10 Kata Kerja “Memakai” dalam bahasa Jepang

Tahukah kamu kalau dalam bahasa Jepang, kata kerja “memakai” yang berkaitan dengan pakaian hanya satu, loh! Akan tetapi, ada banyak!

Ragam kata kerja “memakai” dalam bahasa Jepang digunakan tergantung di mana dan benda apa yang dikenakan. Padahal, kalau dalam bahasa Indonesia kata “memakai” bisa digunakan untuk semua jenis pakaian, kan? Itulah unik dan menariknya bahasa Jepang 🙂

Kali ini, ayo sama-sama kenali ragam kata kerja “Memakai” dalam bahasa Jepang! Pada artikel ini tidak hanya menyajikan daftar kata kerjanya saja, melainkan ada lawan kata dan contoh penggunaannya dalam kalimat, loh! Jadi, langsung saja simak pembahasannya ya!

A. Ragam Kata Kerja “Memakai” dalam bahasa Jepang

1.

Kata kerja ini digunakan saat menyatakan memakai pakaian yang menutupi tubuh bagian atas maupun seluruh tubuh, seperti: kaos, kemeja, jaket, kimono, yukata, gaun dan lain-lain.

Lawan kata dari (kiru) adalah (nugu) yang artinya “melepas”.

2. 羽織はお

Kata kerja ini digunakan saat menyatakan memakai pakaian tambahan untuk tubuh bagian atas yang bahannya ringan atau mudah dilepas seperti: kardigan, mantel dan lain sebagainya.

Lawan kata dari 羽織る (はおる)adalah 脱ぐ (ぬぐ)yang artinya “melepas”.

3. かぶ

Kata kerja ini digunakan saat menyatakan memakai sesuatu yang menutupi bagian kepala, seperti: topi, helm, kerudung dan lain-lain.

Lawan kata dari かぶ(kaburu) adalah (toru) yang artinya “mengambil” tetapi pada situasi ini diartikan “melepas”.

4. かける

Kata kerja ini digunakan saat menyatakan memakai sesuatu dengan menggantungnya pada bagian tubuh. Kata ini paling sering digunakan untuk menyatakan memakai kacamata.

Lawan kata dari かける adalah 取るyang artinya “mengambil” tetapi pada situasi ini diartikan “melepas”.

5.

Kata kerja ini memiliki arti menggulung/ melilitkan/ melingkar atau membalut sehingga umumnya digunakan saat menyatakan memakai sesuatu dengan melingkarkannya pada bagian tubuh, misalnya saat memakai syal.

Lawan kata dari juga sama dengan lawan kata dari kata kerja kaburu dan kakeru, yaitu yang artinya “mengambil” tetapi pada situasi ini diartikan “melepas”.

6. める

Kata kerja ini digunakan saat menyatakan memakai dasi. Sedangkan, arti sebenarnya dari める adalah mengikat. Selain itu, kata kerja lain juga dapat digunakan untuk menyatakan memakai dasi, yaitu

Lawan kata dari めるadalah はず yang artinya “melepas”.

7. 履く(haku)

Kata kerja ini digunakan saat menyatakan memakai pakaian yang menutupi tubuh bagian bawah yaitu dari bagian pinggang ke bawah, seperti: celana atau rok. Selain itu, sepatu dan kaos kaki juga menggunakan kata kerja ini.

Lawan kata dari 履く(haku) adalah 脱ぐ(nugu) yang artinya “melepas”.

8. つける(tsukeru)

Kata kerja ini digunakan saat menyatakan memakai aksesoris, seperti: kalung, gelang, anting-anting, jam dan lain-lain.

Lawan kata dari つける (tsukeru)  adalah 取る (toru) yang diartikan “melepas”.

9.する (suru)

Sama dengan kata kerja つける(tsukeru ), kata kerja ini juga digunakan saat menyatakan memakai aksesoris, seperti: kalung, gelang, anting-anting, jam dan lain-lain.

Lawan kata dari する(suru) adalah 取る(toru) yang diartikan “melepas”.

10. はめる(hameru)

Kata kerja ini digunakan untuk menyatakan memakai sesuatu dengan memasang, melingkarkan atau menyisipkan pada bagian tubuh, misalnya memakai cincin atau sarung tangan.

Lawan kata dari はめる (hameru) adalah 脱ぐ (nugu) yang artinya “melepas”.

B. Pola Kalimat

C. Contoh Kalimat

シャツを着ます
シャツをきます
Memakai kemeja.

浴衣を着ている人は、マイラさんです。
ゆかたをきているひとは、マイラさんです。
Orang yang sedang memakai yukata adalah Maira.

カーディガンを羽織っています。
カーディガンをはおっています。
Sedang memakai kardigan.

赤ちゃんは、帽子を被っていて、とても可愛いです。
あかちゃんは、ぼうしをかぶっていて、とてもかわいいです。
Bayi sedang memakai topi dan sangat imut/lucu.

ナナさんは、眼鏡をかけている人です。
ナナさんは、めがねをかけているひとです。
Nana adalah orang yang sedang memakai kacamata.

マフラーを巻いています。
マフラーをまいています。
Sedang memakai syal.

お父さんは、ネクタイを締めています。
おとうさんは、ネクタイをしめています。
Ayah sedang memakai dasi.

靴を脱いでください。
くつをぬいでください。
Tolong lepaskan sepatu.

イヤリングをつけています。
Sedang memakai anting-anting.

ベルトをしています。
Sedang memakai ikat pinggang.

彼女の薬指に指輪をはめます。
かのじょのくすりゆびにゆびわをはめます。
(Saya) akan memakaikan cincin di jari manis dia (perempuan).

D. Daftar Kosakata

Bagaimana pembahasan tadi? Menarik, kan?

Dari 10 kata kerja di atas, ada berapa kata kerja nih yang sudah kamu ketahui sebelumnya?

Jika kamu merasa agak sulit untuk menghafalkan 10 kata kerja di atas, silahkan menguasai 5 kata kerja dasar dulu saja ya! Yaitu: 着る (kiru), 履く (haku), 被る (kaburu), かける (kakeru)

dan する (suru). Karena 5 kata kerja ini termasuk yang lebih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Ohya, jangan lupa untuk membuat kalimat sendiri sebagai latihan ya!

Semoga informasi mengenai “10 Kata Kerja Memakai dalam bahasa Jepang” yang telah dibahas pada artikel ini dapat menambah pengetahuanmu dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!