Strategi Menyikat Habis N4 dalam 3 Bulan!

Setelah lulus JLPT N5, langkah minasan berikutnya adalah menguasai JLPT N4. Sebetulnya perbedaan kesulitan di antara keduanya tidak terlalu jauh, namun tetap memakan waktu. Namun minasan tidak perlu risau, karena minasan pasti bisa menguasai N4 secara tuntas hanya dengan waktu 3 bulan! Bagaimana caranya? Yuk simak artikel ini sampai habis ya.

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti, hendaknya kita mengetahui terlebih dahulu apa tolok ukur keberhasilan kelulusan JLPT N4. Tidak ada sumber resmi yang dapat mengatakan secara rinci dan konkret ada berapa kanji, kata, dan tata bahasa yang harus dihafal, namun JLPT memberikan gambaran kira-kira keahlian berbahasa seperti apa yang menjadi target kelulusan.

Dilansir dari situs resmi JLPT, tolok ukur utama adalah:

 基本的な日本語を理解することができる。
Dapat memahami bahasa Jepang dasar.

Dari sana juga oleh mereka dipecah kembali menjadi dua kategori, yaitu kategori membaca dan mendengar. Untuk membaca adalah:

基本的な語彙や漢字を使って書かれた日常生活の中でも身近な話題の文章を、読んで理解することができる。
Dapat membaca dan memahami bacaan dengan tema sehari-hari yang ditulis dan disusun atas kanji dan kosakata dasar.

Sedangkan target kemampuan mendengar adalah:

日常的な場面で、ややゆっくりと話される会話であれば、内容がほぼ理解できる。
Hampir bisa memahami isi dari percakapan sehari-hari yang diucapkan agak lambat.

Pembuatan Rencana Belajar

Target yang akan minasan buat di sini adalah lulus JLPT N4 dalam 3 bulan. Namun dengan catatan, minasan sebelumnya sudah menguasai materi JLPT N5. Apabila minasan masih belum menguasai materi sebelumnya maka waktu yang diperlukan tentu akan bertambah.

Beberapa hal penting yang dapat membantu pembuatan rencana pembelajaran adalah mengetahui seluruh materi yang akan dipelajari supaya minasan bisa membagi rata kapan akan mempelajari materi tersebut. Materi tersebut dapat diambil dari berbagai sumber, seperti situs web, tentunya WKWK JAPANESE juga punya materi N4, kemudian buku-buku yang dikhususkan untuk membahas materi JLPT N4 saja.

Buku-buku yang kami rekomendasikan untuk minasan pelajari adalah:

  1. Shinkanzen Master N4
  2. Sou Matome N4
  3. Dekiru Nihongo Shochukyu
  4. Minna no Nihongo 2, dll

Buku-buku tersebut tentu saja bukan tanpa kekurangan. Sebagian besar mengharuskan minasan memiliki guru agar bisa mengerahkan kemampuan buku secara sempurna. Hal itu tidak perlu minasan pikirkan apabila minasan mengikuti kelas intensif online WKWK JAPANESE karena semua sudah disiapkan dan minasan hanya perlu duduk manis menunggu jadwal kelas dan fokus pada pembelajaran bahasa Jepang inti.

Target Penguasaan JLPT N4 secara Konkret

Meski di bagian sebelumnya dijelaskan bahwa tidak ada sumber resmi yang dapat memastikan, setidaknya ada sejumlah prediksi dari beberapa pihak yang tentunya tidak sama persis satu sama lain. Prediksi pilihan WKWK JAPANESE adalah sesuai dengan yang tertera pada artikel Mengenai Ujian JLPT, yakni:

Kanji: 170 kanji

Kosakata: 1.258 kata

Tata Bahasa: 78 tata bahasa

Pembuatan Jadwal Harian

Berdasarkan informasi total masing-masing kategori yang harus minasan hafalkan, minasan dapat langsung membagi materi-materi tersebut sehingga cukup untuk dipelajari dalam waktu 4 bulan.

