3 Bulan Bisa Lulus JLPT N5?

Kurang dari tiga bulan lagi JLPT di bulan Desember akan datang. Supaya bisa mengerjakan ujian dengan baik dan meningkatkan kemungkinan untuk lulus, sebaiknya mina-san mulai mempersiapkan bekal belajar dari jauh-jauh hari.

Artikel kali ini akan membahas tentang lulus JLPT N5 ala WKWK JAPANESE. Jangan sungkan untuk simak artikel ini sampai habis ya!

Lulus JLPT N5 ala WKWK JAPANESE

WKWK JAPANESE mempunyai dua tips dan trik untuk mina-san supaya bisa lulus JLPT nantinya. Yang pertama adalah belajar sendiri menggunakan peta belajar yang telah kami sediakan, atau mengikuti kelas online WKWK JAPANESE. Kalau kalian bingung ketika belajar sendiri dan ada banyak yang ingin ditanyakan, maka ikut kelas online WKWK JAPANESE adalah pilihan yang tepat karena senseinya mumpuni dan mina-san bisa bertanya di grup kelas kapan saja selama 24 jam.

Peta Belajar

Untuk peta belajar, silakan merujuk pada link berikut ya.
Daftar Artikel N5.

Pada dasarnya mina-san akan bisa menyelesaikan materi N5 kurang dari 3 bulan apabila konsisten membaca dan memahami setidaknya 10 artikel per harinya. Semua orang tentu memiliki kecepatan belajar yang tidak sama, oleh karenanya bisa jadi minasan mundur dari jadwal yang ditentukan atau bahkan lebih cepat.

Untuk artikel N5 sendiri ada sebanyak 150an buah, yang berarti bila mina-san ingin lulus pada bulan Desember nanti, mulai dari sekarang mina-san harus membaca dan memahami setidaknya 5 artikel dalam sehari.

Belajar di Kelas WKWK JAPANESE

Alternatif lain, kalian juga bisa daftar kelas online intensif WKWK JAPANESE pemula yang berlangsung selama 3 bulan lamanya, yang dibimbing oleh guru yang berkualitas dan materi yang dicek oleh orang Jepang langsung. Mina-san juga tidak perlu bingung membaca dan memahami materi sendiri. Selain itu, mina-san juga bisa berlatih bercakap-cakap menggunakan bahasa Jepang bila ikut kelas online intensif loh.

Jadi, tunggu apa lagi?

Tips Mempersiapkan JLPT

Selain mempersiapkan pemahaman materi, ada juga aspek lain yang perlu dipersiapkan, di antaranya adalah barang-barang yang akan dibawa ketika ujian nanti dan kegiatan persiapan lainnya.

Mempersiapkan Alat

Supaya pada hari-H ujian tidak panik, sebaiknya alat-alat yang akan digunakan pada ujian dipersiapkan dengan matang. Beberapa barang yang mesti dibawa dari rumah adalah sebagai berikut:

Pensil 2B

Untuk meminimalisir lembar jawaban tidak dapat dibaca oleh komputer, hendaknya yang dibawa ke ruang ujian adalah pensil yang sudah terjamin bisa dibaca oleh komputer, yang umumnya adalah pensil yang ditandai dengan 2B. Bisa jadi pensil lain juga bisa, namun baiknya tidak mencoba-coba perihal ini, karena resikonya nilai tidak keluar, menjadikan waktu dan uang terbuang sia-sia.

Penghapus Karet (opsional)

Penghapus karet ini akan sangat berguna apabila menyadari ada kekeliruan dalam pilihan jawaban. Tidak membawa penghapus karet tidak menyebabkan peserta didiskualifikasi, namun karena manusia tak tahu kapan dia salah, maka sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu sebagai bentuk persiapan yang matang.

Orotan Pensil (opsional)

Pensil yang bukan pensil mekanik kerap kali mengalami ketumpulan apalagi jika digunakan untuk menulis terus-menerus. Pensil yang tumpul memang tidak ada salahnya, namun untuk menjamin kenyamanan dalam mengerjakan, sebaiknya benda ini dibawa.

Kartu Ujian

Benda ini adalah benda wajib yang harus dibawa. Kartu ujian ini berfungsi sebagai validator yang membolehkan peserta mengikuti ujian. Tanpa kartu ujian bisa jadi peserta tidak diperbolehkan mengerjakan ujian karena tidak ada bukti konkret yang menyatakan bahwa ia adalah peserta ujian.

Kartu Identitas

Untuk mengetahui apakah peserta yang datang benar-benar orang yang mendaftar, kartu identitas adalah benda yang tak bisa dilewatkan. Fungsi lain dari kartu identitas juga meminimalisir adanya praktek perjokian yang umum terjadi dalam ujian.

