Perubahan Kata Kerja Bentuk Kausatif | Bahasa Jepang

Konnichiwa, mina-san! Terima kasih telah mengunjungi situs web WKWK JAPANESE, ya! Selamat datang di artikel Perubahan Kata Kerja Bentuk Kausatif!

Sebelumnya kita sudah belajar tentang kata kerja bentuk pasif yakni ~れる atau られる. Apakah mina-san masih ingat dengan pembahasan materi tersebut? Kalau belum, bisa cek lagi di tautan ini ya!

Kali ini kita akan membahas “Perubahan Kata Kerja Bentuk Kausatif” atau dalam bahasa Jepang disebut dengan 使役形(shiekikei). Tanpa panjang lebar, kita langsung saja belajar bersama-sama yuk!

1. Tentang Kata Kerja Bentuk Kausatif

Kata kerja bentuk kausatif dalam bahasa Jepang mempunyai dua fungsi utama, yaitu ① menyuruh dan  ② mengizinkan. Karena bentuk ini mempunyai dua arti maka pembaca harus bisa membaca konteks dari kalimat supaya bisa menentukan apakah yang dimaksud adalah makna “menyuruh” atau justru makna “mengizinkan”.

Kata kerja bentuk ini sering digunakan dalam bahasa Jepang, khususnya untuk tata bahasa yang terkait dengan bahasa sopan (敬語: keigo), khususnya kata kerja sopan merendah (謙譲語: kenjougo). Sehingga bila mina-san ingin bekerja di perusahaan Jepang, maka penguasaan kata kerja bentuk kausatif ini tak bisa disepelekan dan harus diperlakukan dengan penuh perhatian.

2. Perubahan Kata Kerja Bentuk Kausatif

Pengubahan kata kerja menjadi bentuk kausatif akan menjadi lebih mudah apabila dimulai dari bentuk kamusnya. Kita akan memulai pembahasan perubahan berdasarkan tiga golongan kata kerja.

a. Kata Kerja Golongan 1 (Godan Doushi: 五段動詞)

Untuk golongan satu, huruf terakhir dari kata kerja bentuk kamusnya diubah menjadi vokal -A ditambah せる. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa yang berakhiran dengan huruf う tidak berubah menjadi あ, tetapi わ.

Bentuk KamusBentuk Kausatif
わせる
たせる
らせる
なせる
ばせる
ませる
かせる
がせる
させる

b. Kata Kerja Golongan 2 (Ichidan Doushi: 一段動詞)

Untuk golongan dua, hanya perlu mengubah huruf terakhir (る) menjadi させる. 

Bentuk KamusBentuk Kausatif
食べ食べさせる
開け開けさせる
させる
させる

c. Kata Kerja Golongan 3 (Fukisoku Doushi: 不規則動詞)

Untuk golongan tiga tidak punya aturan khusus, sehingga harus dihafalkan.

Bentuk KamusBentuk Kausatif
させる
させる

3. Contoh Kalimat: Kata Kerja Kausatif

Berikut adalah contoh kalimat kata kerja kausatif dalam bahasa Jepang yang bisa mina-san gunakan sebagai rujukan penggunaan dalam kalimat.

a. Menyuruh

お父さんは子供を学校に行かせる
おとうさんはこどもをがっこうにいかせる
Ayah menyuruh anaknya pergi ke sekolah.

先生は学生に宿題をやらせる
(Sensei-wa gakusei-ni shukudai-o yaraseru)
Guru menyuruh muridnya mengerjakan PR.

b. Mengizinkan

親が子供を公園で遊ばせる
おやがこどもをこうえんであそばせる
Orang tua mengizinkan anaknya bermain di taman.

お母さんが姉にゲームさせる
おかあさんがあねにゲームさせる
Ibu mengizinkan kakak perempuan bermain game.

c. Kapan Kita Tahu Artinya Menyuruh atau Mengizinkan?

Tentunya mina-san harus melihat konteks kalimat. Ada kalanya bisa diterjemahkan sebagai dua-duanya, baik itu menyuruh maupun mengizinkan.

4. Daftar Kata Baru dari Contoh Kalimat

Berikut adalah daftar kata baru dari contoh kalimat di atas.

KanjiHiragana/KatakanaArti
お父さんおとうさんAyah
子供こどもAnak
行くいくPergi
先生せんせいGuru
学生がくせいMurid
宿題しゅくだいPR
やるMengerjakan
おやOrang tua
公園こうえんTaman
遊ぶあそぶBermain
お母さんおかあさんIbu
あねKakak perempuan
ゲームPermainan

Itulah perubahan kata kerja bentuk kausatif dalam bahasa Jepang. Untuk penggunaannya secara lengkap termasuk partikelnya, akan dibahas kembali di lain berikutnya ya, karena di sini kita hanya belajar cara mengubahnya saja.

Sekian artikel tentang perubahan kata kerja bentuk kausatif ini, semoga bisa dengan mudah dicerna oleh mina-san, bisa bermanfaat bagi mina-san, dan bisa menjadi rujukan ketika mina-san kebingungan bagaimana cara mengubah bentuk menjadi bentuk kausatif. Tetap semangat dan pantang menyerah mempelajari bahasa Jepang ya, mina-san!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!