Pola Kalimat N5: (KS + KB) WO~MASU を~ます

Konnichiwa! Ogenki desu ka?

Apakah kamu sudah siap belajar pola kalimat baru hari ini? 

Pada artikel sebelumnya, kita telah sama-sama mempelajari cara menggunakan kata sifat sebagai modifikator kata benda melalui pola kalimat “KS + KB desu”. Kali ini ayo belajar cara mengungkapkan kegiatan dengan menjelaskan objeknya menggunakan frasa nomina! 

Oke, langsung saja kita mulai pelajari bersama-sama yuk!

1. Pola Kalimat

(KS+KB) ~ます
(KS+KB) ~masu

2. Arti

Melakukan ~ yang ~

3. Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan melakukan suatu kegiatan dan menjelaskan keadaan dari objek.

Keadaan dari objek di jelaskan dengan kata sifat yang harus diletakkan di depan kata benda yang merupakan objek dari kegiatan.

Gabungan kata sifat dan kata benda merupakan frasa nomina, di mana kata sifat berperan sebagai modifikator/penjelas dari kata benda.

Umumnya kata kerja yang digunakan pada pola ini, yakni: kata kerja bentuk-MASU. Akan tetapi, kata kerja dengan bentuk yang lain juga dapat digunakan.

4. Rumus

5. Contoh Kalimat

辛い食べ物を食べました。
からいたべものをたべました。
(Saya) sudah makan makanan yang pedas.

青い浴衣を着ます。
あおいゆかたをきます。
(Saya) akan memakai yukata yang berwarna biru.

綺麗な花火を見ました。
きれいなはなびをみました。
(Saya) sudah melihat kembang api yang indah.

面白い映画を見ました。
おもしろいえいがをみました。
(Saya) sudah menonton film yang menarik.

叔母さんは、高いネックレスを買いました。
おばさんは、たかいネックレスをかいました。
Tante sudah membeli kalung yang mahal.

私は、母に綺麗な花をあげます。
わたしは、ははにきれいなはなをあげます。
Saya akan memberikan bunga yang indah kepada ibu saya.

6. Daftar Kosakata

Bagaimana materi hari ini? Apakah kamu sudah memahami fungsi dan cara menggunakannya?

Pola kalimat ini merupakan pengembangan dari pola kalimat yang telah kita pelajari sebelumnya yaitu mengenai “Kata Sifat sebagai Modifikator Kata Benda”. Kata benda memang sering dipasangkan/dimodifikasi dengan jenis kata lain sehingga membentuk frasa nomina. Pada penggunaan kata sifat bahasa Jepang, jangan lupa mengenai aturan kata sifat-i dan kata sifat-na yang berbeda ya! Jika sudah paham cara menggunakan pola ini, silahkan latihan membuat kalimat sendiri agar kamu bisa semakin menguasai materi ini.

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan mengenai pola kalimat di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!