Memastikan Tempat Ujian

Beberapa hari sebelum ujian berlangsung, peserta akan menerima surel yang memberitahu alamat pasti tempat dilangsungkannya ujian dan peserta akan ikut di ruang yang mana. Supaya di hari-H tidak bingung mencari ruang ujian dan meminimalisir kepanikan, maka hendaknya melihat-lihat dahulu sehari sebelum ujian ya! Biasanya memang tempat penyelenggaraan dibuka bagi peserta ujian beberapa hari sebelum ujian dilangsungkan.

Selain lokasi, waktu menuju lokasi ujian dan menggunakan transportasi apa juga harus dipikirkan. Dengan memperhitungkan aspek lain seperti kemacetan mendadak dan lain-lain, hendaknya menghitung waktu supaya bisa sampai di lokasi ujian dua jam sebelum dimulai.

Mengusahakan Kebiasaan Baik

Kebiasaan baik bagi setiap orang berbeda-beda dan merupakan sesuatu yang subjektif. Kebiasaan baik bagi sekelompok orang mungkin dianggap kebiasaan buruk oleh sebagian kelompok yang lain dan begitu pula sebaliknya. Beberapa kebiasaan baik yang bisa membantu menaikkan persentase kelulusan JLPT adalah:

Tidur cukup

Begadang setiap hari hanya akan membawa efek yang buruk. Di antaranya adalah mengantuk ketika ujian atau bahkan pusing yang membuat pengerjaan menjadi kurang fokus. Maka hendaknya usahakan untuk tidur cukup setidaknya hingga setelah ujian.

Membuat jadwal yang realistis

Karena masih ada banyak waktu hingga waktu ujian tiba, membuat jadwal belajar yang realistis adalah salah satu cara untuk membuat diri tidak terbebani dan stres. Kunci dari membuat jadwal yang realistis adalah konsistensi. Asalkan bisa konsisten setiap hari, belajar sedikit materi dalam satu hari pun seharusnya tidak akan menjadi masalah.

Sering mengulas pelajaran

Banyak orang mengira apabila telah mempelajari sesuatu maka tidak perlu mengulang lagi. Padahal, penguasaan materi itu hanya bisa dilakukan dengan mengulang-ulang. Orang yang terus-menerus mempelajari materi baru tanpa mengulas kembali materi-materi yang sudah lewat, layaknya gelas yang diisi air terus menerus dan tumpah. Jadi jangan malas untuk mengulas kembali ya!

Perbanyak Mengerjakan Soal

Membiasakan diri untuk mengerjakan soal latihan juga akan berdampak positif dan meningkatkan persentase keberhasilan ujian. Ketika dihadapkan dengan ujian, bisa jadi peserta akan berpikir, “Kalau soal seperti ini sih sebelumnya sudah pernah.” Akhirnya, peserta bisa mengerjakan soal ujian dengan mudah hingga ujian selesai. Soal-soal latihan dapat ditemukan di buku, video, aplikasi belajar, maupun website.

Berdoa

Satu hal yang tak kalah penting adalah berdoa. Beberapa orang menganggap remeh kegiatan ini, padahal kegiatan ini dapat memberikan dukungan mental yang sangat kuat terlebih apabila peserta ujian adalah orang yang taat beragama.

Kesimpulan

Karena masih ada banyak waktu hingga ujian datang, persiapkan dengan sebaik-baiknya ya! Jangan sampai mina-san menjadi penyumbang nih, apalagi donor sampai bertahun-tahun. Sekian untuk artikel kali ini, semoga bisa membantu mina-san yang akan mengikuti JLPT akhir tahun ini.

最後まで読んでくれたありがとうございました!
(Saigo made yonde kurete arigatou gozaimashita!)
Terima kasih sudah mau membaca sampai akhir!

Kelas Intensif

guru agar bisa berinteraksi langsung?

WKWK JAPANESE membuka kelas Bahasa Jepang Online loh! Mina-san bisa dapat banyak benefit belajar bersama WKWK JAPANESE, di antaranya:

  • Senseinya mumpuni (N2/N1)
  • Rekaman tiap kelas, agar bisa mengulang pembelajaran dan tidak takut ketinggalan kelas
  • Harganya terjangkau, bisa mencicil atau sekali bayar
  • Bisa berdiskusi langsung dengan sensei dan teman teman yang lain juga loh!

Yuk, Jangan sampai kehabisan slotnya, langsung klik ke link ini untuk detail kelasnya ya!

Detail kelas intensif untuk pemula (N5)
Detail kelas intensif untuk N4
Detail kelas intensif untuk N3
Berkonsultasi (gratis)

Sampai bertemu di kelas!