Pola Kalimat N5: ~ MASHOUKA (~ましょうか)

Mina-san, konnichiwa! Sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial kita tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu, hendaknya kita juga menjadi orang yang suka membantu dan menolong orang lain ketika sedang dalam kesusahan. Kali ini WKWK JAPANESE ingin mengajak kamu belajar mengenai materi pola kalimat yang berhubungan dengan tolong menolong, yaitu “Pola Kalimat: ~ mashou ka”. Pada pembahasan di bawah ada rumus, contoh kalimat serta daftar kosakata yang diharapkan dapat mempermudah pemahaman kamu mengenai materi kali ini.

Kalau begitu, ayo kita mulai belajar bersama-sama!

1. Pola Kalimat ~ mashou ka

~ましょうか
~mashou ka

2. Arti ~ mashou ka

 Bagaimana kalau saya ~?

3. Penjelasan ~ mashou ka

Pola kalimat ini digunakan ketika ingin menawarkan bantuan kepada lawan bicara dengan ungkapan yang sopan. Bantuan yang ditawarkan berupa suatu kegiatan yang akan dilakukan pembicara untuk lawan bicara.

Kata kerja yang digunakan pada pola kalimat ini yaitu “Kata Kerja Bentuk -MASU”. Oleh karena itu, bagi yang belum mempelajari kata kerja bentuk-masu, silahkan baca artikel “Kata Kerja Bentuk Kamus dan Bentuk -Masu” terlebih dahulu sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya ya!

4. Perbedaan “~MASHOU KA” dan “~MASHOU”

Pola kalimat “~mashou” yang telah dibahas pada artikel sebelumnya hanya digunakan ketika mengajak seseorang melakukan suatu kegiatan dan sudah memiliki keyakinan bahwa lawan bicara pasti menerima ajakan pembicara. Sedangkan “~mashou ka” digunakan untuk menawarkan bantuan kepada lawan bicara dan bisa juga digunakan untuk mengajak seseorang dengan tetap menanyakan  pendapat lawan bicara apakah bersedia menerima ajakan atau tidak.

5. Rumus ~ mashou ka

6. Contoh Kalimat ~ mashou ka

荷物を持ちましょうか。
にもつをもちましょうか。
Bagaimana kalau saya bawakan barangnya?

エアコンをつけましょうか。
Bagaimana kalau saya nyalakan AC?

今日は暇なので、手伝いましょうか。
きょうはひまなので、てつだいましょうか。
Karena hari ini saya senggang, bagaimana kalau saya bantu?

私が写真を撮りましょうか。
わたしがしゃしんをとりましょうか。
Bagaimana kalau saya yang ambilkan foto ?

私があなたを駅まで送りましょうか。
わたしがあなたをえきまでおくりましょうか。
Bagaimana kalau saya yang mengantar anda sampai ke stasiun?

7. Contoh Percakapan ~ mashou ka

暑いですね。窓を開けましょうか。
あついですね。まどをあけましょうか
Panas ya. Bagaimana kalau saya bukakan jendela?

ええ、お願いします。
ええ、おねがいします。
Iya, tolong ya.

お金を貸しましょうか。
おかねをかしましょうか。
Bagaimana kalau saya pinjamkan uang?

いいえ、けっこうです。
Tidak, terima kasih.

8. Daftar Kosakata

Bagaimana materi hari ini? Tidak rumit bukan?

Kalau kamu sudah menguasai perubahan kata kerja bentuk-MASU dan pola kalimat “~mashou” , materi ini pasti akan terasa sangat mudah. Kamu hanya perlu memahami arti dan di situasi seperti apa pola kalimat “~mashou ka” digunakan.

Jangan lupa untuk latihan membuat kalimat sendiri menggunakan pola kalimat yang telah kamu pelajari hari ini ya! Yuk ingat peribahasa ini: 

「習うより慣れろ」 Narau yori narero!

Artinya: Dibandingkan belajar, ayo biasakanlah!

Jadi kalau kamu rajin latihan, kamu akan terbiasa dengan berbagai pola kalimat yang nantinya akan membuat kamu dapat berbicara bahasa Jepang dengan lancar. Aamiin.

Sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!