Pola Kalimat N5: ~ NAIDE KUDASAI (~ないでください)

Mina-san konnichiwa! Apakah kamu pernah melihat papan larangan di tempat umum? atau kamu pernah dilarang untuk melakukan sesuatu? Pastinya pernah ya! Kalimat larangan pasti sering kita baca, dengar atau gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun masih banyak yang tetap tidak mematuhi larangan yang disampaikan secara langsung maupun dengan papan larangan. Tapi, mina-san harus mematuhi larangan ya! Kali ini bahasan kita adalah ~ naide kudasai!

Setelah sebelumnya telah membahas pola kalimat ~te kudasaiyang digunakan untuk meminta seseorang melakukan suatu kegiatan, kali ini WKWK JAPANESE ingin mengajak kamu untuk belajar cara mengungkapkan kalimat larangan dalam bahasa Jepang. Mengapa perlu belajar pola kalimat ini? Karena kalimat larangan sangat sering digunakan dan pola kalimat ini merupakan materi dasar yang harus kamu kuasai agar kemampuanmu dalam berbicara menggunakan bahasa Jepang semakin meningkat.

Kalau begitu, ayo mulai belajar bersama-sama!

1. Pola Kalimat ~ naide kudasai

~ないでください
~naide kudasai

2. Arti ~ naide kudasai

Tolong jangan ~

3. Penjelasan ~ naide kudasai

Pola kalimat ini digunakan untuk melarang atau meminta seseorang dengan sopan untuk tidak melakukan suatu kegiatan. Selain itu, pola kalimat ini dapat pula digunakan ketika ingin mempertimbangkan/memikirkan sesuatu misalnya: usulan atau perasaan orang.

Kata kerja yang digunakan pada pola kalimat ini menggunakan “Kata Kerja bentuk-NAI”.

4. Rumus ~ naide kudasai

5. Contoh Kalimat ~ naide kudasai

タバコを吸わないでください
タバコをすわないでください
Tolong jangan merokok.

教室で食べないでください
きょうしつでたべないでください。
Tolong jangan makan di kelas.

ここで写真を撮らないでください
ここでしゃしんをとらないでください
Tolong jangan mengambil foto di sini.

サンバルを食べないでください
サンバルをたべないでください
Tolong jangan makan sambal.

ここに入らないでください
ここにはいらないでください。
Tolong jangan masuk ke sini.

窓を開けないでください
まどをあけないでください。
Tolong jangan buka jendela.

心配しないでください
しんぱいしないでください
Tolong jangan khawatir.

無理をしないでください。
むりをしないでください。
Tolong jangan memaksakan diri.

6. Daftar Kosakata

Bagaimana mina-san? Apakah sekarang kamu sudah mampu menyatakan kalimat larangan menggunakan bahasa Jepang?

Pola kalimat larangan yang telah dibahas di atas merupakan ungkapan larangan yang sopan. Selain pola kalimat yang telah dipelajari tadi, masih ada banyak cara mengungkapkan larangan dalam bahasa Jepang loh! Kedepannya WKWK JAPANESE akan membahasnya satu per satu, jadi jangan lupa untuk kembali belajar bersama lagi ya! 

Sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!