Berdasarkan Buku

Apabila minasan telah menentukan menggunakan buku apa sebagai media belajar, minasan dapat membagi waktu berdasarkan bab yang ada di buku tersebut. Misalnya dengan menggunakan buku Dekiru Nihongo yang memiliki 15 topik dengan 2 subtopik per topiknya, minasan bisa membuat rencana pembelajaran seperti berikut:

3 bulan = 90 hari
15 topik / 90 hari = 0.16 topik per hari

Yang berarti seharinya belajar 0.2 topik, jumlah yang sangat sedikit untuk porsi belajar harian. Namun ini adalah rencana belajar dengan asumsi belajar setiap hari tanpa libur dan tidak meluangkan waktu untuk review. Idealnya, sepekan sebelum ujian tidak lagi menambah materi dan hanya fokus review saja agar otak tidak bekerja terlalu keras. Coba kita ubah belajar hanya pada hari kerja saja.

3 bulan = (5 hari x 12 minggu) = 60 – (5 hari untuk review) = 55

Apabila kita asumsikan belajar 1 sub topik setiap harinya, maka kita hanya membutuhkan waktu 30 hari yang berarti satu bulan setengah.

Tentunya belajar JLPT tidak hanya soal tata bahasa dan kosakata, tetapi juga kanji, dokkai, juga choukai. 25 hari yang tersisa inilah yang kita alokasikan untuk mempelajari tiga sisanya ini. Minasan dapat membagi sendiri kira-kira perlu belajar berapa bab sehari mengikuti perhitungan yang telah dicontohkan di atas.

Tanpa Buku

Apabila minasan belajar tanpa buku, minasan tidak perlu risau karena situs WKWK JAPANESE juga menyediakan materi N4 gratis yang bisa minasan manfaatkan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Untuk daftar materi N4 silakan merujuk pada Daftar Artikel N4 ini ya!

Poin-Poin Pembelajaran

Belajar tentu tidak bisa asal-asalan. Berikut adalah beberapa panduan yang bisa minasan jadikan landasan untuk belajar!

Pembelajaran Tata Bahasa

Perubahan Bentuk Kata N4

Poin pembelajaran tata bahasa adalah menguasai perubahan kata secara sempurna. Misalnya perubahan kata kerja bentuk -TE, kata kerja lampau, kata sifat persyaratan dan lain sebagainya harus dikuasai hingga tuntas. Tak bisa mengubah kata akan membuat pemahaman tata bahasa menjadi tidak maksimal karena aku terus berfokus bagaimana cara mengubah kata.

Tata bahasa N4 juga kebanyakan memiliki poin penting yang mengharuskan minasan berpikir kiranya kalimat sebelumnya menggunakan bentuk apa nuansanya seperti apa. Contoh kecil adalah tata bahasa ~て dengan ~ので.

Contoh kalimat:

① 試験に合格して、嬉しい!
② 事故があったので、会社に遅れました。

Dua-duanya sama-sama diterjemahkan karena dalam bahasa Indonesia. Yang membedakan adalah nuansa dan konteks penggunaan. ① harus diikuti oleh perasaan dan umumnya subjektif, sedangkan ② sesuatu yang bersifat objektif yang tidak menunjukkan adanya perasaan. Perbedaan yang dirasa kecil seperti inilah yang banyak menjebak peserta ujian. Jadi, persiapkan betul-betul ya, minasan!

Praktik Membuat Kalimat

Setelah mempelajari banyak tata bahasa berikutnya minasan coba membuat kalimat berdasarkan ilmu tersebut. Namun tentunya minasan juga hendaknya memiliki seorang korektor, bisa dari teman orang Jepang atau orang yang ahli di bidangnya. (Kalian bisa juga menjadikan sensei WKWK JAPANESE sebagai korektor loh. Hehe)

Mengerjakan Soal Uji Coba

Setelah minasan menyelesaikan semua materi, sebaiknya minasan juga mengukur pemahaman dengan mengerjakan soal uji coba, bisa dengan membeli bank soal resmi JLPT atau mengerjakan soal-soal yang beredar di internet. Setelahnya, minasan nilai diri sendiri berdasarkan jawaban yang salah, dan kembali mengulangi pelajaran yang dirasa kurang paham sering lupa.

Kesimpulan

Pertama-tama minasan ketahui target, kemudian mengenali materi yang akan dipelajari, kemudian mengalokasikan waktu supaya dapat mencapai target tersebut dalam masa waktu yang telah ditentukan. Tidak lupa dengan memperhatikan poin-poin yang mesti dipelajari ketika mempelajari tata bahasa.

Bagaimana, minasan? Sudah percaya diri akan bisa lulus JLPT N4 nanti? Semangat belajarnya, ya!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!