami harap pembelajaran mina-san berjalan cukup lancar, ya. Mina-san juga jangan lupa ada situs web WKWK JAPANESE yang selalu bisa diandalkan ketika mina-san ingin mencari informasi terkait bahasa Jepang. 

Oh iya, mina-san juga cek artikel sebelumnya yang berjudul:

Perbedaan Tata Bahasa JLPT N4: ~ TE IRU dengan ~ TE ARU
~ている 』『~てある』の違い 

Baiklah, tanpa panjang lebar, kita langsung bahas bersama-sama yuk!

Pola Kalimat

Pola Kalimat dan Arti

  1. てから
    [A] てから
    Setelah [A]
  2. たあとで
    [A] たあとで
    Setelah [A]

Penyambung

 てから

【Kata Kerja Bentuk -TE】から

~ た後で

【Kata Kerja Bentuk -TA】あとで
【Kata Benda】のあとで

Contoh

  • てから
  • 食べてから
  • 書いた後で
  • 飲んだ後で

Penjelasan

  1. Pada pola kalimat ~ te kara terdapat nuansa sebagai syarat terjadinya peristiwa pada kalimat kedua, maka peristiwa pada kalimat pertama harus terjadi terlebih dahulu.
  2. Dalam banyak kasus, kedua pola kalimat tersebut dapat saling ditukar dengan arti dan juga cara penggunaan yang sama, jadi tidak perlu bingung ketika penggunaanya karena dua-duanya bisa dipakai dengan benar.
  3. Kata kerja yang digunakan pada pola kalimat ~ te kara adalah kata kerja bentuk -TE. Sedangkan Pola kalimat ~ ta ato de menggunakan kata kerja bentuk -TA.

Contoh Kalimat

手を洗ってからご飯を食べます。
てをあらってからごはんをたべます。
Setelah mencuci tangan, aku makan.

歯を磨いてから寝ます。
はをみがいてからねます。
Setelah menyikat gigi, aku pergi tidur.

図書館で宿題をしたあとで、帰ります。
としょかんでしゅくだいをしたあとで、かえります。
Setelah mengerjakan PR di perpustakaan, aku pulang.

アニメを見たあとで、お風呂に入ります。
アニメをみたあとで、おふろにはいります。
Setelah menonton anime, aku mandi.

Daftar Kosakata

KataArti
Tangan
洗うMencuci
食べるMakan
Gigi
磨くMenggosok
図書館Perpustakaan
宿題PR
帰るPulang
アニメAnime
見るMelihat/Menonton

Penutup

Itulah penjelasan Perbedaan Tata Bahasa JLPT N4: ~ TE KARA dengan ~ TA ATO DE. Bagaimana mina-san? Apakah mina-san sudah hafal dengan cara penggunaannya? Kalau mina-san merasa kesulitan untuk menyusun tata bahasa, bisa jadi salah satu masalahnya adalah kurangnya perbendaharaan kosakata. Kami juga ada banyak artikel kosakata loh, jadi jangan sungkan-sungkan untuk belajar dari situ juga ya!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!