Daruma: Misteri Boneka Tradisional Jepang

Bicara mengenai Jepang atau bahasa Jepang sebagian orang mempelajarinya untuk hal-hal praktis seperti ingin mengobrol dengan orang Jepang, bekerja di sana, atau bahkan sekadar menikmati karya-karya kontemporer sejenis kartun, komik, lagu-lagu pop dan seterusnya. Di balik itu, ada juga orang-orang yang belajar bahasa Jepang karena ingin mengetahui nilai budaya yang terkandung dalam negara mereka.

Selamat datang di situs web WKWK JAPANESE, situs belajar bahasa dan budaya Jepang yang dikelola oleh orang Jepang! Kalian bisa belajar banyak hal tentang bahasa di sini, mulai dari tata bahasa, kosakata, kanji, partikel dan lain sebagainya. Jangan sungkan-sungkan untuk mengunjungi situs web ini lagi, ya!

Di Indonesia kita mengenal dengan yang namanya jimat yang bisa mendatangkan hal baik atau keberuntungan kepada kita. Di Jepang pun terdapat jimat tradisional yang mempunyai sejarah yang panjang di negara Jepang. Jimat tersebut disebut sebagai daruma. Apa itu daruma? Mari kita bahas, yuk!

Oh iya, minasan jangan lupa baca juga artikel sebelumnya, ya!

Apa itu Daruma?

Daruma adalah sebuah boneka dengan wajah Daruma Daishi, yang bisa bangun dengan sendirinya meskipun terjatuh. Boneka ini populer sebagai jimat keberuntungan yang dapat mengabulkan keinginan apa pun.

Kebiasaan menaruh satu mata saat membuat permintaan dan menaruh mata lainnya saat permintaan tersebut terkabul masih dipraktekkan secara luas hingga saat ini. Daruma merupakan sosok yang dengan senang hati akan menerima apapun permintaan yang kamu miliki, seperti keberuntungan, anugerah, keselamatan keluarga, atau bahkan kemakmuran bisnis.

Sejarah Daruma

Daruma dimodelkan dari seorang pria bernama Daruma Daishi. Daruma Daishi adalah pendiri sekte Zen, yang menurut legenda, anggota tubuhnya membusuk setelah sembilan tahun melakukan meditasi menghadap dinding.

Awalnya lahir di India, Daruma Daishi melakukan perjalanan ke Cina di mana ia memperkenalkan dan menyebarkan ajaran Buddha Zen. Pada akhirnya, ajaran daruma sampai ke Jepang dan menyebar ke seluruh negeri, terutama di kalangan para samurai. Hal inilah awal mula produksi patung-patung tanpa lengan dan kaki pada periode Kamakura (1185-1333).

Pada Zaman Muromachi (1333-1573), okiagari koboshi yaitu ornamen dengan bagian bawah bulat yang tidak akan jatuh pertama kali diperkenalkan ke Jepang. Namun, boneka daruma yang sekarang ini digunakan, baru diciptakan pada sekitar Zaman Edo (1603-1868). Patung Daruma Daishi mulai dibuat dalam bentuk okiagari koboshi. Hal ini mencerminkan kedisiplinan Daruma Daishi untuk tidak patah semangat apapun kesulitan dan kesusahan yang dihadapi.

Makna Dari Mata Daruma

Boneka daruma biasanya dijual tanpa mata dan orang yang membeli boneka tersebut memasang matanya sendiri. Satu mata dimasukkan dengan sebuah harapan, dan mata lainnya dimasukkan ketika harapan itu terkabul. Pada dasarnya, mata kanan (mata kiri daruma) dimasukkan terlebih dahulu, dan mata kanan dimasukkan setelah keinginan terpenuhi.

Mata daruma dikatakan mewakili a-un (阿吽), dengan mata kiri mewakili a (阿) (awal dari segala sesuatu) dan mata kanan mewakili un (吽) (akhir dari segala sesuatu). Oleh karena itu aturan dasarnya adalah memulai dengan mata kiri yang melambangkan awal dari segala sesuatu.

Setelah permintaan dipenuhi dan boneka daruma telah mempunyai dua mata, diharapkan agar pemilik daruma mempersembahkannya di tempat membelinya sebagai tanda terima kasih. Meskipun tidak di tempat membeli, bisa juga membawanya ke kuil atau tempat lain untuk diberikan sebagai persembahan.

Makna Warna Daruma

Walaupun biasa berwarna merah, daruma juga mempunyai warna lain yang masing-masing mempunyai makna yang berbeda, loh.

Merah

Warna merah adalah warna yang digunakan selama berabad-abad dan dipercaya dapat mengusir roh jahat. Oleh karena itu warna ini memiliki sejarah tertua sebagai jimat keberuntungan untuk menolak penyakit dan kemalangan.

Warna ini masih menjadi warna yang populer hingga saat ini karena diasosiasikan dengan keselamatan rumah tangga dan keberuntungan.

Hitam

Warna hitam diasosiasikan dengan kemakmuran, khususnya dalam hal bisnis.

Warna hitam memberikan kesan kekuatan dan kekuasaan dan merupakan warna yang akan menbangkitkan motivasi. Daruma warna ini dianggap memiliki kekuatan untuk membawa keberuntungan finansial yang stabil dan berlebih, dan direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin membuat permintaan yang berkaitan dengan bisnis.

Emas

Warna emas mempunyai arti untuk meningkatkan keberuntungan finansial dan pekerjaan.

Warnanya yang cerah akan membuat suasana yang ceria tidak hanya di rumah, tetapi juga di kantor dan tempat lainnya. Warna ini direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin mewujudkan keinginan finansial mereka.

Kuning

Warna kuning memiliki arti kesuburan karena merupakan warna gandum yang siap dipanen. Warna ini juga memiliki arti impian yang tercapai.

Kuning adalah warna yang membuat orang yang melihatnya menjadi ceria. Daruma ini dapat menjadi hadiah yang ideal untuk membuka toko baru atau berganti pekerjaan.

Putih

Warna putih memiliki makna lulus dan mencapai tujuan.

Daruma putih juga merupakan warna yang telah digunakan sejak awal diproduksinya daruma dan memiliki sejarah yang mendalam. Warna putih juga memiliki citra yang murni dan suasana yang segar.

Kesimpulan

Daruma merupakan jimat keberuntungan tradisional Jepang, sebuah simbol untuk menjaga semangat dan doa. Awalnya, jimat ini meniru gambar Daruma Daishi yang mengenakan jubah merah yang sedang bermeditasi. Selain spiritualitas Daruma Daishi yang tak kenal lelah dan jatuh tujuh kali dan bangkit delapan kali. Kombinasi pola keberuntungan dan elemen harapan menjadikan daruma menjadi jimat keberuntungan yang populer hingga saat ini.

Daftar Pustaka

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!