Nama Orang Jepang Populer dan Artinya!

Mina-san, konnichiwa! Terima kasih telah mengunjungi situs web WKWK JAPANESE, yang akan selalu sedia membantu mina-san untuk mencari segala informasi tentang bahasa Jepang maupun budaya Jepang!

Mina-san pasti sedikit-banyak tahu nama-nama orang Jepang, bahkan tanpa mengenal budaya Jepang atau belum pernah belajar bahasa Jepang sekali pun sudah pasti pernah mendengar nama orang Jepang, seperti laksamana Maeda yang berperan penting membantu proses kemerdekaan Indonesia.

Beberapa dari nama orang Jepang memiliki ciri khas berkaitan dengan alam, seperti やま (gunung dan sawah), かわむら (sungai dan desa) dan lain-lain.

Yuk kita bahas secara lengkap tentang nama orang Jepang!

Bagaimanakah Struktur Nama Orang Jepang?

Di Indonesia, struktur nama yang lumrah adalah nama panggilan di depan diikuti oleh nama keluarga di bagian belakang. Walau pun tidak semua suku dan orang memiliki struktur yang demikian, namun sebagian besar seperti itu. Bahkan dalam penerjemahan bahasa asing pun selalu nama panggilan di depan dan nama keluarga di belakang. Contohnya adalah di kartun Naruto, mereka selalu menyebut Naruto Uzumaki dalam versi terjemahan.

Nama Marga di Depan

Struktur nama orang Jepang layaknya negara-negara Asia di sekitarnya, adalah nama keluarga di depan baru kemudian diikuti oleh nama panggilan atau nama pemberian dari orang tua. Misalnya dari contoh penamaan karakter kartun di atas, berarti di Jepang ia tidak disebut sebagai Naruto Uzumaki, melainkan Uzumaki Naruto. Uzumaki sebagai nama marga dan Naruto sebagai nama panggilan.

Tidak Ada Nama Tengah

Kalau nama yang sering melekat pada orang-orang Eropa ada nama tengah atau middle name, maka di Jepang akan sangat jarang kita temui nama seperti ini, kecuali memang dia adalah orang yang dibesarkan di negara lain, atau mungkin salah satu dari kedua orang tuanya bukan orang asli Jepang.

Huruf yang Terkandung dalam Nama

Huruf yang digunakan untuk menuliskan nama orang Jepang umumnya diekspresikan dengan かん atau huruf Cina. Untuk menuliskan nama yang berbunyi haru misalnya, bisa menggunakan beberapa varian penulisan. Misalnya dengan:

  • 陽 : cahaya, matahari, lelaki
  • 春 : musim semi
  • 晴 : cerah

Sah-sah saja orang Jepang menggunakan kanji yang mereka rasa pas, asalkan arti dan cara bacanya memang diakui sebagai cara baca untuk nama. Cara baca kanji untuk nama memang tidak masuk ke dalam kunyomi dan onyomi, namun masih tetap bisa dicari dalam kamus bahasa Jepang. Salah satunya bisa diakses di website https://kanji.jitenon.jp/. Cara baca untuk nama ada di bagian 人名読み atau 名のり.

Karena hal ini, nama orang Jepang yang bunyinya sama sekalipun, kemungkinan besar kanji yang digunakan tidaklah sama (kecuali nama marga).

Orang Indonesia sering mengatakan bahwa ‘nama adalah doa’. Begitu pula dengan orang Jepang, mereka memilih kanji-kanji yang mereka rasa sesuai dan bagus untuk diberikan kepada anak, karena mereka juga meyakini bahwa ‘nama’ bukan sekadar identitas, tetapi juga sebagai ‘harapan’ agar anak tersebut bisa mewakili nama yang diberikan kepadanya.

Nama yang Tidak Menggunakan Kanji

Selain nama yang mengandung kanji, ada juga nama-nama yang tidak menggunakan kanji, seperti menggunakan hiragana ataupun katakana. Untuk nama marga kemungkinan besar menggunakan kanji, namun untuk nama pemberian bisa jadi tidak.

Ada nama pemberian yang menggunakan hiragana penuh, katakana penuh, atau bahkan kombinasi kanji dengan kana. Terdapat beberapa alasan mengapa mereka tidak menggunakan kanji. Salah satunya adalah karena mereka adalah orang asing.

Misalnya kalau kita nonton videonya Jerome Polin, kita bisa melihat ada orang Jepang (half) yang bernama Erika. Nama ini bukanlah nama yang berakar dari Jepang, melainkan dari nama orang asing. Nama-nama yang seperti ini, bisa ditulis dengan hiragana, katakana, ataupun kanji tergantung pada keinginan kedua orang tua.

Nama Khusus Jenis Kelamin

Layaknya orang-orang Indonesia yang punya ciri khas untuk nama yang digunakan untuk menamai laki-laki dan perempuan, nama di Jepang juga mempunyai kanji khusus yang digunakan untuk membedakan jenis kelamin. Singkatnya, ada kanji untuk lelaki dan ada kanji untuk perempuan.

Misalnya di Indonesia, penggunaan vokal o cenderung digunakan untuk laki-laki, seperti Yono, Suparjo, Maryanto, Haryanto dan seterusnya. Sedangkan untuk perempuan cenderung menggunakan versi vokal i, seperti Yuni, Maryanti, Haryanti, dan seterusnya.

Contoh nama orang Jepang lelaki:

武:dengan cara baca「たけし」「まもる」」「いさむ」 bermakna ‘kuat’. Ada kalanya juga ia diekspresikan dengan dua kanji, yaitu untuk 「たけ」dan「む」.
夫:dengan cara baca 「お」 sangat umum diletakkan di bagian belakang nama, seperti 哲夫 (てつお) dan lain-lain. Arti kanji ini adalah ‘lelaki’.

