Pola Kalimat N5: ~ WA KOKO / SOKO / ASOKO DESU (~はここ・そこ・あそこです)

Mina-san, konnichiwa!

Kalau pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari pola kalimat yang menggunakan kata penunjuk bahasa Jepang Kore, Sore, Are” dan Kono, Sono, Ano” yang digunakan untuk menunjuk suatu benda atau orang, kali ini WKWK Japanese ingin mengajak kamu  mempelajari pola kalimat yang menggunakan kata penunjuk tempat yaitu Koko, Soko, Asoko.

Artikel kali ini akan memuat pembahasan mengenai penjelasan Koko, Soko, Asoko, pola kalimat yang dapat digunakan, cara bertanya serta daftar kosakata yang digunakan pada kalimat-kalimat yang ada di artikel ini loh! Untuk itu pastikan kamu membacanya sampai akhir ya!

Kalau begitu, langsung saja kita pelajari satu per satu yuk!

1. Arti

ここ (koko) artinya di sini.

そこ (soko) artinya di situ.

あそこ (asoko) artinya di sana.

2. Penjelasan

Koko, Soko, Asoko adalah kata penunjuk bahasa Jepang yang digunakan untuk menunjukkan lokasi atau tempat. Mari kita lihat masing-masing fungsi dari Koko, Soko, Asoko, yaitu:

ここ (koko) merupakan kata penunjuk yang digunakan untuk menunjukkan tempat pembicara berada atau tempat yang ada di dekat pembicara.

そこ (soko) merupakan kata penunjuk yang digunakan untuk menunjukkan tempat lawan bicara berada atau tempat yang ada di dekat lawan bicara.

あそこ (asoko) merupakan kata penunjuk yang digunakan untuk menunjukkan tempat yang jauh dari pembicara maupun lawan bicara.

 3. Pola Kalimat

Setelah mengetahui arti dan fungsi masing-masing kata penunjuk Koko, Soko, Asoko, sekarang ayo belajar pola kalimat yang menggunakan kata penunjuk ini yuk!

Rumus 1:

4. Contoh Kalimat

Contoh Kalimat 1:

教室はここです。
きょうしつはここです。
Ruang kelas ada di sini.

会議室はそこです。
かいぎしつはそこです。
Ruang rapat ada di situ.

トイレはあそこです。
Toilet ada di sana.

Selain menjadi predikat, kata penunjuk Koko, Soko, Asoko juga dapat ditukar menjadi subjek dengan menggunakan rumus di bawah ini:

Rumus 2:

Contoh kalimat 2:

ここは教室です。
ここはきょうしつです。
Di sini adalah ruang kelas.

そこはパン屋です。
そこはパンやです。
Di situ adalah toko roti.

あそこは事務所です。
あそこはじむしょです。
Di sana adalah kantor.

5. Kalimat Tanya

Kata tanya yang digunakan untuk kata penunjuk tempat Koko, Soko, Asoko adalah Doko (di mana). Lalu, bagaimana cara menggunakan kata tanya Doko dalam kalimat?

This image has an empty alt attribute; its file name is QaGt1vNQgpho6ku0pm0I_-gAVSw2wbyoAt9C3OgTKOfJZ2H8IP0LUqCLwTsxzZR4kMR7ec9WWUfH0iZdALB54jfRpMrb-MUPET3gQIqQnT0Kg2n18MMj3I7lm8_TOiWr8f_eXSuqalwJQyQ7iQ
#image_title

Contoh kalimat:

食堂はどこですか。
しょくどうはどこですか。
Kantin ada di mana?.

受付はどこですか。
うけつけはどこですか。
Meja resepsionis ada di mana?

6. Daftar Kosakata 

Itulah beberapa penjelasan mengenai Koko, Soko, Asoko yang merupakan kata penunjuk tempat dalam bahasa Jepang. Pada artikel ini kita telah sama-sama belajar bahwa ternyata Koko, Soko, Asoko dapat menjadi subjek atau predikat dengan menggunakan 2 pola kalimat yang berbeda. 

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat. Dan jangan lupa untuk membuat kalimat dari materi yang telah dipelajari ya!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!