Pola Kalimat N5: KORE / SORE / ARE WA ~ DESU (これ・それ・あれは~です)

Mina-san, ogenki desu ka?

Masih semangat belajar bahasa Jepang? Pasti masih ya! Kali ini WKWK Japanese kembali ingin mengajak kamu belajar lagi nih! Siap?

Selain huruf, kata kerja, kata sifat dan kata benda, dalam bahasa Jepang ada lagi materi dasar yang penting untuk dipelajari loh! Yaitu “Kata Penunjuk”. Ketika berbicara dengan bahasa apapun, kita pasti akan menjumpai saat di mana kita ingin menunjuk suatu barang dan mendeskripsikannya. Oleh karena itu, sebagai permulaan kali ini admin ingin mengajak kamu belajar bersama mengenai  Kata Penunjuk Benda, cara penggunaannya dalam kalimat dan cara bertanya.

Dewa, hajimemashou! 
(Kalau begitu, mari kita mulai!)

1. Arti

これ (kore) artinya “ini.

それ (sore) artinya itu.

あれ (are) artinya itu.

2. Penjelasan

Kore, Sore, Are adalah kata penunjuk yang digunakan untuk menunjuk suatu benda. Ketiga kata penunjuk ini memiliki fungsinya masing-masing, yaitu:

これ (kore) merupakan kata penunjuk yang digunakan saat pembicara menunjuk benda yang letaknya sangat dekat dengan pembicara atau sampai dapat dipegang.

それ (sore) merupakan kata penunjuk yang digunakan saat pembicara menunjuk benda yang letaknya jauh dari pembicara dan dekat dengan lawan bicara.

あれ (are) artinya “itu”. Sedikit berbeda dengan それ (sore), kata penunjuk ini digunakan saat benda yang ditunjuk letaknya jauh dari pembicara dan lawan bicara. Sehingga, あれ lebih mudah dipahami jika diartikan “itu”(yang jauh).

3. Pola Kalimat

Setelah mengetahui arti dan fungsi masing-masing dari kata penunjuk Kore, Sore, Are lalu bagaimanakah cara menggunakannya dalam kalimat?

4. Contoh Kalimat

これは辞書です
これはじしょです
Ini adalah kamus.

それは新聞です
それはしんぶんです。
Itu adalah koran.

あれはです
あれはかさです
Itu (jauh) adalah payung.

5. Kalimat Tanya

Kalimat Tanya 1

Seperti yang sudah pernah kita pelajari pada artikel sebelumnya tentang “Tata Bahasa / Pola Kalimat N5 : AはBですか”, untuk membuat kalimat pernyataan menjadi kalimat pertanyaan cukup dengan menambahkan partikel (ka) di akhir kalimat.

Pola kalimat tanya ini digunakan untuk mengkonfirmasi apakah benda yang disebutkan dalam kalimat benar atau salah, sehingga jawaban untuk kalimat tanya ini adalah “iya” atau “tidak”.

Contoh:

それは雑誌です
それはざっしです
Apakah itu majalah?

Cara menjawab:

Perhatikan kata penunjuk yang dipakai harus disesuaikan dengan posisi lawan bicara yang menjawab ya!

Jika jawabannya “iya” :

はい、これは雑誌です
はい、これはざっしです
Iya, ini adalah majalah.

Jika jawabannya “bukan” :

いいえ、これは雑誌ではありません。
いいえ、これはざっしではありません。
Tidak, ini bukan majalah.

Kalimat Tanya 2

Pola kalimat ini digunakan ketika ingin menanyakan benda apa yang ditunjuk.

Contoh:

これは何ですか。
これはなんですか。
Ini apa?

それは何ですか。
それはなんですか。
Itu apa?

あれは何ですか。
あれはなんですか。
Itu (jauh) apa?

Cara menjawab Kalimat Tanya 2 yaitu dengan menggunakan pola kalimat yang telah dijelaskan di atas  yaitu “Kore/ Sore/ Are wa ~ desu”.

Kalimat Tanya 3

Selain dua kalimat tanya di atas, pada dasarnya Kore, Sore, Are memiliki kata tanya khusus yaitu Dore yang artinya “yang mana?”. Kali ini ayo belajar cara membuat kalimat tanya menggunakan kata tanya Dore yuk!

Pola kalimat ini digunakan ketika ingin bertanya “yang mana” benda yang dimaksud di antara beberapa pilihan.

Contoh:

リンさんの本はどれですか。
リンさんのほんはどれですか。
(Rin-san no hon wa dore desu ka.)
Yang mana buku Rin?.

山崎さんのノートはどれですか
やまざきさんのノートはどれですか。
(Yamazaki-san no nooto wa dore desu ka.)
Yang mana buku catatan Yamazaki?

6. Daftar Kosakata

Bagaimana menurutmu materi kali ini? Mudah bukan?  Pada artikel kali ini kita telah sama-sama belajar mengenai kata penunjuk benda dalam bahasa Jepang, cara menggunakannya dalam kalimat dan beberapa cara bertanya mengenai kata penunjuk.

Penggunaan kata penunjuk ini terbilang mudah, namun ada juga yang sering keliru nih! Untuk itu saat menggunakannya hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah posisi benda dengan pembicara dan lawan bicara ya!

Jika dekat dengan pembicara menggunakan Kore, jika dekat dengan lawan bicara menggunakan Sore dan jika jauh dari pembicara maupun lawan bicara menggunakan Are.”

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!