Perubahan Kata Kerja Bentuk Pasif

Konnichiwa, mina-san! Terima kasih telah mengunjungi situs web WKWK Japanese, ya! Selamat datang di artikel Perubahan Kata Kerja Bentuk Pasif!

Sebelumnya kita sudah belajar tentang kata kerja bentuk syarat yakni bentuk ~ば. Apakah mina-san masih ingat dengan pembahasan materi tersebut? Kalau belum, bisa cek lagi di tautan ini ya!

Kali ini kita akan membahas “Perubahan Kata Kerja Bentuk Pasif” atau dalam bahasa Jepang disebut dengan 受身形 (ukemikei). Tanpa panjang lebar, kita langsung saja belajar bersama-sama yuk!

1. Tentang Kata Kerja Bentuk Pasif

Kata kerja bentuk pasif dalam bahasa Jepang mempunyai fungsi yang sama dengan kata kerja pasif dalam bahasa Indonesia. Ciri-ciri kata kerja pasif dalam bahasa Indonesia adalah tambahan kata “di” di depan kata utama. Sedangkan dalam bahasa Jepang, ciri-ciri kata kerja pasif adalah ~れる atau ~られる di belakang kata kerja.

Kata kerja bentuk pasif dalam bahasa Jepang ini mirip dengan kata kerja bentuk kebisaan, jadi mina-san harus hafal baik-baik perubahan katanya supaya tidak tertukar antara satu bentuk dengan bentuk yang lain.

2. Perubahan Kata Kerja Bentuk Pasif

Pengubahan kata kerja menjadi bentuk ~ば akan menjadi lebih mudah apabila dimulai dari bentuk kamusnya. Kita akan memulai pembahasan perubahan berdasarkan golongan kata kerja yang terbagi menjadi tiga.

a. Kata Kerja Golongan 1 (Godan Doushi: 五段動詞)

Untuk golongan satu, huruf terakhir dari kata kerja bentuk kamusnya diubah menjadi vokal -A ditambah れる. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa yang berakhiran dengan huruf う tidak berubah menjadi あ, tetapi わ.

Bentuk KamusBentuk Pasif
われる
たれる
られる
なれる
ばれる
まれる
かれる
がれる
される

b. Kata Kerja Golongan 2 (Ichidan Doushi: 一段動詞)

Untuk golongan dua, hanya perlu mengubah huruf terakhir (る) menjadi られる. Perubahannya sama dengan perubahan bentuk kebisaan.

Bentuk KamusBentuk Pasif
食べ食べられる
開け開けられる
られる
られる

c. Kata Kerja Golongan 3 (Fukisoku Doushi: 不規則動詞)

Untuk golongan tiga tidak punya aturan khusus, sehingga harus dihafalkan.

Bentuk KamusBentuk Pasif
される
られる

3. Contoh Kalimat

ベル電話を発明する。電話がベルよって発明される。
ベルでんわをはつめいする。でんわがベルよってはつめいされる
Bell telah menciptakan telepon.Telepon diciptakan oleh Bell.
パンを食べるパンが妹食べられる
いもうとパンをたべるパンがいもうとにたべられる
Adik perempuan makan roti.Roti dimakan oleh adik perempuan.
あの人私をじっと見る私はあの人じっと見られる
あのひとわたしをじっとみるわたしはあのひとじっとみられる
Orang itu terus melihatku.Saya terus dilihat orang itu.

Itulah cara pengubahan kata kerja bentuk kamus menjadi kata kerja bentuk pasif. Untuk cara penggunaan dalam kalimat secara detail, akan dibahas di kali berikutnya karena penggunaan bentuk pasif ini ada cukup banyak. Terlebih, artikel ini hanya berfungsi sebagai pengantar akan bagaimana cara mengubah kata kerja menjadi bentuk pasif.

Sekian pembahasan mengenai “Perubahan Kata Kerja Bentuk Pasif” dalam bahasa Jepang. Mina-san tetap semangat mempelajari bahasa Jepang dan jangan menyerah ya! Semoga artikel ini bisa mudah dipahami oleh mina-san, dapat membantu pembelajaran mina-san, dan semoga bisa bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!