Contoh nama orang Jepang perempuan:

花:dengan cara baca はな sesuai dengan kunyomi-nya. Selain cara baca tersebut ia juga sering dibaca 「えりか」「かのん」sebagai nama perempuan. Kanji ini bermakna ‘bunga’.
美:dengan cara baca 「み」 juga sering digunakan sebagai nama perempuan. Ia juga bisa dibaca 「えみ」「みお」「みさき」dan seterusnya. Kanji memiliki makna ‘keindahan’.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan kanji yang menunjukkan ciri khas jenis kelamin semakin banyak ditinggalkan karena orang tua di Jepang semakin kreatif memberikan nama dan karena masuknya pengaruh barat di Jepang itu sendiri.

Nama Apa yang Banyak ditemui pada Orang Jepang?

Bila nama pemberian di Jepang bisa berubah seiring dengan perkembangan zaman, maka hal ini tidak berlaku untuk nama marga. Alasannya, nama marga adalah nama yang diwariskan, sehingga orang tua tidak mempunyai kuasa untuk mengubah nama tersebut.

Nama marga yang kerap ditemui dalam nama orang Jepang adalah 「佐藤」(Satou), 「鈴木」(Suzuki), 「高橋」(Takahashi) yang merupakan nama yang sudah turun-temurun sejak zaman baheula. Nama-nama marga lain yang populer di antaranya adalah:

  • 「山田」 (Yamada)
  • 「伊藤」(Itou)
  • 「渡辺」(Watanabe)
  • 「山本」(Yamamoto)
  • 「小林」(Kobayashi)
  • 「加藤」(Katou)
  • Dan lain sebagainya.

Nama Paling Populer di Jepang dan Artinya

Dilansir dari situs web Meiji Yasuda, 5 nama paling populer untuk tiap jenis kelamin adalah:

Jenis kelamin laki-laki:

  1. 蒼:「あおい」「そう」「あお」「そら」 bermakna ‘biru’ atau ‘langit’.
  2. 凪:「なぎ」「なぎさ」bermakna ‘ketenangan’.
  3. 蓮:「れん」bermakna ‘teratai suci’.
  4. 陽翔:「はると「ひなと」「ひなた」「ひろと」「あきと」「はるひ」「ひゅうが」「ひびと」「やまと」「ひかる」 yang bermakana ‘terbang di langit’.
  5. 湊:「みなと」「そう」「かなた」「かなで」 yang bermakna ‘pelabuhan’.

Jenis kelamin perempuan:

  1. 陽葵:「ひまり」「はるき」「ひなた」「ひな」「ひより」 yang bermakna ‘cerah’ atau ‘terang’.
  2. 凜:「りん」yang bermakna ‘elegan’ atau ‘mewah’.
  3. 詩:「うた」dengan makna ‘lagu’.
  4. 陽菜:「はな」「ひな」「はるな」「ひなの」「ひなた」「あきな」「ふな」「ゆな」 dengan makna ‘perasaan’ atau ‘cinta’.

Aturan Panggilan Nama Orang Jepang

Terdapat aturan khusus untuk menyebut nama orang Jepang, sehingga tidak boleh asal-asalan dalam menyebut atau memanggil nama seseorang. Panggilan nama bergantung pada tingkat keakraban dengan orang yang dipanggil.

Orang yang belum begitu akrab biasanya menyebut orang lain dengan nama marga mereka, bukan nama pemberian. Sebaliknya untuk orang yang sudah akrab, umumnya memanggil dengan nama pemberian.

Jadi kalau mina-san merasa belum begitu dekat dengan teman orang Jepang, jangan coba-coba memanggilnya dengan nama pemberiannya ya!

Penutup

Baiklah, cukup sekian untuk pembahasan nama-nama orang Jepang ini. Semoga bisa menjadi tambahan perbendaharaan ilmu mina-san terkait budaya Jepang, dan semoga bisa membantu membangkitkan mina-san untuk belajar bahasa Jepang lebih giat lagi.

Daftar Kelas

Oh iya, kalau mina-san ingin tahu lebih detail tentang pembahasan ini atau mungkin ingin belajar Bahasa Jepang dengan guru agar bisa berinteraksi langsung?

WKWK Japanese membuka kelas Bahasa Jepang Online loh! Mina-san bisa dapat banyak benefit belajar bersama WKWK Japanese, di antaranya:

  • Senseinya mumpuni (N2/N1)
  • Rekaman tiap kelas, agar bisa mengulang pembelajaran dan tidak takut ketinggalan kelas
  • Harganya terjangkau, bisa mencicil atau sekali bayar
  • Bisa berdiskusi langsung dengan sensei dan teman teman yang lain juga loh!

Yuk, Jangan sampai kehabisan slotnya, langsung klik ke link ini untuk detail kelasnya ya!

Detail kelas intensif untuk pemula (N5)
Detail kelas intensif untuk N4
Detail kelas intensif untuk N3
Berkonsultasi (gratis)

Sampai bertemu di kelas!

Daftar Pusataka

Kanji Jitenon. N/A. 「漢字辞典オンライン」. https://kanji.jitenon.jp/. Diakses pada 30 Agustus 2023.

Meiji Yasuda. N/A. 「名前ランキング2022」.https://www.meijiyasuda.co.jp/enjoy/ranking/index.html#/detail/n_38525_33756. Diakses pada 30 Agustus 2023.

WeXpats. 2023. 「日本人に人気の名前とその意味(2021〜2022年人気ランキング)」. https://we-xpats.com/ja/guide/as/jp/detail/10817/. Diakses pada 30 Agustus 2023.