Strategi Menyikat Habis N3 dalam Waktu 6 Bulan!

Setelah lulus JLPT N4, maka kini saatnya minasan naik ke level berikutnya, yakni JLPT N3. Tentunya ia lebih sulit daripada N4, namun sebenarnya jaraknya tidak terlalu jauh. Bahkan, N3 adalah level yang baru.

Dahulu JLPT hanya mempunyai 4 tingkatan, yakni dari 4 hingga 1, disebut dengan 4級 (yonkyuu) hingga 1級 (ikkyuu). Level N3 dibentuk karena adanya keluhan dari 3級 ke 2級 jaraknya terlalu jauh. Maka dari sini dapat disimpulkan level N3 seharusnya tidak begitu sulit.

Bahasan kali ini adalah bagaimana caranya dapat menguasai JLPT N3 dalam 6 bulan, atau bahkan kurang jika minasan tekun, mulai dari pemilihan materi, pemilihan buku, pembuatan rencana belajar hingga eksekusi pembelajaran.

Apabila datang pertanyaan yang berbunyi, “mengapa harus membuat jadwal belajar padahal belajar bisa dilakukan sesukanya?” maka jawaban yang tepat untuk itu adalah, “supaya belajar menjadi lebih terstruktur dan melatih diri agar semakin disiplin.”

Berikut adalah bagaimana cara lulus JLPT N3 dalam 6 bulan ala WKWK JAPANESE!

Jadwal Pembelajaran

Yang pertama kali mesti dilakukan adalah penentuan target, yang pada kali ini adalah lulus N3 dalam waktu 6 bulan. Kita juga harus menentukan dalam sehari belajar berapa jam, sepekan berapa hari, dan sebulan berapa pekan.

Berikutnya adalah mengenal standar kelulusan yang ditetapkan oleh penyelenggara ujian. Berdasarkan situs web resmi JLPT, dapat diketahui bahwa tolok ukur kelulusan JLPT N3 pada dasarnya adalah:

日常的な場面で使われる日本語をある程度理解することができる。
Dapat memahami bahasa Jepang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari hingga tingkatan tertentu.

Tentunya target ini bukan berarti minasan harus mengetahui segalanya tentang bahasa Jepang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun cukup memahami sebagian karena memang disitu tertulis hingga tingkatan tertentu.

Mengenali Materi

Sesuai dengan yang tertera di artikel WKWK JAPANESE yang berjudul Mengenai Ujian JLPT, dapat diketahui bahwa pembelajar N3 wajib mempelajari 370 kanji baru, 90 tata bahasa baru, dan 1.744 kata baru. Angka tersebut mungkin terdengar fantastis, namun bila dipelajari konsisten hari demi hari angka tersebut tidak akan berasa.

Selain kanji, goi, dan bunpo, minasan juga jangan melupakan eksistensi dokkai dan chokai. Dua komponen ini juga memerlukan perhatian ekstra untuk teknik pengerjaannya.

Dari beberapa uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa JLPT N3 ini memiliki 5 bagian yang harus dikuasai, yakni kanji, goi, bunpo, dokkai, dan chokai.

Langkah berikutnya adalah menentukan apa yang akan dipelajari pada hari tersebut, pengelompokan tema, hingga berapa jam akan belajar. Tetapi, minasan akan merasa jauh lebih mudah mengelompokkan bila dari awal menentukan bahan belajar yang tepat. Misalnya menggunakan buku Nihongo Sou Matome N3 yang membagi babnya per hari, sehingga minasan tidak perlu repot-repot berpikir dan hanya perlu mengikuti alur yang telah disediakan oleh buku tersebut, yang menjanjikan lulus N3 dalam waktu 3 bulan.

Sebuah saran dari praktisi pendidikan, hendaknya minasan tidak menggunakan satu buku saja sebagai acuan, alasannya adalah, 1) bisa jadi penjelasannya kurang lengkap, 2) bisa jadi materi yang disajikan tidak lengkap. Maka dengan memperbanyak buku minasan akan bisa mengurangi risiko salah paham dan kekurangan materi.

Selain menggunakan buku minasan juga dapat memanfaatkan situs web WKWK JAPANESE yang juga menyediakan materi untuk JLPT N3 (selain dokkai dan chokai). Buat minasan yang ingin belajar menggunakan materi yang ada di situs web silakan merujuk pada Daftar Artikel N3 ya.

Poin-Poin Penting

Tidak seperti N5 dan N4 yang tata bahasanya adalah sesuatu yang baru, mulai dari N3 ke atas pada dasarnya adalah pengembangan dari tata bahasa yang telah dipelajari di level sebelumnya, namun tentunya tata bahasa tersebut walau bisa dikatakan mirip ternyata memiliki perbedaan yang sangat harus diperhatikan. Misalnya tata bahasa ~た方がいい dalam tata bahasa N3 dapat ditemui こと、なさい、べき dan seterusnya. Perbedaan tersebut bisa terletak pada bentuk, konteks, pelaku, ragam formal, kesopanan, sudut pandang, dan lain sebagainya.

Begitu pula dengan kosakata, banyak kata mirip yang apabila diterjemahkan terkesan tidak ada bedanya dengan kata lain. Terkadang perbedaan tersebut terletak pada partikel, kata yang mengikuti, atau bahkan nuansanya. Maka dari itu ketika sudah memasuki N3 sebaiknya minasan mulai mempertimbangkan menggunakan kamus Jepang-Jepang untuk mencari tahu dan membandingkan perbedaan satu kata dengan kata lain serta cara menggunakan yang benar.

Jadwal Belajar Mandiri Menggunakan WKWK JAPANESE

Berikut adalah pembelajaran selama 6 bulan (tanpa dokkai dan chokai) yang bisa minasan gunakan sebagai batu pijakan untuk belajar.

Sejauh ini artikel N3 di WKWK JAPANESE sudah mencapai 186 artikel. 3 di antaranya adalah kanji (370 kanji), 58nya adalah kosakata, dan sisanya adalah tata bahasa. Mari kita coba bagi tiga materi tersebut sama rata.

370 kanji / 16 pekan = 24 kanji per pekan
58 bab kosakata / 16 pekan = 4 bab per pekan
128 bunpo / 16 pekan = 8 bunpo per pekan

Dengan mengikuti jadwal tersebut selama 6 bulan, minasan dijamin akan lulus JLPT N3 asalkan belajar dengan tekun. Walau materi belum sempurna, masih tetap sangat membantu apalagi nilai minimal lulus N3 tidak setinggi itu.

Kesimpulan

Memang tidak mudah, namun setidaknya minasan mempunyai gambaran bagaimana cara lulus N3 dalam 6 bulan. Yaitu dengan mengikuti jadwal belajar yang telah dibuat sedemikian rupa berdasarkan materi.

Bila minasan merasa bingung dan butuh seorang pendamping untuk belajar, kebetulan kami sedang buka kelas intensif online loh! Apalagi buat minasan yang perlu seorang korektor untuk membetulkan kalimat yang minasan coba buat.

Kelas Intensif

Oh iya, kalau mina-san ingin tahu lebih detail tentang pembahasan ini atau mungkin ingin belajar Bahasa Jepang dengan guru agar bisa berinteraksi langsung?

Sekian untuk artikel kali ini. Semoga bisa membantu mina-san untuk belajar bahasa Jepang. Terima kasih sudah mampir di situs web WKWK JAPANESE! Jangan sungkan-sungkan untuk mampir lagi ya~

さいまでんでくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah mau membaca sampai habis!