Perubahan Kata Kerja Bentuk Perintah

Konnichiwa, mina-san! Terima kasih telah mengunjungi situs web WKWK JAPANESE, ya! Selamat datang di artikel Perubahan Kata Kerja Bentuk Perintah!

Sebelumnya kita sudah belajar tentang kata kerja bentuk kausatif yakni ~せる atau ~させる. Apakah mina-san masih ingat dengan pembahasan materi tersebut? Kalau belum, bisa kembali ke perubahan kata kerja bentuk kausatif ya!

Bahasan kita kali ini adalah “Perubahan Kata Kerja Bentuk Perintah” atau dalam bahasa Jepang biasa disebut dengan 命令形 (meireikei). Kata kerja bentuk ini sering dipakai ketika sedang mengobrol bersama teman akrab, atau sangat menekankan perintah.

Tanpa panjang lebar, kita langsung saja belajar bersama-sama yuk!

1. Tentang Kata Kerja Bentuk Perintah

Kata kerja bentuk perintah atau meireikei dalam bahasa Jepang mempunyai fungsi yang sama dengan kata perintah dalam bahasa Indonesia, yaitu untuk memberikan instruksi atau arahan kepada orang lain.

Sebetulnya kita sudah belajar cara memberikan instruksi kepada orang lain dalam JLPT N5 dengan menggunakan kata ください atau もらいます, yang merupakan cara memerintah yang sopan. Berbeda dengan ください atau もらいます, kata kerja bentuk perintah sendiri adalah kata kerja yang bersifat keras, dan umumnya tak bisa digunakan pada situasi formal (kecuali di beberapa tempat).

2. Perubahan Kata Kerja Bentuk Perintah

Pengubahan kata kerja menjadi bentuk perintah akan menjadi lebih mudah apabila dimulai dari bentuk kamusnya. Kita akan memulai pembahasan perubahan berdasarkan tiga golongan kata kerja.

a. Kata Kerja Golongan 1 (Godan Doushi: 五段動詞)

Untuk golongan satu, huruf terakhir dari kata kerja bentuk kamusnya diubah menjadi vokal -E.

Bentuk KamusBentuk Kausatif

b. Kata Kerja Golongan 2 (Ichidan Doushi: 一段動詞)

Untuk golongan dua, hanya perlu mengubah huruf terakhir (る) menjadi ろ. 

Bentuk KamusBentuk Kausatif
食べ食べ
開け開け

Mina-san harus hati-hati untuk tidak menambahkan れ pada kata kerja golongan 2. 食べれ, 開けれ, 見れ bukanlah bentuk yang benar.

c. Kata Kerja Golongan 3 (Fukisoku Doushi: 不規則動詞)

Untuk golongan tiga tidak punya aturan khusus, sehingga harus dihafalkan.

Bentuk KamusBentuk Kausatif
しろ

3. Contoh Kalimat: Kata Kerja Perintah

Berikut adalah contoh kalimat kata kerja perintah dalam bahasa Jepang yang bisa mina-san gunakan sebagai rujukan penggunaan dalam kalimat.

頑張れ
がんばれ!
Semangat!

道に「止まれ」と書いてある。
みちに「とまれ」とかいてある。
Di jalan tertulis “berhenti!”

授業に興味のない人は、出て行け
じゅぎょうにきょうみのないひとは、でていけ
Kalian yang tak tertarik dengan pelajaran, keluar!

もう時間がない。急げ
もうじかんがない。いそげ
Sudah tak ada waktu. Bergegas!

4. Daftar Kosakata dari Contoh Kalimat

Berikut adalah daftar kosakata yang digunakan pada contoh kalimat di atas. 

KanjiHiragana/KatakanaRomajiArti
頑張るがんばるGanbaruSemangat, berjuang
みちMichiJalan
止まるとまるTomaruBerhenti
授業じゅぎょうJugyouPelajaran
興味きょうみKyoumiMinat
ひとHitoOrang
出るでるDeruKeluar
時間じかんJikanWaktu, jam
急ぐいそぐIsoguBergegas

Begitulah cara mengubah menjadi kata kerja bentuk perintah. Bagaimana mina-san, sudah hafal dengan cara mengubahnya? Mina-san harus hati-hati ya, jangan sampai tertukar antara kata kerja golongan satu dan dua, dan jangan lupa dengan perubahan golongan tiga yang berbeda dengan yang lain.

Sekian artikel tentang perubahan kata kerja bentuk perintah ini, semoga artikel ini bisa dengan mudah dicerna oleh mina-san, bisa bermanfaat bagi mina-san, dan bisa menjadi rujukan ketika mina-san kebingungan bagaimana cara mengubah bentuk menjadi bentuk perintah. Tetap semangat dan pantang menyerah mempelajari bahasa Jepang ya, mina-san!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!